Manfaat Mie Instan Untuk Tubuh

Manfaat Mie Instan – Mie adalah makanan instan yang disukai “sejuta umat”. Istilah tersebut mencuat karena hampir semua usia menyukai rasa yang disajikan mie. Tidak hanya di Indonesia, manfaat mie instan sudah menyebar ke seluruh dunia. Semua negara berlomba untuk menciptakan rasa lezat mie agar menjadi pilihan prioritas masyarakat.

manfaat mie instan

Sejarah terbentuknya mie sendiri masih menjadi tanya tanya karena banyak negara yang mengklaim mie tersebut asal negara meraka. Dari berbagai informasi, mie ditemukan di wilayah Mediterania, namun tak sedikit juga yang berpendapat awal mula terbentuknya mie dari Timur Tengah.

Akan tetapi, catatan tertulis tertua mengenai mie berasal dari Dinasti Han sekitar 200 M, pada 2005 arkeolog menemukan di wilayah Cina yang sudah berumur 4000 tahun. Selain itu, dari berbagai sumber juga mengatakan bahwa penduduk Cina kunolah yang menghasilkan mie pertama kali, meskipun sampai sekarang masih terjadi perdebatan daerah asal ditemukannya mie. Di Indonesia sendiri, mie mulai dikenal pada pertengahan 1960-an.

Mie sendiri bagi Cina merupakan simbol umur panjang. Untuk itu, setiap perayaan ulang tahun dan tahun baru Cina selalu ada sajian mie sebagai lambang umur panjang. Hampir setiap budaya Asia menganggap mie berhubungan dengan kesejahteraan dan kehidupan yang panjang. Selain itu mie juga dianggap sebagai kelezatan makanan Asia.

Awal berproduksi, mie dihasilkan secara manual dengan ukuran dari lembaran-lembaran tipis. Namun, pada 1854 T. Masuki menemukan mesin pembuat mie mekanik yang juga dianggap sebagai cikal bakal munculnya mesin-mesin pembuat mie. Seperi mixer khusus mie, yaitu horizontal mixer dan mesin mie. Dengan hadirnya kedua mesin tersebut, masyarakat diharapkan dapat menghemat waktu pengerjaan.

Mie memiliki berbagai jenis yang berbeda. Mungkin selama ini Anda hanya akrab dengan mie instan tanpa tahu jenis-jenis lainnya. Berikut berbagai macam mie yang dapat menambah wawasan Anda:

  1. Mie Bihun

Mungkin Anda menganggap bihun dan sun merupakan jenis mie yang sama karena sekilas memiliki tekstur dan bentuk yang sama. Namun, ada sedikit perbedaan yang perlu Anda ketahui. Mie Bihun terbuat dari tepung beras, memiliki tekstur tipis, dan memiliki warna putih sedikit gelap. Untuk merendam mie ini dibutuhkan waktu selama 5-15 menit.

Manfaat bihun

Bihun memiliki Glycemix index, yaitu ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Bihun memiliki kecepatan yang rendah untuk diserap menjadi gulah darah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Bihun juga dapat memperlambat munculnya rasa lapar dan mengurangi risiko kegemukkan.

  1. Mie Soun

Sedangkan soun atau glass noodles terbuat dari pati kacang hijau. Selain itu, soun juga dapat dibuat dari kentang, ubi, dan singkong. Jika bihun memiliki ciri putih sedikit gelap, berbeda dengan soun yang mempunyai warna putih transparan. Untuk memasak soun, membutuhkan waktu perendaman selama 5-7 menit.

Manfaat soun

Soun memiliki kadungan protein nabati dan karbohidrat dari pati. Mie ini juga dapat menjadi penyuplai energi untuk beraktivas sehari-hari. Selain menjadi bahan pelengkap soto, soun juga dapat Anda dapat jadikan sebagai menu utama makan. Senada dengan itu, mie soun juga dapat mengganjal sementara rasa lapar.

  1. Mie Telur

Mie ini terbuat dari telur dan gandum. Mie telur sangat populer untuk masyarakat Cina. Mie telur memiliki warna kuning pucat atau kuning terang karena pengaruh dari olahan telur.

Manfaat mie telur

Mie telur memiliki kandungan vitamin B1, vitamin A, kalsium, zat besi, protein, dan energi. Mie ini juga cukup baik untuk menggantikan peranan nasi karena memiliki kandungan karbohidrat jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mie telur juga dapat mengontrol berat badan Anda.

  1. Mie Ramen

Anda penggemar kartun jepang atau anime? Atau kagum dengan bunga sakuranya? Selain kedua ciri khas tersebut, Jepang juga memiliki mie yang patut Anda coba, yaitu ramen. Ramen terbuat dari tepung terigu, telur, dan garam. Bentuk mie ini pun beragam ada yang tipis dan tebal, ada juga yang berbentuk keriting sampai lurus.

Manfaat ramen

Mie ramen dapat dijadikan sebagai menu diet Anda. Ramen tidak tinggi nutrisi dan porsi protein sekitar 4,5 gr, dan serat sebanyak 1 gr dari nilai harian serat. Sup ramen yang rendah kalori dapat menurunkan berat badan Anda. Untuk menghidangkan mie yang rendah kalori Anda dapat siapkan ramen dengan air tambahan.

  1. Mie Kwetiau

Orang Indonesia pasti sangat akrab dengan salah satu jenis mie ini. Kwetiau sangat mudah ditemukan. Biasanya, kwetiau dapat Anda nikmati pada jajanan nasi goreng. Menu tambahan lainnya akan menyediakan kwetiau. Mie ini dapat Anda nikmati dengan dua sajian, yaitu goreng dan direbus. Kwetiau merupakan olahan dari tepung beras dan air.

Manfaat kwetiau

Tidak hanya rame, mie kwetiau juga mampu menurunkan berat badan Anda. Bahkan cara ini sudah terbukti untuk dijadikan menu diet. Agar rasa lebih menarik, kwetiau dapat Anda sajikan secara direbus dengan ayam.

  1. Mie Soba

Selain ramen, Jepang juga mempunyai jenis mie unik lainnya, yaitu soba. Mie ini terbuat dari gandum hitam, itu mengapa warna mie ini terlihat lebih gelap. Mie soba biasanya menjadi kebiasaan masyarakat Jepang untuk disajikan saat malam tahun baru sebagai simol panjang umur.

Manfaat mie soba

Rutin mengonsumsi mie soba dapat  menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes, mengurangi kolesterol, menurunkan berat badan, dan berkhasiat awet muda. Buckwheat olahan makanan mie soba ini mengandung magnesium untuk melancarkan aliran darah dan mengirim nutrisi ketika terjadi tekanan darah rendah.

  1. Mie Udon

Pada umumnya mie ini memiliki bahan pembuatan yang sama, yaitu tepung terigu dan garam dengan beberapa jenis mie lainnya. Letak perbedaannya pada ukuran mie. Mie udon memiliki bentuk ukuran yang lebih tebal daripada mie pada umumnya.

Manfaat mie udon

Yaps! Lagi-lagi manfaat mie instan cocok untuk dijasikan menu diet, begitu pula dengan mie udon ini. Udon memiliki kalori yang tidak terlalu tinggi namun kaya akan protein. Selain kalori yang tidak terlalu tinggi, udon memiliki kadar lemak yang rendah. Bahkan garam dan air yang digunakan juga sangat terpilih.

Berbagai jenis mie di atas tersebut dapat Anda nikmati dengan tambahan topping. Jangan khawatir, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk mencoba mie ramen atau mie udon. Restoran jepang di Indonesia sudah banyak tersebar di berbagai pusat perbelanjaan. Meskipun tidak sama dengan atmosfer di Jepang saat melahapnya, dijamin rasa sajian mie tetap menempel pada lidah Anda.

Lalu, jika Anda penasaran untuk menciptakan cita rasa sendiri, tentu bisa dilakukan di rumah. Zaman modern kini, kita sudah dipermudah dengan hadirnya mesin. Tinggal menyiapkan berbagai bahan, Anda bisa mengaduk rata dengan mixer horizontal. Kemudian giliran mencetak mie gunakan mesin khusus pencetak mie.

Anda ingin membentuk mie telur, mie soba, atau kwetiau? Mesin pencetak mie dapat mengatur bentuk ukuran mie sesuai dengan keinginan Anda. Mudah bukan? Dengan demikian, tidak perlu lagi jauh-jauh beli mie di luar. Berkreasi sendiri di rumah tidak kalah enaknya.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × five =