Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Makanan Khas Medan, Bika Ambon Mini

Makanan khas medanBika ambon merupakan salah satu sajian kue tradisional khas tanah minang yang memiliki tekstur kenyal, berserat dan bercitarasa khas. Tak seperti nama-nya, kue ini bukan berasal dari Ambon melainkan dari Medan Sumatera Barat. Dan telah menjadi makanan dan oleh-oleh khas dari kota tersebut sejak dulu kala.

Berkat kelezatan-nya, kue bertektur kenyal dan berserat ini tidak hanya digemari di kota asal-nya saja. Tetapi juga menjadi camilan favorit di berbagai daerah tanah air. Dan kini untuk menikmati-nya Anda tidak harus pergi jauh-jauh ke Medan, karena mudah ditemukan di berbagai toko pusat oleh-oleh terdekat di kota Anda.

makanan khas medan bika ambon

Pecinta kue ambon ini memang berasal dari berbagai kalangan, sehingga target market-nya pun terbilang cukup luas. Maka tak heran, jika kue tradisional atau makanan khas medan ini menjadi salah satu peluang bisnis cukup menjanjikan yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Salah satu modal utama yang dibutuhan untuk membangun dan memuai usaha ini adalah keahlian dalam mengolah makanan.

Cara Memulai Bisnis Makanan Khas Medan – Bika Amabon

Nah bagi Anda yang tidak hanya gemar icip-icip, tapi juga menyukai dan senang membuat kreasi kue tradisional bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Bahan serta cara pembuatan-nya terbilang mudah, dan modal-nya pun cukup fleksibel. Sehingga bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Nah bagi yang bingung bagaimana cara memulai usaha-nya, bisa menyimak tips di bawah ini terlebih dahulu:

  • Memiliki ciri khas daerah

Pertama yang harus Anda pastikan adalah memiliki ciri khas daerah. Karena bika ambon ini merupakan makanan khas medan, itu arti-nya Anda tidak boleh melupakan atau menghilangkan unsur atau ciri khas yang telah melekat dengan makanan daerah tersebut.

Kenali tekstur, rasa, hingga aroma dari kue tradisional atau makanan khas medan ini. Pelajari dan amati, agar bisnis bika ambon yang akan dijalankan dapat berjalan sesuai rencana. Sehingga peluang untuk mendapat keuntungan berlipat pun semakin terbuka lebar.

  • Beri sentuhan modern

Setelah mengenal tekstur, rasa dan aroma khas dari makanan khas medan bika ambon, tak ada salah-nya juga jika Anda memberikan sentuhan modern agar bisa lebih diterima oleh pasar. Kini banyak kuliner atau makanan khas daerah yang dikemas lebih kekinian agar lebih menarik.

Meski makanan khas medan, bika ambon ini termasuk makanan tradisional daerah bukan berarti tidak Anda beri sentuhan modern. Lihat bagaimana bisnis oleh-oleh khas daerah miliki para artis yang sukses dan dikenal masyarakat luas, berkat menyajikan konsep oleh-oleh khas daerah yang lebih modern dan kekinian.

Anda pun bisa mencoba cara tersebut, untuk menarik perhatian pasar. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misal-nya membuat kemasan dengan gaya kekinian atau memberikan rasa yang kini banyak digemari kaum millenial, dan lain sebagai-nya.

  • Siapkan modal yang cukup

Siapkan modal yang cukup, baik itu dari segi pengetahuan Anda dalam membuat kue bika ambon, pemasaran, hingga dana usaha. Siapkan segala sesuatu-nya dengan matang, terutama yang berhubungan dengan keuangan.

Siapkan sejumlah dana yang cukup untuk membiaya kebutuhan serta biaya operasional bisnis. Jangan sampai bisnis yang dijalankan harus terhenti di tengah jalan karena kekurangan modal, sehingga usaha yang telah dilakukan sejak awal menjadi sia-sia.

Perhitungkan segala sesuatu-nya dengan matang dan terperinci. Mulai dari kebutuhan modal awal untuk membangun usaha, menambah alat produksi, dan biaya operasional lain-nya. Buatlah pembukuan modal atau keuangan untuk memantau arus kas atau cash-flow agar tetap sehat.

  • Selalu lakukan evaluasi dan inovasi

Jika bisnis bika ambon Anda sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi dan inovasi agar bisnis bika ambon dapat terus berkembang. Selalu lakukan inovasi produk, agar pelanggan tidak bosan dengan varian rasa atau tapilan yang itu-itu saja. Anda bisa menambah varian rasa, misal-nya keju, coklat, pandan, dan lainnya.

Inovasi ini menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan, meningat persaingan bisnis bika ambon ini cukup ketat. Sehingga untuk menarik perhatian pelanggan, Anda perlu menciptakan nilai tambah yang dapat meningkatkan nilai jual produk dan menjadi pembeda dari produk sejenis milik kompetitor.

Selain inovasi, tidak ada salah-nya juga untuk melakukan evaluasi. Anda bisa meminta saran dari para pelanggan untuk memajukan bisnis bika ambon yang sedang dijalankan. Tidak hanya dari segi produk, evaluasi juga bisa dilakukan dari proses produksi. Misal-nya untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin banyak, Anda membutuhkan bantuan mesin atau alat khusus yang bisa mempercepat proses produksi.

Ada banyak aspek yang dapat Anda evaluasi, baik itu dari segi prouksi, karyawan hingga produk bika ambon itu sendiri. Dan evaluasi ini menjadi penting karena mampu meningkatkan kualitas bisnis yang sedang Anda kelola.

  • Perluas jaringan pasar

Jika Anda hanya memanfaatkan toko kecil untuk memasarkan produk bika ambon, mungkin saat ini Anda bisa mulai menggunakan internet atau media daring untuk memperluas jaringan pasar. Jika membuat website terbilang sulit, Anda mungkin bisa memulai-nya dengan cara sederahana yaitu membuka akun sosmed khusus bisnis.

Ada banyak pilihan platform sosial media yang bisa digunakan, namun yang paling populer untuk bisnis adalah Facebook dan Instagram. Cara-nya pun cukup mudah, Anda tinggal memotret produk bika ambon yang dijual lalu unggah melalui salah satu akun sosmed tersebut. Gunakan caption dan hashtag yang tepat serta relevan agar mudah ditemukan oleh para pengguna sosmed lain-nya.

  • Berikan pelayanan terbaik

Kesan pertama itu sangat penting, terutama saat berbinis. Selalu berikan pelayanan terbaik agar pelanggan merasa senang dan puas. Akan percuma jadi-nya jika Anda hanya menjual rasa kue bika ambon yang lezat, tanpa disertai pelayanan yang baik. Selalu berikan sapa dan senyum pada setiap pelanggan yang datang ke toko atau outlet bisnis Anda.

Itulah sejumlah tips sukses dalam memulai dan mengembangkan bisnis makanan khas medan, bika ambon. Konsep dan perencanaan matang sesaat sebelum memulai usaha ini menjadi sangat penting dan menjadi salah satu kunci sukses-nya. Maka dari itu, buatlah perencanaan bisnis-nya dengan baik dan matang, agar Anda mudah memenangkan persaingan bisnis bika ambon yang semakin ketat. Selamat mencoba.

Resep Bika Ambon Mini – Makanan Khas Medan

Nah bika ambon yang akan dibuat disini memiliki bentuk mini alias kecial, yatu sajian satu kali santap. Konsep ini bisa Anda jadikan inspirasi bisnis dan nilai plus untuk menarik perhatian pasar. Jika selama ini bika ambon disajikan dalam bentuk loyang kotak, Anda mungkin bisa mencoba membuat tampilan yang lebih mini agar lebih menarik perhatian pelanggan potensial.

Pelanggan tentu-nya akan lebih dimudahkan, karena tidak perlu lagi memotong kue bika ambon menjadi potongan kecil karena sudah tersaji dalam bentuk satu kali santap. Selain itu, bika ambon mini juga lebih mudah dikreasikan saat akan ditata di piring saji. Dan mudah Anda kemas saat menggunakan packaging yang memiliki desain lebih modern dan menjual.

membuat bika ambon

Untuk bahan dan cara pembuatan-nya sendiri, hampir sama seperti pembuatan kue bika ambon pada umum-nya. Hanya saja, kue-nya dibentuk atau dicetak kecil-kecil untuk memudahkan pelanggan saat mencicipi produk kue tradisional ini. Langsung aja, siapkan bahan-bahan berikut:

Bahan 1:

  • 600 ml santan kental
  • 2 batang serai, ambil bagian dalam/putihnya saja, memarkan
  • 15 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 ruas kunyit, haluskan
  • ¼ sdt garam

Bahan 2:

  • 350 gr tepung tapioka
  • 40 gr tepung terigu
  • 2 sdm susu kental manis putih
  • 1 sdm fermipan

Bahan 3:

  • 250 gr gula pasir
  • 3 butir telur
  • 2 sdm margarin, lelehkan

Cara pembuatan kue bika ambon mini:

  • Siapkan wajan untuk memasak santan. Kemudian masukan semua bahan yang ada pada tahap 1. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Terus aduk secara perlahan agar santan tidak pecah. Masak hingga santan matang.
  • Matikan kompor dan biarkan santan dingin.
  • Setelah itu, campurkan santan yang telah dingin tadi dengan bahan-bahan yang ada pada tahap 2. Aduk hingga semua adonan tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Tutup dan diamkan selama 20 menit.
  • Siapkan bahan ketiga, kocok hingga semua bahan tercampur. Lalu campurkan dengan adonan yang telah disiapkan sebelum-nya, aduk hingga ketiga bahan adonan tercampur merata.
  • Siapkan cetakan kecil yang sebelum-nya telah diolesi margarin. Tuang adonan secukup-nya, sisakan ruang karena adonan akan mengembang.
  • Tunggu hingga keluar pori-porinya dan tutup cetakan. Kukus hingga matang.

Dan kue bika ambon mini pun siap disajikan. Bagaimana, mudah bukan? Nah bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini bisa mempraktekan-nya sendiri di rumah. Selamat mencoba J

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three + 16 =