Cara Membuat Donat JCO

Cara Membuat Donat JCO

Cara membuat donat memang sulit untuk yang baru belajar namun sebenarnya mudah karena cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan roti namun donat memiliki bentuk yang khas yaitu bolong ditengahnya seperti cincin, dan cara pematangannya dengan cara digoreng 

peluang usaha donat
peluang usaha donat

Jaman sekarang orang sering menyebutnya cara membuat donat kentang karena pembuatan donat memang sudah menggunakan kentang sebagai bahan campurannya. Donat merupakan makanan manis yang enak rasanya, kelezatan donat bukan hanya terletak dari kuenya saja namun juga terletak pada toppingnya. Namun kini donat telah memiliki berbagai bentuk dan isian sehingga lebih bervariatif. Jadi tidak terus-menerus bolong di tengahnya saja karena itu hanya ciri khas saja sejak awal penciptaannya.

Makanan Donat adalah salah satu makanan yang terkenal di dunia. Donat sendiri awal mulanya sudah ada di Amerika Serikat, Inggris, hingga Belanda pada tahun 1800-an. Mulanya donat disebut dengan roti goreng yang identik dengan bentuk bulat yang memiliki lubang di tengahnya. Biasanya donat akan diberi toping berupa rasa yang manis seperti gula, jeli, maupun selai.

Kue Donat yang paling populer dan umum adalah tipe donat dengan lubang di tengahnya. Meskipun tipe donat klasik ini mempunyai banyak macam rasa dengan toping yang berbeda-beda, rasa dan toping paling umum bagi orang Indonesia adalah dengan toping meses coklat dan gula salju. 

Perusahaan kuliner donat yang terkenal di Indonesia yang sedang naik daun adalah JCo, tak sedikit inovasi yang diberikan pengusaha kuliner untuk membuat roti goreng berlubang ini terjual dengan harga yang mahal, salah satunya yang kini sedang tren dan terkenal adalah JCo. JCo merupakan sebuah restoran yang menyajikan varian rasa donat, yougurt, hingga kopi. JCo sendiri mulanya didirikan seorang pengusaha donat di Lippo Karawaci pada tahun 2006 silam.

Varian rasa donat di JCo sendiri cukup beragam, seperti heaven berry, choconutzy, green tease, dan banyak lain. Selain itu juga JCo mulai menginovasikan agar donat tak selalu identik dengan bentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Beberapa varian menu donat di JCo sendiri banyak yang tak memiliki lubang di tengahnya.

Donat Ala JCo

Bahan Yang Digunakan:

1 sdm mentega

1/2 sdt garam

2 butir kuning telur

100 ml air Hangat/air dingin (bisa kurang bisa lebih)

300 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr susu bubuk

1 sdm ragi instant

100 gr kentang kukus (haluskan dan dinginkan)

75 gr gula pasir

Toping:

Pewarna Makanan

Mentega

Meses Warna

Kacang Tanah Goreng

Kacang Almond

Dark Chohlate Cooking

Cokelat Putih

Proses Membuatnya:

  • Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk hingga rata. Lalu masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin/ air hangat, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit. Ambil adonan, giling tipis kurang lebih 1-1,5 cm. Angkat dan balik adonan. Giling kembali secara perlahan.
  • Gunakan cetakan donat untuk membentuk donat berlubang di tengah. Angkat perlahan dan pindahkan ke alas datar yang sudah ditaburi terigu. Lakukan pada semua adonan hingga habis. Tunggu adonan mengembang 2x lipatnya.
  • Jika sudah mengembang, siapkan minyak goreng (kalau bisa minyak padat) di wajan. Pergunakan minyak goreng 1/2 atau 3/4 permukaan wajan banyaknya minyak. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu goreng donat ketika minyak sudah terasa hangat.
  • Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat (atau sesuai selera). Untuk menghias dengan coklat, lelehkan Dark Chohlate Cooking (bisa tambahkan margarin sedikit). Diamkan sebentar DCC leleh supaya tidak terlalu encer. kemudian celupkan donat ke DCC leleh, angkat tiriskan sebentar, angkat dan balik. Donat berlapis DCC leleh bisa diberi hiasan lagi dengan taburan sesuai selera.

TINGGAL HARI INI, Promo J.CO Dalam Rangka Ulang Tahun ke-13, Cek ...

Membuat Donat Isi Selai

Sebenarnya donat tidak harus berlubang di tengahnya karena itu hanya ciri khas saja. Ada variasi donat isi selai atau cokelat yang bisa Anda coba dan tidak kalah lezatnya.

Bahan Yang Digunakan:

1 sdm ragi instant

2 sdm margarin

100 gram selai sesuai kesukaan

50 ml air

Gula halus secukupnya untuk taburan

500 gram tepung terigu protein sedang

1 butir telur

5 sdm gula pasir

Resep Kue : Donat Isi Selai

Proses Membuatnya:

Campur tepung terigu dan ragi instant hingga rata.

Tambahkan gula pasir, telur, margarin dan air, aduk semua hingga rata.

Uleni adonan hingga kalis dan tidak menempel di tangan.

Tutup adonan dengan serbet bersih dan diamkan selama 1 jam. Tunggu hingga adonan mengembang dua kali ukuran semula.

Jika sudah mengembang, kempeskan adonan dengan cara menekannya dengan genggaman tangan.

Ambil adonan kurang lebih 10 gram, bentuk bulat lalu pipihkan. Isi dengan selai, kemudian bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis.

Diamkan adonan selama 15 hingga 20 menit.

Goreng donat dalam minyak memakai api sedang. Tunggu hingga donat berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.

Tata donat yang sudah dingin di atas piring saji, beri taburan gula halus dengan bantuan ayakan tepung.

Donat Isi Selai siap dihidangkan.

Tambahan:

Anda bisa mengganti selai dengan meises cokelat.

 

Membuat Donat Mini Isi Strawberry

 

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang yang Mudah dan Enak | Popmama.com

Bahan Yang Digunakan:

2 sdm susu bubuk

1 sdt vanili

1/2 sdt garam

2 butir telur

100 gram margarin

180 ml minyak untuk menggoreng

500 gram tepung terigu protein sedang

1 sdt baking powder

10 gram ragi instant

80 gram gula pasir

Bahan Isi:

selai strawberry

Proses Membuatnya:

  • Campurkan tepung terigu, baking powder, ragi instant, gula pasir, susu bubuk, vanili, garam, kemudian aduk hingga adonan rata.
  • Masukkan telur dan air, aduk rata dan uleni. Tambahkan margarin, dan uleni adonan hingga kalis dan elastis. Jangan berhenti menguleni bila adonan belum kalis karena donat akan sulit mengembang. Bulatkan adonan kemudian diamkan kurang lebih 30 menit di sebuah tempat. Tutup dengan lap basah.
  • Setelah adonan mengembang benar, kempiskan, kemudian ambil dan bentuk adonan menjadi bulat-bulat, isi dengan selai strawberry. Diamkan kembali sekitar 10 menit.
  • Panaskan minyak dan goreng donat hingga matang dan berwarna cokelat keemasan. Angkat, dinginkan dan sajikan.
  • Sebagai tambahan toping Anda bisa mengguling-gulingkan di gula halus, atau menambahkan toping cokelat.

Demikian pembahasannya tentang cara membuat donat yang tak kalah lezat rasanya dengan donat buatan restoran terkenal yang sedang tren saat ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp