Tips Trik Merawat Mesin Es Krim Agar Awet Dan Optimal

Merawat Mesin Es Krim

Mesin es krim merupakan alat paling pokok dalam menjalankan bisnis es krim sehingga krusial sekali untuk merawatnya. Karena Semua es krim yang dijual pada konsumen merupakan hasil olahan mesin tersebut. Mesin es krim inilah yang berperan untuk memproduksi beragam variasi bentuk dan rasa es krim. Mengingat, fungsi mesin es krim yang menjadi peralatan utama dalam bisnis es krim, maka perawatan rutin dan berkala tentu saja harus dilakukan.

subcat banner mesin es krim

Karena, bila mesin ini macet atau rusak, maka otomatis produksi es krim akan terganggu. Apalagi, harganya juga yang lumayan mahal, yakni mulai dari belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Hal tersebut juga bahwa, investasi terbesar dari seorang pengusaha es krim terletak pada alat ini.

Tetapi, banyak pengusaha es krim yang kurang memperhatikan dalam pentingnya merawat mesin es krim secara rutin dan berkala. Mereka menganggap hal ini tidak terlalu penting. Alasannya ialah bentuk dan mekanisme dari mesin es krim yang terlihat sangat simpel, sehingga perawatan tersebut tidak diperlukan.

Pemikiran seperti ini harus dibuang jauh oleh setiap pebisnis es krim. Sebab, bagaimanapun juga, ini adalah sebuah mesin yang bisa rusak kapan saja, sesimpel apapun komponen dan bentuknya. Tak hanya menjaganya supaya tetap awet, namun juga menjamin mesin es krim Anda tetap steril untuk memproduksi es krim yang sehat. Cara merawatnya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk melakukan hal tersebut.

Cara Merawat Mesin Es Krim

Dibawah ini ada beberapa tips perawatan mesin es krim yang dapat Anda lakukan sendiri simak berikut ini:

  • Bersihkan bagian Food Grade Setelah Pemakaian

Setelah digunakan untuk memproduksi es krim, maka bagian seal valve, distributor, baut press, handle, water receiver, oil seal, dan pin lock wajib dibersihkan. Penting untuk melakukan ini secara teratur. Tujuannya adalah agar mesin es krim Anda tetap higienis sehingga es krim yang dihasilkan aman untuk di konsumsi. Apalagi, mesin yang tidak steril dan higienis sedikit banyak berpengaruh pada rasa es krim yang dihasilkan. Jadi, rutinlah dalam melakukan perawatan ini.

  • Bersihkan Beater Cooling, Kipas, dan Evaporator Mesin

Membersihkan kipas atau bagian dalam mesin berguna untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Banyaknya kotoran dan debu yang menempel akan membuat proses pendinginan dan pelepasan panas mesin es krim menjadi lambat. Tentu saja, produksi es krim akan terganggu karena pembuatannya menjadi lebih lama.

kran sanitizer mesin es krim

Cara membersihkannya dapat dilakukan menggunakan kuas yang lembut untuk menghilangkan debu secara perlahan. Untuk membersihkan kipas atau bagian dalam ini harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, bagian ini dibersihkan dengan cara membuka kaper mesin. Jika Anda tidak yakin bisa melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan teknisi mesin tempat Anda membeli mesin es krim tersebut.

  • Berilah Greace Oil secara Teratur pada Bagian Part

Grace oil adalah krim minyak khusus yang terbuat dari zat tumbuhan alami. Oleskan grace oil secara rutin pada bagian part yang bersentuhan langsung dengan adonan es krim. Bagian-bagian ini seperti valve ring dan beater. Pelumas tersebut aman untuk dioleskan karena tidak mengandung zat berbahaya untuk dikonsumsi manusia.

Cara Mengcleaning Mesin Es Krim

  • Untuk langkah awal tuangkan air mineral kedalam masing-masing hopper adonan es krim yang masih kosong untuk proses cleaning.
  • Kemudian tutup hopper tersebut dan hidupkan tombol power mesin tersebut untuk melakukan proses cleaning.
  • Tekan tombol cleaning agar proses cleaning berlangsung dan tunggu selama satu hingga 2 menit, proses cleaning berlangsung.
  • Bila sudah selesai proses cleaning keluarkan air melalui masing-masing handle tuas es krim,
  • Bila sudah selesai tekan tombol cleaning kembali untuk menghentikan proses cleaning.

Pertimbangan Memilih Mesin Ice Cream :

  • Metode Pembekuan – apakah itu menggunakan kompresor, mangkuk atau metode pembekuan lain?
  • Kapasitas mesin es krim – berapa banyak soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt yang dapat dibuat oleh mesin tersebut ?
  • Kompresor mesin es krim – apa merk / brand kompresor yang digunakan mesin tersebut ? Merk / brand kompresor akan menentukan daya tahan usia kompresor. Semakin terkenal merk kompresor tentunya harganya akan semakin mahal dan daya tahan usia mesin akan semakin lama.
  • Ukuran dan Berat mesin es krim – apakah ukuran dimensi dan berat mesin itu cocok di kios / outlet / toko / counter Anda ?
  • Speed mesin es krim – seberapa cepat soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt dapat siap saji ?
  • Electric atau Daya Listrik (Watt) – berapa besar mesin soft ice cream tersebut membutuhkan daya listrik dan berapakah kapasitas daya listrik yang tersedia di kios / outlet / toko / counter Anda ?
  • Selanjutnya yang perlu diperhatikan pada pemilihan power pilih yang 50 Hz, karena jika dipilih yang 60 Hz dapat mengakibatkan mesin cepat rusak.

Demikian pembahasan perawatan mesin es krim agar tetap awet dan tahan lama. Semoga dapat menjadi panduan untuk Anda dalam melakukan perawatan mesin es krim. Sekali lagi, perawatan tersebut penting dilakukan demi kelancaran bisnis es krim Anda, Semoga bermanfaat.

Chat via WhatsApp