10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Sedang yang Baik untuk Dikonsumsi

10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein SedangTepung terigu merupakan bahan dasar yang sering digunakan dalam memasak berbagai jenis makanan, seperti kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Ada tiga jenis tepung terigu yang umum digunakan, yaitu tepung terigu dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Buat Anda yang hobi memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu ini.

Jika Anda mencari tepung terigu yang multifungsi, tepung terigu dengan protein sedang adalah pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dan terjangkau, yaitu Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Sumber artikel yang dilansir dari my-best.id ini telah ditinjau oleh instruktur pastry, Stella Permata, sehingga Anda dapat mempercayai rekomendasi yang kami sampaikan. Jadi, pastikan Wirasob untuk membaca sampai selesai agar tidak ketinggalan informasi penting ya!

Table of Contents show

Sekilas Tentang Tepung Terigu Berprotein

Bagi sebagian orang, mungkin masih merasa bingung tentang fungsi tepung terigu protein sedang dan apa sih bedanya dengan tepung terigu protein tinggi atau rendah? Tenang saja, kami akan membantu Anda memahami lebih dalam tentang tepung terigu protein sedang melalui penjelasan di bawah ini. Yuk, kita simak..

Perbedaan tepung terigu protein sedang dengan protein tinggi dan rendah

perbedaan tepung terigu protein sedang dengan tepung terigu protein tinggi dan rendah

Tepung terigu terdiri atas karbohidrat (pati) dan protein yang membentuk gluten. Semakin tinggi kandungan gluten pada tepung terigu, maka adonan akan semakin mengembang. Jadi, penting untuk memperhatikan kadar protein tepung terigu yang Anda pilih untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Tepung terigu protein tinggi memiliki kandungan protein antara 12% hingga 14%. Tepung ini cocok digunakan untuk membuat kue yang memiliki tekstur yang kenyal, mengembang, dan bervolume. Makanan yang biasanya diolah menggunakan tepung terigu dengan protein tinggi adalah roti dan mi. Namun, sebaiknya hindari menggunakannya untuk membuat kue kering karena hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diinginkan.
  • Tepung terigu protein sedang dikenal juga dengan nama all-purpose flour atau tepung serbaguna. Tepung ini terdiri dari campuran tepung terigu dengan protein tinggi dan rendah, dengan kandungan protein sekitar 10,5% hingga 12%. Tepung terigu dengan protein sedang ini dapat digunakan untuk mengolah berbagai jenis makanan, mulai dari makanan kering seperti kue kering hingga makanan basah seperti kue bolu. Jadi, tepung terigu dengan protein sedang merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari tepung terigu yang multifungsi.
  • Tepung terigu protein rendah memiliki kandungan protein sekitar 8% hingga 11%. Karena daya serap air dan gula yang rendah, tepung terigu ini cocok digunakan untuk membuat makanan yang renyah. Contohnya adalah kue kering dan cookies. Jika Anda ingin mencoba membuat makanan renyah, tepung terigu dengan protein rendah adalah pilihan yang tepat.

Apa saja yang bisa dibuat dari tepung terigu protein sedang?

tepung terigu protein rendah bisa dibuat macam kue dan makanan lezat

Tepung terigu protein sedang dapat digunakan untuk membuat aneka makanan ringan, seperti kue kering, martabak, dan gorengan. Anda dapat mencoba menggunakan tepung terigu protein sedang untuk membuat makanan ringan yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis tepung terigu protein sedang yang Anda gunakan dengan jenis makanan yang akan dibuat, agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Tepung ini tidak hanya cocok untuk membuat makanan ringan seperti kue kering, martabak, dan gorengan, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat aneka kudapan lezat seperti waffle, lapis legit, mie, donat, dan brownies. Jika Anda memiliki hobi membuat kudapan tradisional, tepung terigu protein sedang juga dapat diandalkan untuk membuat pukis, bolu kukus, dan klepon. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis tepung terigu protein sedang yang Anda gunakan dengan jenis makanan yang akan dibuat, agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Tips Memilih Tepung Terigu Protein Sedang yang Berkualitas

Setelah membahas tentang tepung terigu protein sedang, kini saatnya kami membantu Anda dalam memilih produk yang berkualitas tinggi. Pastikan untuk memperhatikan aspek-aspek berikut ketika membeli tepung terigu protein sedang:

Memilih Tepung Terigu dengan Warna Putih Pucat atau Putih Kekuningan

tepung terigu yang berwarna putih pucat atau putih kekuningan

Tepung cenderung memiliki warna putih, sehingga mungkin sulit untuk membedakan jenis tepung satu dengan yang lain hanya dengan melihat warna saja. Namun, jika Anda memperhatikan dengan seksama, terdapat sedikit perbedaan warna yang tidak terlalu mencolok antara berbagai jenis tepung. Sebagai contoh, tepung beras ketan memiliki warna putih gading, sedangkan tepung beras berwarna putih agak bening.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa warna tepung yang Anda beli tidak kusam. Warna tepung yang kusam dapat menandakan bahwa kualitas tepung tersebut sudah menurun. Tepung terigu yang berkualitas tinggi biasanya berwarna putih pucat atau putih kekuningan.

Untuk memastikan bahwa tepung yang Anda beli berkualitas tinggi, pastikan untuk membaca label produk dengan seksama dan memperhatikan aspek-aspek seperti sumber bahan-bahan yang digunakan, tingkat protein, dan tingkat gluten.

Mengutamakan Tekstur Lembut dan Tidak Menggumpal pada Tepung Terigu

pastikan tekstur tepung terigu tidak menggumpal

Selain warna, tekstur juga dapat mempengaruhi kualitas tepung terigu. Anda bisa menilai tekstur tepung terigu dengan cara menggenggam sejumput tepung tersebut. Apabila teksturnya halus dan menempel di tangan, itu bisa menjadi tanda bahwa tepung terigu tersebut berkualitas tinggi. Sebaliknya, jika tekstur tepung terigu terasa kering dan menggumpal, itu bisa menjadi tanda bahwa tepung terigu tersebut sudah tidak fresh atau sudah cukup lama disimpan.

Pastikan untuk menyimpan tepung terigu dengan benar, terutama jika Anda membeli tepung terigu dalam jumlah besar. Penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan tepung terigu menjadi kering dan menggumpal, sehingga menurunkan kualitasnya. Pastikan untuk menyimpan tepung terigu dalam wadah tertutup rapat dan di tempat yang sejuk dan kering.

Memilih Tepung Terigu yang Tidak Berbau Apak

Hindari tepung yang berbau apak

Tepung terigu dengan kualitas baik memiliki bau dan aroma yang tidak apak. Bau apak pada tepung terigu biasanya dihasilkan oleh adanya jamur atau mikroorganisme yang menginfeksi tepung tersebut, seperti kutu, ulat, belatung, dll. Penyebab lain dari bau apak pada tepung terigu adalah adanya kotoran atau kutu yang menempel pada tepung tersebut.

Memilih Tepung Terigu dengan Fortifikasi yang Tepat

Perhatikan fortifikasi pangan tepung terigu

Pada kemasan tepung terigu, Anda mungkin akan menemukan tulisan “difortifikasi” dengan zat gizi tertentu. Fortifikasi adalah proses penambahan zat gizi mikro ke dalam bahan pangan untuk mengembalikan zat-zat gizi yang hilang selama proses pengolahan serta memperkaya kandungan nutrisi. Umumnya, tepung terigu difortifikasi dengan zat gizi seperti:

  • Vitamin B1 (tiamin) Vitamin ini membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh, serta memainkan peran penting dalam fungsi sistem saraf dan jantung.
  • Vitamin B2 (riboflavin) Vitamin ini membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh, serta memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan kulit, rambut, dan kuku yang sehat.
  • Zat besi adalah mineral yang penting bagi tubuh manusia karena memainkan peran yang sangat penting dalam produksi sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Selain itu, zat besi juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rambut, dan membantu mengatur suhu tubuh.
  • Zat seng adalah mineral yang penting bagi tubuh manusia. Seng memainkan peran penting dalam proses produksi sel darah merah, pemeliharaan sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme energi. Seng juga membantu dalam penyerapan nutrisi lainnya, seperti vitamin B12 dan tembaga, serta memainkan peran penting dalam produksi collagen, protein yang membantu membentuk jaringan ikat dan kulit.
  • Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang penting bagi kesehatan tubuh. Dikenal juga dengan nama vitamin B9 atau folat. Asam folat membantu dalam proses pembuatan DNA dan RNA, molekul yang mengatur seluruh aktivitas di dalam sel tubuh. Asam folat juga penting dalam proses pematangan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

 

10 rekomendasi tepung terigu dengan tingkat protein sedang terbaik dan terjangkau

Berikut adalah daftar sepuluh produk tepung terigu protein sedang terbaik yang kami rekomendasikan, yang dipilih dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Kami telah mengurutkan produk-produk ini berdasarkan popularitasnya di platform jual beli online Tokopedia dan Shopee.

Update 7 Januari 2023
Setelah melakukan riset di platform jual beli online Tokopedia dan Shopee, kami menemukan bahwa Bogasari Segitiga Biru masih merupakan produk tepung terigu protein sedang yang paling laris.

1. Bogasari Segitiga Biru

Bogasari Segitiga BiruIsi500 gram, 1 kg
Kadar protein11%–12,5%
Zat gizi tambahanZat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat
Harga mulai dariRp10.500,00

Tepung serbaguna berkualitas tinggi untuk menghasilkan makanan yang lezat dan gurih

Tepung Segitiga Biru merupakan pilihan yang populer bagi para pencinta kuliner Indonesia yang mencari tepung serbaguna dengan kualitas premium. Berbeda dari tepung-tepung lain, tepung ini memiliki kadar protein sedang yang cocok untuk diolah menjadi berbagai macam jenis kue kering, kue basah, martabak, dan jajanan pasar.

Jika Anda ingin menciptakan makanan yang lezat, gurih, dan berkualitas tinggi, Segitiga Biru adalah pilihan yang tepat. Selain memanjakan lidah, produk ini juga memenuhi kebutuhan gizi harian Anda karena sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral.

 

2. Sriboga Flour Mill Food Station Tepung Terigu

Sriboga Flour Mill Food Station Tepung Terigu

Isi

1 kg

Kadar protein

Tidak ada keterangan

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp11.000,00

Menggunakan bahan baku gandum berkualitas tinggi

Food Station merupakan pilihan tepung terigu protein sedang yang tepat bagi Anda yang ingin membuat aneka kue kering, bolu, pie, pancake, martabak, atau gorengan. Tepung ini memiliki butiran yang halus, sehingga membuat adonan mudah mengembang. Hal ini tidak terlepas dari bahan baku yang digunakan, yaitu gandum berkualitas tinggi. Jadi, tidak heran jika tepung ini memiliki butiran yang begitu halus.

 

3. Wilmar Sania Tepung Terigu

Wilmar Sania Tepung Terigu

Isi

1 kg

Kadar protein

10%–11%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp11.500,00

Tepung dengan butiran halus, mudah diolah tanpa perlu diayak berkali-kali

Jika Anda ingin menghasilkan kue dengan tekstur yang lembut, Sania adalah pilihan tepung terigu protein sedang yang tepat. Butirannya yang halus membuat tepung ini mudah diolah tanpa perlu diayak berkali-kali.

Kualitas Sania terjamin bagus dan tidak mudah berjamur. Selain dapat digunakan untuk membuat aneka makanan manis, tepung ini juga cocok untuk membuat mi yang kenyal serta tidak mudah putus.

 

4. Cerestar Falcon Serba Guna

Cerestar Falcon Serba Guna

Isi

1 kg

Kadar protein

>11%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp11.500,00

Membuat aneka makanan lembut dan mengembang dengan tepung terigu protein sedang

Jika Anda tertarik membuka bisnis katering atau restoran, tepung terigu protein sedang Falcon adalah pilihan yang tepat. Merupakan tepung serbaguna premium, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan Falcon, Anda dapat menciptakan aneka makanan yang lembut dan mengembang, seperti waffle, martabak, roti, dan pukis. Gunakan tepung ini untuk menghasilkan makanan yang lezat dan berkualitas tinggi.

 

5. Bungasari Jawara Tepung Terigu Ekonomis Serba Guna

Bungasari Jawara Tepung Terigu Ekonomis Serba Guna

Isi

1 kg

Kadar protein

<11%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp10.000,00

Mengolah gorengan menjadi renyah dan tidak berminyak dengan tepung terigu protein sedang

Salah satu produk tepung terigu protein sedang dari Bungasari adalah Jawara. Tepung ini memberikan kebebasan untuk Anda untuk berinovasi dalam membuat aneka makanan ringan yang menggugah selera, terutama gorengan.

Dengan menggunakan Jawara, gorengan yang Anda buat akan terasa renyah, lezat, dan tidak berminyak. Produk ini merupakan contoh merek tepung terigu protein sedang yang mengklaim bahwa tepungnya dapat menghasilkan gorengan dengan minyak yang minimal. Jadi, tidak perlu khawatir tentang gorengan yang terlalu berminyak saat menggunakan tepung ini.

 

6. Eastern Pearl Flour Mills Kompas

Eastern Pearl Flour Mills Kompas

Isi

500 gram, 1 kg

Kadar protein

>10,5%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp11.500,00

Membuat kue lembut dengan tekstur yang cukup renyah dengan tepung terigu protein sedang

Kompas adalah tepung terigu protein sedang kelas premium asal Indonesia. Dibuat dari gandum berkualitas tinggi, tepung ini cocok digunakan untuk semua jenis kue. Namun, tepung ini lebih direkomendasikan jika Anda ingin membuat kue kering dan cake. Kadar protein yang tepat dalam produk ini memungkinkan Anda untuk membuat kue dengan tekstur yang lembut ataupun renyah. Jadi, bukan lagi hal yang mustahil untuk membuat kue yang lembut dan cukup renyah dengan tepung ini.

 

7. Sriboga Flour Mill Double Zero

Sriboga Flour Mill Double ZeroIsi1 kg

Kadar protein

>11,5%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp17.000,00

Tepung terigu protein sedang untuk membuat makanan khas Eropa

Jika Anda tertarik membuat makanan khas Eropa, tepung terigu protein sedang Double Zero bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini terinspirasi dari tepung terkenal asal Italia bernama Doppio Zero, dan memiliki karakter yang fleksibel sehingga cocok untuk diolah menjadi pizza, focaccia, ciabatta, pastry, serta roti.

Tepung Double Zero telah diuji kemurnian, kualitas gluten, tingkat protein, kehalusan tepung, warna, dan kadar abunya, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Jadikan tepung ini pilihan utama untuk membuat makanan khas Eropa yang lezat dan berkualitas tinggi.

 

8. Bungasari Bola Merah Tepung Terigu Ekonomis Serba Guna

Bungasari Bola Merah Tepung Terigu Ekonomis Serba Guna

Isi

1 kg

Kadar protein

>11%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp11.500,00

Jajanan Pasar Pilihan yang Akan Membuat Lidah Anda Bermimpi!

Bola Merah, tepung terbaik untuk membuat hidangan jajanan pasar yang lezat! Klaim dari Bungasari, produk ini akan menjadikan jajanan pasar yang Anda buat lebih menggugah selera. Selain itu, komposisi tepung ini terjamin berkualitas dan higienis, sehingga Anda dapat dengan tenang menyajikan kue-kue tradisional yang enak untuk disantap oleh seluruh anggota keluarga.

 

9. Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Serba Guna

Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Serba Guna

Isi

1 kg

Kadar protein

>11,5%

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Harga mulai dari

Rp12.500,00

Cara Membuat Kue yang Mengembang, Lembut, dan Ringan di Mulut

Bola Salju, tepung terigu unggulan dari Bungasari yang dapat membantumu menghasilkan kue yang mengembang sempurna, lembut, dan ringan di mulut. Tepung ini bisa digunakan untuk membuat beragam jenis kue, seperti kue basah, bolu, brownies, donat, martabak, gorengan, pukis, dan waffle.

 

10. Wilmar Tulip Tepung Terigu

Wilmar Tulip Tepung Terigu

Isi

1 kg

Kadar protein

Tidak ada keterangan

Zat gizi tambahan

Zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, asam folat

Mulai dari

Rp11.000,00

Tepung Berkualitas dengan Harga Terjangkau: Ini Solusinya

Mau tepung protein sedang dengan kualitas tinggi namun harga terjangkau? Pilih Wilmar Tulip. Tepung ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan tepung terigu lainnya dan cocok untuk membuat gorengan, cake, brownies, serta banyak jenis makanan lainnya.

 

Tips untuk Menyimpan Tepung Terigu yang Baik

Agar tepung terigu tetap segar dan berkualitas tinggi, penting untuk menyimpannya dengan tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menyimpan tepung terigu dengan baik:

Pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah yang kering dan terhindar dari sinar matahari.

Simpan di wadah yang kering dan terhindar dari sinar matahari

Untuk memastikan tepung terigu Anda tetap berkualitas tinggi, pertama-tama pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah yang kering. Penyimpanan di tempat yang lembab dapat menyebabkan tepung terigu mudah berjamur, sehingga kualitasnya menurun. Pilihlah wadah dengan bahan yang tidak mudah lembab, seperti kaca, untuk menjaga kesegaran tepung.

Selain itu, jangan lupa untuk menyimpan tepung terigu di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Penyimpanan di tempat yang terkena sinar matahari dapat menyebabkan tepung terigu menjadi tidak segar dan warnanya mudah berubah. Dengan menerapkan kedua cara ini, tepung terigu Anda akan tetap awet dan berkualitas tinggi.

Memisahkan Tepung yang Sudah Lama dengan Tepung Baru

Pisahkan tepung lama dengan tepung baru

Jika Anda sering mencampurkan tepung terigu lama dengan yang baru, ada baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Pencampuran tepung lama dengan yang baru dapat membuat Anda kesulitan dalam mengelola tanggal kedaluwarsa tepung terigu yang Anda miliki. Sebaiknya, pisahkan tepung lama dan baru agar lebih mudah untuk memberi label tanggal kedaluwarsa pada wadahnya. Dengan begitu, Anda akan tahu dengan pasti mana tepung yang harus digunakan terlebih dahulu. Dengan memisahkan tepung lama dan baru, Anda juga dapat lebih efisien dalam mengelola persediaan tepung terigu di rumah.

 

Rekomendasi alat pengolah makanan

Dalam menghasilkan makanan yang lezat, dibutuhkan perpaduan bahan baku yang tepat dan berkualitas. Selain tepung terigu, Anda juga harus mempertimbangkan alat pengolah makanan, seperti mixer makanan dan oven makanan. Di bawah ini kami memiliki rekomendasi alat pengolah makanan untuk Anda, agar lebih mudah dalam berkreasi mengolah aneka makanan.

1. Mixer Makanan

mixer roti subcat banner scaled 1

Mixer makanan adalah alat elektronik yang digunakan untuk mencampur, memotong, atau menghaluskan bahan makanan. Mixer makanan biasanya terdiri dari wadah yang bisa diputar, pisau yang terpasang di dasar wadah, dan motor yang menggerakkan pisau tersebut. Mixer makanan dapat digunakan untuk membuat smoothie, kue, atau bahan masakan lain yang membutuhkan proses pengolahan yang cepat dan halus.

Daftar Harga Mixer Makanan

Mixer Roti

Mixer B-5

Rp 899.000
Rp 4.275.000
Rp 5.800.000
Rp 6.100.000
Rp 6.800.000
Rp 6.900.000
Rp 7.300.000
Rp 7.700.000
Rp 8.400.000
Rp 8.500.000
Rp 9.500.000

Mixer Roti

Spiral Mixer 20L

Rp 10.300.000

Mixer Roti

Spiral Mixer 30L

Rp 12.500.000
Rp 14.500.000
Rp 18.500.000

2. Oven Makanan

oven roti subcat banner scaled 1 2

Oven makanan adalah alat elektronik yang digunakan untuk memanggang atau memasak bahan makanan dengan menggunakan panas yang terkontrol. Oven makanan biasanya terdiri dari kompartemen tertutup yang dilengkapi dengan pemanas dan dapat dipanaskan sesuai kebutuhan. Oven makanan dapat digunakan untuk memanggang roti, memasak pizza, atau membuat masakan lain yang membutuhkan proses memanggang atau memasak dengan panas yang terkontrol.

Daftar Harga Oven Makanan

Mesin Oven Roti

Oven Roti 1 Deck 2 Trays

Rp 8.000.000

Mesin Oven Roti

Oven Roti 1 Deck 1 Trays

Rp 6.500.000

Mesin Oven Roti

Oven Roti 2 Deck 4 Trays

Rp 16.000.000

Mesin Oven Roti

Oven Roti 3 Deck 6 Trays

Rp 26.000.000

 

Kesimpulan

Tepung terigu dibedakan berdasarkan tingkat protein yang terkandung di dalamnya, yang dapat diklasifikasikan sebagai tepung terigu protein tinggi, sedang, atau rendah. Kadar protein yang tinggi pada tepung terigu juga berarti tingkat gluten yang tinggi di dalamnya. Tepung terigu protein sedang, yang juga dikenal dengan istilah “all purpose flour”, dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan ringan. Jika Anda akan membeli tepung terigu protein sedang, pastikan untuk memastikan bahwa kualitas tepung terigu tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih tepung terigu yang tepat.