Mesin Ice cream Bekas Berisiko Rusak? Ini Solusinya untuk Anda

Mesin Ice cream Bekas Berisiko? Ini Solusinya untuk Anda

Mesin ice cream bekas merupakan media alternatif para wirausaha dalam membuka bisnis. Biasanya cara ini mereka tempuh demi menghemat pengeluaran. Namun, jangan salah untuk memanfaatkan mesin ice cream bekas perlu banyak pertimbangan matang. Pasalnya tidak semua mesin ice cream bekas layak untuk digunakan kembali.

Politeknik Kesehatan Bandung - Mesin Es Krim WIR818F - 15 Agustus 2019 - DONE

Menjual ice cream sendiri sebenarnya salah satu usaha yang paling mudah untuk dijalankan. Anda hanya perlu membeli mesin ice cream. Sedangkan untuk bahan ice cream saat ini sudah dijual bebas dipasaran. Atau Anda ingin bereksperimen sendiri? Silakan WiraSob. Asal yang digunakan berupa bubuk yang dicairkan yaah.

Risiko Menggunakan Mesin Ice cream Bekas

Seperti cuplikan pembahasan di atas, ada beberapa pertimbangan dan risiko yang akan Anda tanggung jika menggunakan mesin ice cream bekas. Mengapa demikian? Karena meskipun terlihat masih layak tentu ada kekurangan dari mesin bekas tersebut. Ini dia berbagai risiko yang perlu Anda perhatikan.

Sistem pendingin tidak bekerja maksimal

Waduh kalau yang satu ini adalah risiko yang sangat fatal. Pada poin ini harus Anda cek pertama kali saat membeli mesin ice cream bekas. Sistem pendingin atau kompresor menjadi peran utama dalam mengolah ice cream. Jika suhu dingin tidak mencapai maksimum semestinya, akan menyebabkan ice cream tidak tercetak dengan padat alias mudah mencair cepat.

Material bodi mesin lecet

Ada sebagian orang yang tidak memedulikan material bodi yang lecet bahkan penyok. Mereka lebih mementingkan kualitas atau proses pembuatan ice cream di dalam mesin masih berlangsung dengan baik. Namun, ada juga sebagian dari mereka yang menginginkan kondisi mesin masih mulus.

Mesin ice cream bekas yang masih mulus dari segi fisik akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggang tidak akan mengetahui bahwa mesin tersebut  merupakan second karena terlihat dari luar masih bagus dan ekslusif. Sehingga akan ada kemungkinan menarik pelanggan lebih banyak karena penggunaan mesin yang bersih dan higienis.

Terdapat karat di bagian dalam mesin

Ini adalah poin yang benar-benar harus dihindari. Stop tergiur harga mesin ice cream bekas yang murah jika terdapat karat pada bagian dalam mesin yang berkenaan langsung dengan proses pengolahannya. Ini biasanya terjadi pada oknum penjual ice cream yang tidak bertanggung jawab. Mereka tidak memedulikan bahaya kontaminasi pada ice cream.

garansi service mesin wiratech

Padahal secara tidak langsung cepat atau lambat itu akan merugikan penjualan. Karat yang bercampur pada bahan pengolahan akan memengeruhi rasa ice cream. Bisa lebih pahit atau akan terasa kontras pada rasa-rasa sebelumnya. Jika penjual tidak cepat mencari solusi pembeli akan terus berkurang dan akhirnya Anda merugi.

Ada bagian sparepart yang hilang

Jangan tergugah jika Anda diyakinkan bahwa part yang hilang tidak berpengaruh penting pada proses pengolahan. Cepat atau lambat dikhawatirkan part yang hilang akan berpengaruh pada pengoperasian mesin. Sebelum membeli pastikan seluruh part tersedia dan minta info jika terjadi kerusakan mesin bisa diperbaiki di mana. Tanyakan juga info lokasi pembelian sparepart pada pengguna mesin sebelumnya.

Tanyakan alasan menjual mesin

Kalau yang ini hanya poin tambahan saja ya WiraSob. Pada poin ini akan membantu Anda meningkatkan rasa yakin untuk membeli mesin ice cream bekas. Salah satu alasan yang mungkin membantu Anda adalah mesin ice cream dijual karena pembeli sebelumnya masih ragu untuk memulai bisnis dan mesin belum pernah digunakan sama sekali.

Atau ada juga yang menjual mesin karena pengguna sebelumnya berpindah haluan untuk mencoba usaha baru, sehingga mesin ice cream sudah tidak digunakan lagi. Dalam hal ini, Anda harus ketat dalam mengoreksi kondisi mesin ice cream bekas ya WiraSob.

Buat Ice cream Tanpa Mesin untuk Usaha di Rumah

Ada lagi cara yang lebih aman daripada menggunakan mesin ice cream bekas, yaitu dengan cara manual. Cara manual ini mengganti mesin ice cream dengan freezer di kulkas rumah Anda. Biasanya usaha ice cream tanpa mesin dimanfaatkan para ibu di rumah untuk anak-anaknya. Ada juga yang mencoba untuk bisnis kecil-kecilan hanya di lingkungan sekitar rumah.

Bahan

  • 250 ml atau 1 cangkir krim kental (heavy crean)
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt ekstrak atau pasta vanili
  • ¼ sdt garam
  • Kue atau buah yang dihancurkan (optional)
  • Saus karamel/saus cokelat/sirup buah (optional)

Cara membuat ice cream

  1. Tuang krim kental, gula, vanili, dan garam ke dalam toples kaca
  2. Tambahkan kue yang sudah dihancurkan atau potongan buah dalam bentuk kecil (pilih salah satu)
  3. Kencangkan tutup toples lalu kocok 3-4 menit. Anda juga bisa menggunakan mixer untuk mengocok bahan-bahan tersebut. Namun, ingat jangan terlalu lama dalam mengocok karena akan mengubah bahan menjadi whipped cream.
  4. Simpan toples dalam freezer selama 2-3 jam atau sampai tekstur es lembut. Hindari membekukan es terlalu lama karena akan membuak teksturnya menjadi mengkristal.
  5. Keluarkan ice cream jika sudah membeku. Anda bisa menikmatinya dengan cokelat leleh yang dituang di atasnya.
  6. Aduk-aduk cokelat leleh tersebut lalu bekukan kembali ke dalam freezer.
  7. Ice cream siap disantap.

Cara Mudah untuk Beli Mesin Ice cream Baru

Membeli mesin baru memang bukan suatu pilihan yang mudah. Apalagi jika memiliki harga yang cukup fantastis. Banyak para pemula bisnis yang akhirnya mundur setelah mengetahui harga mesin. Padahal menggunakan mesin baru memiliki banyak manfaat lho. Salah satunya adalah performa mesin yang masih bagus, sehingga dapat menghasilkan ice cream yang berkualitas.

Selain itu, sebelum membeli pun usahakan jangan terpaku pada satu sumber toko saja ya WiraSob. Cari sebanyak-banyaknya referensi toko mesin untuk membandingkan harga. Setelah itu bandingkan dengan spesifikasi mesin sesuai kebutuhan yang Anda cari. Seperti berbagai mesin ice cream berikut.

Harga mesin ice cream Wiratech

Setelah kita amati bersama dari berbagai tipe mesin di atas memiliki variasi harga. Terdapat dua jenis mesin ice cream, yaitu soft ice cream dan hard ice cream. Berikutnya Anda perlu menyiapkan sesuai mesin pilihan Anda. Nah, jangan khawatir Anda tidak perlu menyiapkan bujet full seharga mesin. Dengan sistem kredit dari Tokopedia Anda bisa melakukan pembayaran secara angsuran.

Rp 11.500.000
Rp 14.000.000
Rp 15.000.000
Rp 15.500.000

Kredit dari Tokopedia

Demi memudahkan Anda dalam bertransaksi, kami menyediakan metode cicilan dengan sistem pembayaran melalui Tokopedia. Tapi aku gak punya kartu kredit Kak huhu. Tenang, WiraSob karena Tokopedia juga menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Cicilan dengan kartu kredit: Untuk layanan sistem cicilan 0% kartu kredit harus berlogo Visa, Mastercard, American Express, dan JCB. Anda juga bebas memilih bank apa pun untuk memiliki kartu kredit. Utamanya harus memiliki berbagai logo tersebut. Untuk cara penggunaannya, Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu kredit, masa berlaku, dan cvv.

Cicilan tanpa kartu kredit: Ada berbagai partner Tokopedia yang menyediakan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit melalui situs/aplikasi. Masing-masing situs memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Ada berbagai situs/aplikasi cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan oleh Tokopedia. Yuk disimak!

  1. BRI Ceria

BRI Ceria adalah metode yang ditawarkan BRI berupa pinjaman. Namun, tidak semua nasabah bisa memiliki BRI Ceria. BRI memiliki ketentuan tersendiri untuk memilih nasabahnya. Salah satu persyaratannya adalah pengguna sudah terdaftar sebagai nasabah resmi Bank BRI.

BRI Ceria memiliki minimal transaksi Rp500.000 dan maksimal Rp20.000.000. Sistem cicilan ini memliki tenor cicilan 3, 6, 9, dan 12 bulan dengan bunga 2.25% per bulan atau 1.43% flat per bulan dnegan biaya admin 1.5% dari total transaksi.

  1. Kredivo

Berikutnya aplikasi kredit Kredivo yang memberikan kemudahan untuk membeli sekarang dengan pembayaran nanti 30 hari tanpa bunga atau dengan cicilan 3, 6, dan 12 bulan (bunga 2.6 % per bulan).

Sebelum memilih pembayaran dengan Kredivo, pastikan dulu Anda sudah memiliki akunnya. Setelah itu, Anda bisa langsung masuk ke proses check out Tokopedia pada barang yang akan dibeli. Pilih Kredivo dan Anda akan diarahkan langsung ke laman Kredivo dengan rincian pesanan.

Berikutnya pilih login untuk melanjutkan. Lalu Anda akan diarahkan untuk memasukkan nomor handphone dan PIN Kredivo. Kode OTP akan muncul melalui SMS. Klik konfirmasi OTP dan transaksi pun selesai.

  1. Indodana

Indodana PayLater adalah layanan kredit digital yang memberikan limit kredit Rp500.000 hingga Rp25.000.000. Untuk mendapatkan limit kredit, sebelumnya Anda harus membuat akun dulu di aplikasi Indodana. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk melengkapi data dan harus memenuhi kriteria yang Indodana berikan.

Berikutnya Anda perlu menunggu notifikasi dari Indodana untuk pengajuan aplikasi. Jika diterima Anda akan mendapatkan limit Indodana PayLater di Tokopedia. Indodana memiliki biaya layanan 1% dari nilai transaksi dan biaya tambahan sebesar 2% dari nilai transaksi. Untuk tenor 1 bulan tidak dikenakan bunga (0%) sedangkan tenor 3-12 bunga dikenakan bunga 3% flat setiap bulan.

  1. Home Credit

Sama seperti layanan kredit digital lainnya, untuk dapat memanfaatkan home credit Anda perlu melengkapi syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Untuk melengkapi syarat dan ketentuan, Anda bisa langsung pilih home credit saat proses pembayaran di menu check out.

Berikutnya Anda akan diarahkan untuk memilih lama tenor cicilan dan ikuti petunjuk untuk mengisi data yang harus dilengkapi pada home credit. Jika semua data sudah terisi, tinggal tunggu pengajuan Anda dan akan diinfokan kembali apabila sudah memenuhi persyaratan.

Untuk menggunakan home credit Anda harus memenuhi minimum transaksi Rp500.000 dan maksimum Rp10.000.000. Pembiayaan dengan Home Credit Indonesia tersedia untuk produk di marketplace dan official store saja. Home Credit juga tidak berlaku untuk transaksi Pre-Order.

Bapak Paulus - Bintaro BSD - Mesin Es Krim WIR818F - 5 Februari 2020

Bagaimana WiraSob? Dengan berbagai kemudahan di atas masih mau beli mesin ice cream bekas? Dengan metode pembayaran cicilan, Anda tetap bisa mendapatkan mesin baru. Beli sekarang mulai bayar bulan depan. Sekarang Anda tidak perlu takut lagi untuk menyiapkan bujet sekaligus banyak. Simpan uang Anda lebih hemat untuk kebutuhan yang lain. Yuk gunakan mesin ice cream baru agar hasil lebih berkualitas.

 

(Zakiah)