Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Makanan Khas Jawa Barat,Cita Rasa Tradisional Dan Disukai Kaum Milenial

Makanan Khas Jawa Barat

Apa makanan khas jawa barat yang kamu sukai? Jawa barat memang terkenal dengan ibu kotanya, yaitu Bandung. Berbicara Bandung, beberapa makanan khasnya (Bandung) terkenal menggunakan olahan sagu atau aci. Olahan sagu tersebut bisa dibuat dengan berbagai proses, seperti dikukus, digoreng, dan sebagainya.

makanan khas jawa barat tahu sumedang

Dapat kita ambil contoh seperti batagor, cireng, cilor, cilok, dan sebagainya. Beberapa makanan tersebut memiliki bahan utama tepung sagu yang memiliki berbagai cara pengolahan yang berbeda. Masing-masing makanan tersebut memiliki rasa yang membuat penggemarnya selalu ketagihan. Makanan dari tepung sagu tersebut kini dengan mudah ditemukan di berbagai titik di Indonesia.

Namun, tahukah kamu jika Jawa Barat masih menyimpan berbagai jenis makanan khas lainnya yang tidak terbuat dari aci. Jawa Barat tidak hanya mencakup Bandung saja. Masih terdapat beberapa daerah lainnya yang memiliki makanan khas daerah jawa barat. Melalui makanannya yang lezat sangat cocok dinikmati bersamaan dengan udara Jawa Barat yang mayoritasnya dingin.

Jenis-jenis Makanan Khas Jawa Barat

  • Tapai Ketan

Sama seperti kebanyakan tapai pada umumnya. Tapai ketan ini diolah dengan cara difermentasi. Tapai ketan berasal dari Kuningan. Bahan utamanya menggunakan beras ketan. Kamu bisa menggunakan beras ketan hitam atau beras ketan putih. Berikutnya beras ketan bisa kamu berikan warna menggunakan daun katuk hingga menjadi hijau.

Pewarnaan tersebut juga bertujuan untuk membuat tampilan tapai ketan menarik. Berikutnya tapai akan dibungkus menggunakan daun pisang atau daun jambu. Namun, dari kedua jenis daun tersebut yang paling sering digunakan adalah daun pisang.

  • Nasi Jamblang Daun Jati

Terlihat dari namanya, makanan khas jawa barat yang satu ini menggunakan daun jati sebagai alas. Awal mulanya pada zaman penjajahan Belanda warga desa Jamblang membuat nasi yang dibungkus dengan daun jati. Dahulu nasi jamblang hanya menyajikan lauk tempe dan sayuran saja. Namun, seiiring berjalannya waktu nasi jamblang mengalami penambahan lauk yang bisa dipilih.

nasi jamblang ati

Dalam satu porsinya nasi jamblang menggunakan sedikit nasi dan ditumpuk berbagai lauk. Daun jati tersebut nantinya akan membungkus nasi serta lauknya, sehingga dapat menciptakan aroma dan rasa yang khas terhadap nasi.

  • Makaroni Panggang

Makaroni umumnya memang dikenal sebagai makanan kebarat-baratan. Namun, Bogor punya kreasi sendiri lho. Makaroni ini cocok disantap sebagai camilan saat kapan pun. Makaroni diolah dengan cara dipanggang. Makaroni panggang asal Bogor ini memiliki ukuran lebih panjang dengan jenis lainnya. Menariknya lagi, makaroni disajikan dengan taburan keju. Tujuannya untuk menambah rasa gurih pada makaroni tersebut.

  • Dorokdok

Selain terkenal dengan makanan khasnya dodol, Garut juga memiliki camilan lain, yaitu dorokdok. Dorokdok juga dikenal sebagai kerupuk kulit. Pasalnya makanan yang satu ini dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Uniknya nama makanan ini ternyata didapat dari suara yang muncul saat kita mengunyahnya.

Saat mulai mengunyah akan terdengar suara “dorok dok dorok dok”. Suara tersebut muncul karena teksturnya yang renyah. Kerupuk yang satu ini memiliki bentuk memanjang. Rasanya terbagi menjadi dua, yaitu gurih dan manis. Dorokdok dari sapi akan menghasilkan rasa gurih dan renyah. Sedangkan yang berasal dari kerbau akan memberikan rasa manis dan gurih.

  • Lontong Kari

Dari namanya sudah terdengar menarik bukan? Lontong ini disajikan dengan kuah kari. Pada dasarnya tekstur lontong sama dengan jenis pada umumnya. Lontong sendiri banyak disantap dengan berbagai kuah, seperti sambal kancang, kuah opor, gulai, dan jenis olahan santan lainnya. Tapi, kamu udah coba sajian lontong yang satu ini belum?

Lontong kari berasal dari Kabupaten Bandung. Aroma daging pada lontong ini menambah rasa sedap lontong kari. Jenis daging yang digunakan bisa berupa ayam atau sapi. Dalam satu porsinya terdapat telur rebus yang ditaburi kedelai goreng dan bawang goreng. Jangan lupa tambahkan kerupuk agar sensasi makan semakin enak.

  • Serabi

Serabi merupakan makanan yang sudah terkenal di daerah khas Sunda, Jawa Barat. Serabi terbuat dari tepung beras. Serabi memiliki bentuk bulat dengan tekstur empuk, sehingga akan terasa lebih legit. Selain terbuat dari tepung beras, seiiring berjalannya waktu serabi dapat dibuat menggunakan gula dan kelapa dengan berbagai varian rasa.

serabi

Sebelumnya serabi tidak memiliki isian. Rasanya punya hanya terbilang gurih dan legit. Namun, saat ini serabi memiliki banyak variasi isi, seperti kornet, ayam, dan telur. Tidak jarang juga serabi disajikan dengan rasa manis dan gurih, seperti cokelat keju.

  • Tahu Sumedang

Kalau makanan yang satu ini sudah pasti tahu asalnya, yaitu dari Sumedang. Tahu asal Sumedang ini sudah menyebar ke berbagai pelosok di Indonesia. Tidak jauh berbeda dari jenis lainnya, tahu sumedang juga dibuat menggunakan kedelai. Uniknya, tahu ini memiliki bentuk kecil dengan isian yang kopong.

Tahu sumedang memiliki rasa gurih dan lembut di mulut. Akan semakin lezat jika disantap dengan saus sambal -pedas atau cabai rawit. Makanan khas yang satu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga atau kerabat terdekat.

  • Asinan Bogor

Mampir ke Bogor belum lengkap jika tidak mencoba asinan yang satu ini. Asinan asal Bogor ini dibuat dari kuah cabai merah. Meskipun demikian asinan tidak menghasilkan rasa pedas yang dominan. Menggunakan berbagai sayuran dan potongan buah membuat asinan ini semakin terasa pedas dan segar.

Untuk jenisnya sendiri, kamu bisa memilih, asinan dengan buah-buahan, sayuran, atau gabungan dari keduanya. Buah-buahan yang sering digunakan biasanya adalah bengkuang, nanas, salak, dan jambu. Sedangkan sayuran yang digunakan adalah taoge dan kol yang dipotong kecil-kecil. Dengan menyiapakan Rp10-Rp15rb kamu sudah puas untuk menikmati satu porsinya.

asinan bogor

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak kota di dalamnya. Masing-masing kota hampir memiliki makanan khas jawa barat yang berbeda. Selama ini yang kita tahu, berbagai makanan khas jawa barat hanya berasal dari Bandung. Padahal, banyak kota lainnya di Jawa Barat yang makanannya tidak kalah enak lho, seperti berbagai jenis yang sudah disebutkan di atas.

Namun, tentu saja ibu kota dari Jawa Barat memiliki ragam makanan khas yang patut kamu coba. Beberapa lainnya pasti sudah akrab di telinga kalian, makanan khas bandung seperti batagor, cireng, cilok, dan sebagainya. Bandung juga memiliki oleh-oleh makanan khas jawa barat yang sudah dikemas secara modern, yaitu Bandung Makuta yang dipopulerkan oleh artis cantik Tanah Air, Laudya Chintya Bella.

 

 

(Zakiah)