Cara Merakit Mesin Es Krim Dengan Video Instalasi Pemasangan

Cara Merakit Mesin Es Krim

Cara merakit mesin es krim saat awal pertama kali beli sangatlah mudah karena ada bagian tertentu yang sudah terpasang. Tentunya kita tak perlu memasangnya lagi dan kita hanya perlu memasang bagian parts mesin es krim yang belum terpasang seperti handle tuas distributor es krim, karet seal ring distributor es krim.

Wirastar Mesin Es-Krim WIR-118T

Untuk langkah awal saat merakit mesin es krim, kita hanya perlu merakit bagian-bagian yang ada di distributor es krim dan bagian beater es krim serta Baki nampannya untuk alas penampungan untuk tetesan es krim yang tumpah. Untuk lebih jelas step-step merakitnya simak berikut ini:

Cara Merakit Mesin Es Krim Baru

  • Pasang semua katup es krim distributor pada masing-masing lubang pengaturan keluarnya es krim.
  • Kemudian pasang seal ring distributor untuk menghindari kebocoran adonan es krim.
  • Selanjutnya pasang handle tuas pada masing-masing lubang katup distributor es krim dan masukan penguncinya.
  • Kemudian pasang wave ring pada beater dengan melumasinya terlebih dahulu dengan pelumas, untuk menghindari kebocoran saat proses pembuatan es krim berlangsung.
  • Selanjutnya pasang beater mesin es krim dengan mengepasnya sesuai dengan lubangnya hingga terkunci.
  • Selanjutnya pasang distributor es krim yang sudah dirakit tadi masuk ke lubang baut hingga masuk pada tiap masing masing lubang baut tiap sisi sudut persegi distributor.
  • Kemudian pasang semua mur baut penguncinya hingga kencang agar tidak terjadi kebocoran selama proses pembuatan es krim berlangsung.
  • Selanjutnya pasang baki nampannya untuk alas penampungan bila ada tetesan es krim yang tumpah.

Cara Pengoperasian Mesin Es Krim

Sebelum proses pembuatan es krim berlangsung lakukanlah proses cleaning terlebih dahulu pada mesin es krim baru anda dengan menggunakan air minum mineral agar semua bagian dalam mesin es krim bersih higienis.

Cara Mengcleaning Mesin Es Krim

  • Untuk langkah awal tuangkan air mineral kedalam masing-masing hopper adonan es krim yang masih kosong untuk proses cleaning.
  • Kemudian tutup hopper tersebut dan hidupkan tombol power mesin tersebut untuk melakukan proses cleaning.
  • Tekan tombol cleaning agar proses cleaning berlangsung dan tunggu selama satu hingga 2 menit, proses cleaning berlangsung.
  • Bila sudah selesai proses cleaning keluarkan air melalui masing-masing handle tuas es krim,
  • Bila sudah selesai tekan tombol cleaning kembali untuk menghentikan proses cleaning.

Proses Pembuatan Es Krim Pada Mesin Es Krim

  • Masukan adonan es krim yang sudah selesai di aduk ke dalam masing-masing hopper dan tunggu selama 3 menit agar adonan es krim masuk ke dalam semua bagian pembuatan es krim
  • Kemudian tekan tombol power untuk menghidupkan panel digital mesin es krim, lalu tekan tombol cool, setting pembuatan es krim untuk pengaturan kekentalan atau kekerasan es krim agar beku di angka 5,0 – 6,0 namun tetap soft ice cream-nya sesuai ideal kentalnya es krim yang  diperlukan,
  • Tunggu hingga proses pembuatan es krim selesai, panel digital mesin akan kembali ke angka 0 dalam proses pembuatan es krim, itu menunjukan bahwa es krim sudah siap untuk di tuangkan kedalam cone atau siap untuk di konsumsi kemudian anda bisa mengeluarkan es krim pada handle tuas yang ingin anda keluarkan es krim-nya.
  • Selanjutnya bila es krim dalam mesin telah habis di konsumsi, matikan tombol cooling untuk menghentikan proses pembekuan es krim.

Bila proses pembuatan es krim telah selesai dan semua es krim telah habis di konsumsi selanjutnya lakukan lah proses cleaning mesin seperti proses cleaning mesin es krim di atas hingga semua sisa adonan es krim keluar dan air cleaningnya jernih atau bening, itu artinya semua sisa adonan es krim sudah di keluarkan dan semua bagian pemprosesan es krim sudah bersih. Tujuannya adalah agar sisa adonan es krim tadi tidak menimbulkan bau dan merusak bagian mesin karena terjadi proses korosi yang di akibatkan oleh adonan es krim.

Menganal Komponen Mesin Es Krim

</

Sebelum Anda membeli atau mempergunakan produk mesin es krim sebaiknya kenali terlebih dahulu komponen dari mesin es krim itu sendiri. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih siap membeli mesin es krim yg paling banyak dipakai saat ini. Ada beberapa komponen penting dalam es krim yang bisa Anda pelajari kegunaannya berikut ini :

  • Kondensor Mesin Es Krim

Melalui kompresor refrigrant bertekanan yang memiliki temperatur tinggi memiliki bentuk gas untuk dialirkan menuju kondensor. Adapun kondensor inilah yang berperan mengubah refrigrant dalam bentuk cair. Kemudian dalam sistem refrigrant berukuran kecil umumnya jenis dari kondensor yang dipakai memakai fan, di mana media untuk berlangsungnya proses kondensasi yang digunakan yaitu aliran udara.

  • Cup Tempat Adonan

Umumnya cup untuk tempat adonan pada mesin pembuat soft ice cream terletak di atas mesin pembuat es krim itu sendiri. Di bagian bawah sendiri ada lubang yang berperan mengalirkan adonan menuju cooling.

  • Expansion Valve

Komponen ini termasuk bagian terpenting dalam sistem refrigrasi mesin pembuat es krim. Adapun fungsinya adalah mengubah tekanan pada refrigrant untuk digunakan untuk proses evaporasi. Komponen ini memiliki peranan begitu vital sebab jika proses ekspansi melalui refrigran tak berlangsung dengan baik akibat sumbatan, sehingga proses evaporasi pada bagian barrel atau ruang pendingin pun menjadi tak sempurna. Imbasnya mempengaruhi suhu atau temperatur bahan untuk dibekukan atau didinginkan.

  • Cooling Room atau Cylinder

Merupakan bagian dari mesin es krim yang umumnya dinamakan cylinder tube terlapisi sistem jacket berisi cairan dengan karakteristik layaknya es batu dan garam hasil pembekuan sistem refrigrasi. Melewati proses evaporasi untuk bisa mentransferkan temperatur dingin menuju ruang cylinder berisi adonan dari es krim diaduk menggunakan shaft screw digerakan melalui motor penggerak untuk bisa berputar melalui putaran konstan. Anda juga bisa menemukan bagian ini dalam produk mesin es krim merk Wirastar.

  • Valve

Valve sendiri biasanya dinamakan juga bagian kran dalam mesin pembuat es krim yang kegunaannya untuk membuka serta mengalirkan produk es krim. Adapun valve ini terbagi ke dalam 2 jenis, di antaranya jenis mechanical system dan Electric system.

kran sanitizer mesin es krim

Demikian pembahasannya tentang cara merakit mesin es krim baru untuk proses pemasanngannya hingga mesin tersebut siap digunakan. Semoiga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Customer Service