Kegunaan Hand Sealer Sesuai Tipe untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kegunaan Hand Sealer Sesuai Tipe

Kegunaan hand sealer merupakan poin pembahasan penting yang dibutuhkan oleh para pemula usaha. Pasalnya, hand sealer adalah satu-satunya alat press sederhana yang memiliki harga terjangkau dengan hasil memuaskan. Alat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang baru memulai usaha kecil-kecilan di rumah.

hand Sealer real pic (1)

Cara pengoperasiannya sendiri sangat mudah. Di bagian ujung hand sealer terdapat knop untuk mengatur suhu panas seal. Anda bisa menyesuaikannya dengan tingkat ketebalan plastik yang digunakan. Hindari penggunaan suhu tinggi untuk plastik yang tipis. Hal tersebut dapat menyebabkan plastik menempel dan lengket pada elemen seal.

Dari segi ukuran sendiri hand sealer memiliki ukuran bodi yang beragam. Umumnya, ukuran panjang hand sealer mulai dari 20cm, 30cm, 40cm, 50cm, 60cm, 80cm, dan 1m. Namun, baru-baru ini muncul hand sealer mini dengan beragam warna yang menggemaskan. Hand sealer mini tersedia dengan ukuran panjang mulai dari 10cm.

Jenis dan Kegunaan Hand Sealer

Menggunakan hand sealer mini mungkin bisa Anda coba. Namun pemakaiannya tidak disarankan untuk produksi barang yang intens dalam per harinya. Hand sealer mini akan sedikit menyulitkan dan menghambar kinerja Anda. Apalagi jika plastik yang digunakan lebih lebar dari pada panjang elemen seal hand sealer.

Untuk itu, memilih hand sealer dengan ukuran minimal 20cm sudah cukup baik untuk membantu produksi usaha Anda. Nah, ada beberapa jenis dan kegunaan hand sealer yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

  • Hand Sealer Iron Series

Hand sealer jenis ini memiliki material bodi besi yang kokoh. Hand sealer iron series memiliki 2 ukuran, yaitu 20cm dan 30cm. Jenis hand sealer ini baik digunakan untuk snack ringan atau makanan kering. Anda juga bisa menyegel kebutuhan non pangan dengan series ini.

  • Hand Sealer AL Series

Jika sebelumnya memiliki material dari besi, jenis hand sealer berikut memiliki bahan bodi campuran dari alumunium. Hand sealer ini baik untuk mengemas makanan kering dan basah. Sifatnya dari alumunium memiliki keunggulan rendah korosi jika terkena produk cair. Meskipun demikian, setiap selesai penggunaan harus segera dibersihkan untuk mencegah korosi dan kemungkinan buruk lainnya yang datang.

Hand sealer FS SERIES

Hand sealer AL series memiliki ukuran 20cm, 30cm, dan 40cm. Nah, untuk lebar hasil seal-nya sendiri terbagi menjadi 2 jenis guys. Di Wiratech tersedia dengan lebar seal 2mm dan 5mm. Masing-masing lebar seal memiliki ukuran panjang seal 20cm, 30cm. dan 40cm.

  • Hand Sealer with Cutter

Kegunaan hand sealer yang satu ini dilengkapi dengan fitur pemotong atau cutter. Anda bisa sekaligus melakukan seal pada plastik kemasan sekaligus memotong bagian plastik yang kelebihan atau terlalu panjang. Jenis hand sealer yang satu ini tersedia dengan dua ukuran, yaitu 30cm dan 50cm. Hand sealer with cutter bisa digunakan untuk berbagai macam bahan makanan atau produk non pangan.

  • Long Arm Hand Sealer

Hand sealer yang satu ini paling berbeda dari jenis lainnya. Ukurannya sangat panjang, yaitu mulai dari 60cm, 80cm, dan 1m. Long arm hand sealer ini biasanya digunakan untuk plastik berukuran besar. Anda juga bisa menggunakan beberapa plastik ukuran kecil sekaligus untuk di­-seal secara bersamaan.

Rekomendasi Produk Usaha

Memilih hand sealer memang tidak bisa dilakukan sembarang. Anda perlu menyesuaikan dengan jenis produk yang akan dikemas dan ukuran plastik yang digunakan. Perhatikan juga budget yang sudah Anda siapkan. Hand sealer memiliki harga jual mulai dari Rp300ribuan hinggan Rp1jutaan. Semakin tinggi harga biasanya ditentukan dengan panjangnya ukuran hand sealer.

  • Keripik dan snack ringan

Produk keripik dan snack ringan ini paling banyak dikemas oleh hand sealer. Mulanya keripik akrab dengan metode kemas menggunakan lilin. Namun, ternyata asap yang ditimbulkan dari lilin dapat memicu penyakit pernapasan. Seiiring berjalannya waktu, adanya hand sealer dapat menggantikan peranan lilin.

cara membuat keripik

Selain keripik, snack ringan atau makanan kering juga mulai memilih hand sealer sebagai alat kemas yang aman. Untuk jenis hand sealer yang bisa Anda gunakan bisa pilih Iron Series, AL Series, atau hand sealer with cutter.

  • Aksesoris dan produk nonpangan

Meskipun lebih sering digunakan untuk kebutuhan makanan, hand sealer juga bisa Anda gunakan untuk aksesoris home made. Beberapa aksesoris dari buatan rumahan ini biasanya terdiri dari pernak-pernik kebutuhan perempuan, mainan anak, aksesoris ponsel, dsb. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan Iron Series, AL Series, atau hand sealer with cutter.

  • Sabun cuci piring atau sabun cair

Hand sealer juga sering menjadi salah satu rekomendasi alat press untuk produk cairan seperti sabun cair. Agar menghindari dari munculnya korosi gunakanlah hand sealer AL Series. AL series mampu menekan tingkat pertumbuhan korosi. Namun, untuk menggunakan hand sealer pada produk cairan hindari pengisian terlalu penuh.

Hal tersebut dapat menyulitkan proses seal pada kemasan karena khawatir tumpah. Pemilihan hand sealer untuk produk cairan memang kurang tepat. Namun untuk Anda yang menghemat budget tentu akan tetap memilih hand sealer terlebih dahulu. Jika usaha Anda sudah berkembang pesat, manfaatkan continuous sealer vertikal untuk menggantikan kegunaan hand sealer.

  • Produk yang di-laundry

Umumnya produk yang di-laundry bisa berupa baju, seprei, bed cover, dsb. Ukuran plastik kemasan laundry tersebut bisa mencapai lebih dari 50cm. Untuk itu, kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan long arm hand sealer dengan panjang mulai dari 60cm. For your information, kegunaan hand sealer pada produk laundry ini juga bersifat sementara.

Plastik Kemasan Baju Laundry

Penyedia jasa laundry ini memanfaatkan hand sealer sebagai awal dalam memulai bisnisnya. Meskipun demikian, long arm hand sealer sangat unggul dari segi ukuran panjang dan tebal plastik. Hand sealer ini mampu melakukan seal pada kemasan dengan tebal maksimal 2.8mm.

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan rekomendasi penggunaan hand sealer kali ini? Jadi jangan sampai tertukar atau salah pilih hand sealer yah. Kegunaan hand sealer ini banyak disukai para pebisnis rumahan. Dengan harga yang murah, mereka dapat menikmati hasil kemas yang berkualitas.

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp