Mesin Pres Plastik Manual Sangat Cocok Untuk Kebutuhan Rumahan

Mesin Pres Plastik Manual

Mesin pres plastik manual merupakan mesin pres plastik yang prinsip kerjanya masih menggunakan cara manual melibatkan tenaga manusia dalam pengoperasiannya. Itulah perbedaannya dengan mesin pres plastik otomatis yang pengoperasiannya sudah otomatis tidak melibatkan tenaga manusia.

Hand sealer portable FKR-SERIES-01

Mesin press plastik bisa juga disebut mesin las plastik merupakan jenis mesin pengemas atau mesin penyegel plastik. Merekatkan dua belah plastik untuk mengemas dengan metode memanaskannya. Mesin press plastik manual ini banyak digunakan untuk pengemas makanan, pengemas kue di industri-industri rumah tangga. Kalau mesin pres sekala besar banyak digunakan di industry besar dan pabrik-pabrk makanan kecil yang memerlukan pengemasan otomatis yang cepat, rapi dan berkualitas baik.

Apa Itu Mesin Press Plastik ?

Mesin Press Plastik merupakan mesin penyegel plastik kemasan mesin yang sering digunakan atau dioperasikan untuk mengemas plastik. Cara kerjanya bisa di bilang semi otomatis karena menggunakan cara manual dan otomatis dalam penyegelan kemasan berisi produk.

Mesin tersebut banyak digunakan dalam industri pengemasan makanan sebagai alat untuk menutup atau menyegel produk makanan kemasan. Mesin Press Plastik bekerja dengan media kemasan seperti plastik dan aluminium foil. Mesin press plastik dapat mengurangi terjadinya kecelakaan kerja pada proses pengemasan. Dibanding bila menggunakan cara manual pengemasan menggunakan lilin dalam penyegelan kemasan makanan.

Beberapa Daftar Mesin Pres Plastik Manual Atau Ada Tipe Manualnya

Ada beberapa jenis model dari mesin press plastik manual, mesin sealer atau mesin pengemas plastik yang masih memiliki tipe metode manual berikut ini:

  • Manual sealer atau hand sealer. Alat ini menggunakan metode sederhana yakni dengan menyegel plastik dengan cara diepit manual dioperasikan dengan tangan. Alat ini cocok untuk indistri rumah tangga sekala kecil.
  • Manual pedal sealer Atau Foot Sealer wirapax. Masih meenggunakan metode segel manual, mesin jenis ini menggunakan pedal yang digerakkan oleh kaki untuk pengepressan.
  • Cup sealer. Alat ini khusus digunakan untuk press plastik di atas botol sebagau tutupnya.

Manfaat Dan Kegunaan Alat Press Plastik Untuk Kemasan :

  • Kemasan produk terlihat rapi dan bersih.
  • Rekatan di kemasan kuat dan aman.
  • Produk aman dari debu dan zat lain.
  • Kualitas produk di dalam kemasan akan terjaga.
  • Terdapat cetakan tanggal kadaluarsa atau tanggal produksi di beberapa produk Sealer Plastik.
  • Mesin press plastik sangat efisien digunakan dan memberi hasil maksimal dalam pengemasan.

Manfaat Pengemasan Untuk Sebuah Produk

PT. Sriboga Bakeries Integrasi, Sentul, Hand Sealer

 

Manfaat pengemasan untuk sebuah produk tentunya sangat vital karena kemasan merupakan pelindung suatu produk dari kerusakan. Hingga produk tersebut sampai ketangan konsumen, berikut beberapa manfaat penting kemasan:

  • Melindungi produk dari kerusakan

Setiap pengemasan bisa melindungi produk, tentu fungsi pada dasarnya artinya buat melindungi produk asal kerusakan. Coba bayangkan sebuah produk kuliner tanpa pengemasan. Tentu akan mudah sekali rusak, bukan?

  • Mempermudah distribusi

Suatu produk menggunakan pengemasan yg baik, tentu akan mempermudah pada proses distribusi. Produk akan simpel ditumpuk, disusun serta dipindahkan.

  • Menjadi identitas produk

Menggunakan dikemas sedemikian rupa, suatu produk akan praktis dikenali. Disitulah letak ciri-ciri produk dapat dilihat dan dirasakan oleh konsumen. Menggunakan labeling yg baik, dan isu yg berguna bagi konsumen, kemasan bisa berbicara poly hal.

  • Menaikan nilai jual

Tak sporadis saat ini konsumen menjatuhkan pilihan di suatu produk hanya karena melihat pengemasan yang menarik. Hal tadi menjadi pertimbangan banyak konsumen, bahkan tidak sporadis konsumena mau membayar lebih mahal hanya sebab pengemasan suatu produk.

  • Menaikkan efisiensi

Pengemasan bisa meningkatkan efisiensi saat, porto serta tenaga. Dengan pengemasan yang baik suatu produk akan mudah dalam penyimpanan, pendistribusian, penghitungan serta bisa mengurangi jumlah kerusakan produk

  • Mempermudah pengemasan

Karena pengemasan membutuhkan kecepatan dalam pengemasan pastinya membutuhkan mesin press plastik. Jika dibandingkan dengan cara manual yaitu setelah dikemas dengan plastik kemudian diikat dengan karet atau tali. Atau bisa juga direkatkan dengan api yang ditempelkan pada plastik. Cara tersebut memang menghasilkan kemasan yang tertutup namun tingkat kebocoran plastik besar.

  • Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Cara manual yaitu press plastik dengan merekatkan kedua bibir kemasan pada api yang menyala dengan hitungan detik. Sepertinya cukup berbahaya apalagi bagi pemula. Namun jika menggunakan mesin press plastik,kemasan tinggal dipress pada mesin press plastik maka kemasan langsung rekat.

  • Kemasan Makanan Lebih Rapi

Merekatkan kemasan dengan cara manual selain ditempelkan pada api, biasanya diikat dengan karet atau tali. Hasil yang didapat terntunya tak serapi jika menggunakan mesin press plastik. Karena akan terlihat berantakan dengan banyaknya lilitan.

  • Mengurangi Kontaminasi

Karena kemasan dijamin rekat sehingga kemungkinan tingkat kontaminasi kecil. Bakteri, jamur hewan lainnya kemungkinan kecil masuk ke dalam kemasan. Jadi produk yang telah dikemas dengan mesin lebih higienis.

  • Meningkatkan Harga Jual

Karena lebih higienis dan rapi tentunya produk yang dikemas dengan mesin press plastik lebih menarik Dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan cara manual. Sehingga harganya pun ikut naik.

Itulah tadi pembahasannya tentang mesin pres plastic manual yang biasa digunakan dalam industry kecil yang pengoperasiannya masih melibatkan tenaga manusia. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp