Manfaat Buah Tomat

Tidak hanya dikonsumsi, banyaknya manfaat buah tomat sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah tomat dapat dikreasikan sebagai pelengkap makanan, seperti sup-supan, bahan tambahan sambal, dan lain-lain. Tomat memiliki rasa khas yang asam namun menarik. Selain dikonsumsi, tomat juga dapat dijadikan masker wajah.

Tomat adalah tumbuhan asli dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko, dan Peru. Tomat memiliki berbagai jenis warna, seperti hijau, kuning, dan merah. Umumnya, tomat merah lebih sering digunakan. Namun, tomat hijau dan tomat kuning pun juga memiliki khasiat dan rasa yang sama.

manfaat buah tomat

Meskipun disebut buah, tomat sering dimanfaatkan sebagai pelengkap sayuran. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung seperti lalapan atau diminum dengan cara dijus terlebih dahulu. Selain dikonsumsi, tomat juga memiliki manfaat sebagai obat luar yang dapat diaplikasikan secara langsung ke permukaan kulit.

Waw! Sangat banyak bukan manfaatnya? Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah tomat juga berguna untuk kecantikan dan cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Mau tau lebih banyak manfaatnya? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Manfaat Buah Tomat bagi Kesehatan

Manfaat pertama berguna untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat buah tomat ini sangat baik bagi organ dalam tubuh kita. Kamu dapat mengonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dijadikan jus. Apa pun segala prosesnya tetap bermanfaat kok. Jadi apa saja kegunaannya?

 

  • Mengatasi peradangan

Tomat mengandung tomatine yang mampu melawan peradangan. Konsumsilah segelas jus tomat setiap hari. Selain itu, manfaat buah tomat juga untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

  • Mengobati keseleo

Cara alami ini dapat kamu coba untuk mengobati keseleomu. Hancurkan tomat dan campur dengan wijen. Kemudian panaskan hingga berminyak. Setelah itu, oleskan ke sendi yang keseleo dengan cara memijat atau mengurut secara perlahan.

  • Memperbaiki sistem pencernaan

Buah tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Tomat dapat mengatasi sembelit dan diare. Buah ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh. Selain itu, tomat juga dapat memulihkan fungsi lever, penyakit empedu, hingga mencegah kolera.

  • Mencegah penyakit jantung

Antioksidan likopen dalam tomat dipercaya dapat mengtasi penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadal kolesterol buruk. Manfaat buah tomat juga membantu menjaga kestabilan irama jantung.

  • Mengurangi depresi

Buah tomat memiliki kandungan folat yang dapat menghilangkan depresi atau stress. Folat dalam tomat ini membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan.

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan

manfaat buah tomat untuk kecantikan

Wanita mana yang tidak ingin tampil sempurna? Memiliki wajah yang cantik dan mulus tentu menjadi kriteria semua wanita. Dengan memanfaatkan buah tomat ternyata keinginanmu untuk menjadi cantik dapat terwujud. Terlebih lagi buah tomat merupakan bahan alami, sehingga tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Ini dia manfaatnya!

  • Membersihkan kulit

Suka kesal gak sih terkena polusi kendaraan? Terkadang kulit jadi berminyak, atau terlihat tidak segar. Untuk mengembalikan kelembapan kulit kembali kamu dapat mencampurkan buah tomat dan alpukat dengan dihancurkan terlebih dahulu. Gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

  • Mencerahkan kulit

Ini dia kriteria cantik berikutnya. Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan madu lalu aduk hingga mengental. Aplikasikan menjadi masker dan diamkan sesaat. Berikutnya bilas dengan air bersih. Jika kamu melakukan ini secara rutin, maka kulitmu semakin cerah.

  • Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori besar memang sangat menyebalkan bagi wanita. Debu dan kotoran bebas masuk lalu menyebabkan komedo bahkan jerawat. Namun, adanya buah tomat ini akan membantu mengatasi masalahmu. Campurkan 1 sdm jus tomat dan dua tetes jus lemon dalam satu wadah. Lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit dan basuh dengan air dingin.

  • Menyembuhkan kulit terbakar

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, terlalu lama berada di bawah matahati akan menyebabkan kulit terasa terbakar. Masker tomat dengan campuran yoghurt dapat menjadi solusi wajah sensitifmu.

  • Mengurangi jerawat

Adanya jerawat memang sangat mengganggu. Nah, adanya kandungan zat asam dalam tomat cukup ampuh untuk membersihkan jerawat dan noda hitam. Caranya dengan menghancurkan tomat dan aplikasikan ke wajah selama 30 menit. Lakukan selama dua minggu dan lihat hasilnya.

  • Mencegah kulit berminyak

Sama seperti manfaat sebelumnya, untuk mencegah kulit berminyak kamu dapat memanfaatkan buah tomat sebagai masker. Kamu bebas mengombinasikan buah tomat dengan alpukat atau lemon. Diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan air bersih.

  • Manfaat Buah Tomat untuk Diet

Diet adalah proses menjadikan tubuh tampak lebih proporsional. Diet dapat dilakukan bagi orang yang inginn menurunkan berat badang atau menaikkan berat badan. Mengonsumsi tomat kamu dapat mewujudkan mimpi untuk mendapatkan tubuh idaman. Apa saja manfaatnya?

  • Meratakan perut

Memiliki perut buncit memang tidak menyenangkan. Buruknya lagi, perut buncit tidak hanya dialami oleh orang yang memiliki berat badan besar, tetapi juga bisa bagi kamu yang mempunyai tubuh kurus. Hal itu tentu akan menurunkan kepercayaan dirimu. Cobalah untuk mengonsumsi jus tomat secara rutin dan lihat hasil yang memuaskan.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan likopen dalam tomat bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang lebih cepat, sehingga kadar ghrelin dalam tubuh juga akan berkurang. Ghrelin adalah hormon yang memicu nafsu makan. Jika kamu mengonsumsi tomat, kadar ghrelin pun berkurang. Jadi, keinginan untuk mengonsumsi banyak makan pun tidak meningkat lagi.

  • Mengurangi lemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak terlalu sering akan menyebabkan terendap di dalam tubuh. Jika tidak diselingi dengan olahraga, tubuhmu akan terjadi penumpukan lemak yang berbahaya bagi jantung dan organ lainnya. Kamu juga dapat menggunakan cara alami dengan mengonsumsi tomat. Tomat mampu menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh. Lemak yang terendap pun akan terbuang.

manfaat tomat untuk kesehatan

Dengan adanya penjelasan di atas memberikan arti bahwa manfaat buah tomat sangat penting untuk kita. Hal menarik lainnya adalah tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Tomat dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan, dijadikan juice, masker wajah, obat oles, atau menjadi sayuran. Apa pun jenis olahannya, manfaat buah tomat tidak akan hilang. Olahan tomat apa yang akan kamu pilih?

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven − 2 =