Kue Bawang 

Kue bawang renyah sangat dinanti para penggemarnya. Pasalnya, rasa kue yang gurih ini dapat membuat Anda ketagihan. Resep kue bawang renyah ini dinanti para ibu saat menjelang lebaran. Kue bawang ini menjadi salah satu penganan yang hadir mengisi suasana lebaran. Kue ini juga hadir dengan berbagai rasa.

kue bawang

Memiliki nama kue bawang karena mayoritas bumbu yang digunakan adalah bawang yang dihaluskan. Sekilas tidak ada yang spesifik dari makanan kue lebaran ini. Namun, bagi Anda yang menyukai rasa unik dari bawang pasti tidak akan bosan mengonsumsi penganan ini. Berdasarkan berbagai resep kue bawang , makanan ini memiliki berbagai jenis bentuk.

Bentuk-bentuk tersebut bisa menyerupai stik atau lembaran. Namun, ada juga yang membuat kue bawang dengan ukuran kecil dan padat. Bentukkan tersebut dicapai melalui potongan gunting dari adonan. Namun, bentuk tebal kue bawang seperti ini akan sedikit menyulitkan bagi para orangtua yang sudah memiliki gigi keropos.

Kue bawang sendiri saat ini memiliki banyak perkembangan rasa. Meskipun jarang ditemui, kini tersedia rasa pedas, manis, jagung, dan keju. Rasa bawang akan tetap dominan, meskipun dicampur dengan tambahan bumbu lainnya. Berbagai jenis kue bawang tersebut mampu menarik perhatian konsumen karena rasanya yang unik dan menarik.

Salah satu resep yang bisa Anda coba adalah kue rasa jagung bakar pedas. Penganan ini menggabungan berbagai rasa sekaligus, yaitu rasa gurih, bawang, jagung, dan pedas. Waah sudah menjadi paket lengkap bukan? Untuk Anda yang penasara yuk langsung simak resep di bawah ini!

Resep Kue Bawang Jagung Bakar Pedas

Bahan-bahan

  • 1500gr tepung terigu protein sedang
  • 30gr kaldu ayam bubuk
  • 350gr tepung sagu
  • 10 butir telur, dikocok lepas
  • 30sdt garam
  • 20gr baking powder
  • Minyak goreng
  • 50 batang kucai yang diris halus
  • 400gr bawang merah yang dihaluskan
  • 150ml santan kental
  • 80gr cabai bubuk
  • 200gr bubuk jagung bakar

Langkah-langkah

  1. Campurkan tepung terigu, tepung sagu, baking powder, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk semuanya hingga merata.
  2. Tambahkan bawang merah yang sudah dihaluskan, telur, santan, dan daun kucai. Aduk rata kembali dan uleni hingga kalis.
  3. Setelah kalis giling adonan hingga tipis.
  4. Potong-potong bentuk janjar genjang bergerigi.
  5. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan, untuk hasil maksimal gunakan Deep Fryer
  6. Angkat kue bawang tiriskan dan pindahkan ke wadah.

Sekarang membuat kue ini tidak hanya saat lebaran saja. Di hari-hari lainnya pun bisa Anda lakukan, apalagi dengan berbagai rasa baru yang unik. Kue bawang ini sangat cocok dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat terdekat. Itu menjadi salah satu alasan disajikan saat lebaran karena momen tersebut para tetangga bersilaturrahmi ke rumah sekaligus menyantap hidangan kue.

Kerenyahan kue bawang ini membuat perbincangan semakin menarik. Kue ini tidak hanya dinikmati sebagai camilan semata. Terkadang kue bawang menggantikan peranan kerupuk. Kue bawang dipadukan dengan lauk dan nasi. Tidak jarang juga kue ini menjadi makanan pelengkap saat mengonsumsi gulai lontong. Namun, jika Anda ingin menyantap dengan gulai lontong biasanya menggunakann kue bawang dengan rasa original.

Rasa original sendiri bersifat netral dan tidak akan membosankan untuk Anda yang tidak menyukai rasa manis atau pedas. Selain rasa jagung bakar pedas, resep rasa keju juga bisa Anda coba. Selama ini, keju dianggap menjadi bahan makanan modern. Namun bagaimana ya rasanya jika diolah dan di mix??

Resep Kue Bawang Renyah Keju

Bahan-bahan

  • 150gr tepung terigu yang berprotein sedang
  • 50gr tepung sagu
  • 75gr keju cheddar
  • 1 butir telur
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt baking powder
  • 1sdt daun seledri yang sudah diiris-iris tipis
  • 2sdt bawang putih bubuk
  • 2sdm air es
  • Minyak goreng

Langkah-langkah

  1. Campurkan tepung terigu, tepung sagu, bawang putih bubuk, baking powder, kaldu ayam bubuk, garam, telur, parutan keju, dan juga air es. Aduk seluruhnya, kemudian uleni hingga kalis.
  2. Kemudian giling adonan hingga tipis, bentuk sesuai keinginan Anda. Bisa berbentuk stik atau jajaran genjang.
  3. Setelah dicetak goreng kuah bawang di dalam minyak panas hingga matang
  4. Angkat dan tiriskan, Lalu pindahkan ke wadah tertutup agar tidak alot.

Peluang Bisnis

          Mencari peluang untuk berbisnis terkadang memang sulit. Anda harus memilih produk yang dijual dan membentuk strategi serta pencapaian target. Salah satu peluang bisnis yang banyak digeluti adalah kuliner. Kuliner sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Misalnya mendirikan rumah makan, penjualan camilan, atau makanan ringan untuk oleh-oleh.

            Mendirikan usaha rumah makan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Seperti pembelian meja dan kursi, bahan-bahan pokok lauk, dan lain-lain. Nah, menjual camilan atau oleh-oleh bisa Anda coba nih. Melakukan bisnis ini tidak terlalu membutuhkan modal banyak. Anda bisa memulai dengan menjual di lingkungan sekitar. Mengemas produk pun bisa menggunakan rekatan dari asap lilin.

            Salah satu makanan camilan yang bisa Anda jual adalah kue bawang ini. Anda bisa memulai dengan menjual rasa original. Jika usaha Anda berkembang gunakanlah resep ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Menambahkan berbagai rasa seperti dua resep di atas juga bisa kok.

            Saat ini warga Indonesia selalu membutuhkan sesuatu yang baru. Tidak menutup kemungkinan seperti tampilan dan rasa dari kue bawang ini. Karena rasanya yang tidak biasa mudah menarik perhatian pelanggan.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four + 6 =