Khasiat Tomat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah salah satu buah yang memiliki kaya khasiat dan manfaat. Tomat memiliki kandungan vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh. Khasiat Tomat dapat di rasakan secara langsung ataupun diolah dahulu menjadi makanan juga minuman. Kandungan asam tomat juga sering dimanfaatkan sebagai penetralisir rasa amis pada daging. Itu mengapa tomat sering menjadi tambahan atau alternatif pengganti jeruk nipis.

khasiat tomat

Tomat mempunyai ragam warna, yatu hijau, kuning, dan merah. Ketiganya memiliki tiga fungsi yang berbeda saat diolah sebagai bahan makanan atau kebutuhan lain. Selain dikenal sebagai buah, tomat juga disebut-sebut sebagai salah satu sayuran. Hal tersebut terbukti karena banyaknya olahan makanan seperti sayuran yang menggunakan bahan utama tomat. Lalu ada di dalam kategori apa tomat itu?

Tomat itu Buah atau Sayur?

Buah adalah makanan pelengkap yang memiliki banyak manfaat. Disebut dengan buah karena memiliki biji di dalamnya. Definisi lain mengartikan bahwa buah adalah tanaman yang bisa dikonsumsi langsung dari pohonnya tanpa diolah dan umumnya memiliki rasa manis.

Sedangkan sayuran memiliki rasa gurih yang dapat didapatkan dari berbagai bagian tanaman. Misalnya daun selada, batang pada seledri, akar pada wortel, dan bunga seperti brokoli. Beberapa sayur sebelum dikonsumsi harus dimasak terlebih dahulu. Sedangkan hampir semua buah dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak.

Lalu bagaimana dengan tomat? Sampai saat ini tomat masih menjadi polemik perdebatan antara buah dan sayuran. Menurut para ilmuwan tomat tetap dianggap buah karena memiliki biji-bijian. Sedangkan beberapa juru masak tetap berpendapat bahwa tomat adalah sayur karena memiliki rasa yang lebih gurih.

Bahkan perdebatan ini pernah berujung di jalur hukum di Mahkamah Agung Amerika Serikat pada 1893. Hasilnya tomat dinyatakan sebagai sayuran karena lebih sering digunakan dipadukan dengan ikan atau daging.

Meskipun demikian, baik dianggap buah maupun sayuran, kandungan pada tomat tetap tidak menghilang. Tomat juga dikenal sebagai pencegah kanker terbaik jika dikonsumsi rutin bersama brokoli. Tomat juga mampu untuk mengurangi risiko kanker pankreas karena memiliki likopen yang dapat menurunkan 31% risiko kanker.

Manfaat Tomat Secara Umum

Masih gak percaya akan kehebatan tomat? Berarti kamu harus baca manfaat tomat berikut terlebih dahulu. Tomat dapat membantu penyembuhan organ dalam, maupun di luar tubuh (bersentuhan dengan kulit langsung). Tomat bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi masakan. Membuat jus tomat juga tidak kalah menarik untuk dicoba.

Meskipun miliki rasa manis asam, mengolah tomat menjadi jujus akan terasa lebih segar. Apalagi jika disandingkan dengan susu atau gula dan es batu. Selain itu, tomat juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan, seperti masker wajah. Masih banyak manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui.

  • Menguatkan tulang

Memang hanya susu yang memiliki kandungan kalsium? Tomat juga ada kok. Tomat merupakan bahan alami yang mengandung vitamin K dan kalsium yang menjaga kekuatan tulang. Meskipun demikian, untuk mengimbanginya kamu juga perlu mengonsumsi suplemen agar tulang semakin kuat.

  • Memiliki antioksidan

Antioksidan memiliki peran penting dalam menangkal masuknya penyakit ke tubuh kita. Pada tomat sendiri antioksidan yang terkandung adalah beta-caratone. Tomat juga kaya akan vitamin A dan vitamin C yang seluruhnya bekerja sama untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

  • Membuat rambut berkilau

Berbeda dengan lidah buaya yang langsung diaplikasikan pada rambut, tomat hanya perlu kamu konsumsi secara rutin. Kandungan vitamin A pada tomat tidak hanya menyehatkan mata, tetapi juga dapat membuat rambut berkilau.

  • Mengobati efek merokok

Sekali mengenal rokok memang akan sulit untuk menghentikannya. Sedangkan bagi kamu yang sudah berhenti dari rokok, selamat! Namun, kamu juga perlu menjaga kesehatan setelah berhenti dari rokok. Konsumsilah tomat secara rutin. Kandungan asam chlorogenuic dan coumaric dapat melawan karsinogen yang ditimbulkan dari rokok.

  • Menyehatkan jantung

Siapa pun berisiko terkena serangan jantung. Namun, untuk mengatasi kemungkinan lebih jauh kamu bisa mencegahnya dengan cara mengonsumsi tomat. Kalium dan vitamin B adalah nutrisi yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

  • Menyehatkan mata

Vitamin A terkenal lebih banyak didapatkan dari sayuran wortel. Tidak hanya itu, tomat juga sama halnya yang kaya akan vitamin A. Mengonsumsi tomat secara rutin akan membantumu untuk mengasah penglihatan lebih tajam dan jelas. Penglihatan tampak lebih terang, sehingga akan menjaga pandangan.

Manfaat Mengonsumsi Tomat Mentah

tomat mentah

Tomat memiliki rasa yang sedikit asam, sehingga jarang yang mengonsumsinya secara langsung. Namun, tahukah kamu jika mengonsumsi tomat mentah yang segar juga memiliki manfaat yang baik? Kamu hanya perlu mencuci tomat lalu langsung dilahap tanpa bahan makanan lainnnya.

  • Mengurangi risiko kanker

Manfaat berikut ini memang berlaku juga pada tomat yang sudah diolah. Namun, akan lebih segar jika kamu mengonsumsinya langsung tanpa olahan lain. Kandungan likopen pada tomat dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Misalnya kanker pancreas atau tumor prostat.

  • Mengontrol gula darah

Kandungan gula yang tidak terkontrol dapat mengancam kesehatan tubuh dan berdampak terkena diabetes. Kromium adalah kandungan yang terdapat dalam tomat berfungsi untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga tidak mengalami peningkatan.

  • Mengurangi lemak

Mengonsumsi tomat mentah bisa kamu andalkan untuk membuang lemak-lemak dalam tubuh. Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal? Lakukan diet secara alami bisa kamu lakukan dengan tomat. Kamu bisa mengonsumsi tomat secara rutin sebelum berolahraga. Nutrisi protein dan kalori pada tomat memiliki peranan penting dalam menurunkan berat badan.

  • Mencegah terjadinya kerusakan sel

Kerusakan sel yang terjadi akan menimbulkan kemerahan pada kulit atau kerutan yang terlihat lebih tua dari usia aslinya. Mengonsumsi likopen pada tomat akan membantu mengatasi kerusakan sel. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsilah tomat secara rutin.

Manfat  dan Cara Membuat Jus Tomat

Seperti pada penjelasan sebelumnya, tomat dapat kamu konsumsi dengan berbagai olahan. Salah satu olahan tomat yang paling kita kenal adalah dibuat menjadi minuman jus segar. Mengonsumsi jus tomat secara rutin terbukti ampuh untuk kesehatan tubuh. Untuk membuat jus tomat kamu dapat menambakan es batu.

Selain itu, kamu juga bisa menambah berbagai bahan lainnya seperti susu atau gula. Mengombinasikan dengan buah-buahan lain untuk dijus bersama tomat juga semakin menambah manfaat. Minum jus tomat secara rutin akan merekan segala penyakit dari paru-paru, seperti Tuberculosis (TBC) dan bronchitis.

manfaat buah tomat

Olahan jus tomat yang dicampur dengan jus bayam juga bisa kamu coba. Padanan jus tersebut mampu menyehatkan hati dan ampuh mencegah sembelit atau buang air besar. Kandungan kalium pada jus tomat mampu mengatasi rasa lesu dan letih. Setelah berolahraga, untuk mendapatkan energi kembali kamu bisa mengonsumsi jus tomat.

Cara Membuat Jus Tomat

  • Jus Tomat (Proses Detoks)

Detoks atau detoksifikasi adalah proses pembuangan zat racun yang tertimbun di dalam tubuh. Jus tomat yang dicampurkan dengan pepaya dapat membantu proses detoks untuk membersihkan darah dan organ hati.

Bahan-bahan

  • 500gr tomat merah
  • 100gr pepaya matang

Langkah-langkah

  1. Kukus buah tomat selama 5-10 menit hingga kulit terkelupas.
  2. Masukkan tomat ke blender, tambahkan sedikit air putih. Haluskan lalu sarng dan sisihkan ampas jus.
  3. Campur jus tomat tanpa ampas denga pepaya. Blender kembali hingga halus. Berikutnya kamu bisa langsung menyantap jus tersebut.
  • Jus Tomat (Pencegah Kanker)

Likopen dalam tomat memiliki khasiat utama dalam menyembuhkan kanker. Jus tomat yang dicampur dengan buah jeruk akan memiliki manfaat antikanker yang bertambah hingga 10 kali lipat. Memanfaatkan olahan jus ini mampu menghambat pertumbuhan kanker lebih jauh.

Bahan-bahan

  • 300gr tomat
  • 200gr jeruk manis

Langkah-langkah

  1. Masukkan tomat ke blender dan tuang air sedikit. Saring jus dan pisahkan ampasnya.
  2. Peras buah jeruk. Ambil airnya lalu campurkan dengan jus tomat.
  3. Aduk hingga seluruhnya merata.
  • Jus Tomat (Pereda Reumatik & Asam Urat)

Manfaat mengonsumsi campuran jus buah ini adalah membantu pengeluaran kelebihan purin melalui urine. Kandungan jus tomat yang kaya mineral juga mendukung proses pengeluaran tersebut.

Bahan-bahan

  • 100gr melon
  • 75gr tomat
  • 1sdm sirup gula
  • 150ml air

Langkah-langkah

  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan buah tomat dan rebus hingga layu.
  2. Setelah itu angkat dan dinginkan.
  3. Campur tomat tadi beserta air rebusan dengan melon dan sirup gula.
  4. Haluskan menggunakan blender dan tuang ke gelas.
  5. Jus tomat siap disajikan.

Tomat kok di Wajah?

Selain berbagai penjelasan di atas, tomat juga berperan dalam dunia kecantikan. Cara memanfaatkan bisa dikonsumsi atau diaplikasian sebagai masker wajah. Itu karena tomat memiliki senyawa yang dapat menyehatkan kulit wajah. Mulai dari mencerahkan, mengetasi flek hitam, mengurangi jerawat, dan lain-lain.

masker tomat

Sama halnya dengan pembahasan jus sebelumnya. Untuk membuat masker tomat ini, juga kamu kombinasikan dengan berbagai bahan lainnya. Misalnya mencampurkan tomat dengan madu, jeruk nipis, minyak zaitun, dan lain-lain. Sebelum mengetahui cara membuat masker ketahui berbagai manfaat tomat sebagai masker wajah berikut yuk!

  • Mengelupaskan sel-sel kulit yang kusam

Manfaat pertama ini bisa kamu kombinasikan dengan susu, sehingga sel kulit baru akan mudah terganti dan dapat menyebabkan wajah menjadi cerah. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang dipadukan dengan antioksidan. Kandungan tersebut nantinya akan betindak sebagai pengelupas dan sekaligus membersihkan.

  • Melawan kulit yang berjerawat

Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga mampu mengatasi permasalah wajah yang berjerawat. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan cara menjadikan masker. Iris tomat dan tempelkan pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa menghaluskan tomat baru diaplikasikan ke wajah. Tunggu hingga 20-30 menit.

  • Mengurangi minyak pada wajah

Memiliki wajah yang berminyak memang sangat menyebalkan. Wajah yang berminyak dapat menyumbat pori-pori dan akan menyebabkan timbulnya komedo atau jerawat. Sari tomat dan parutan mentimun segar dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Kandungan timun dan tomat mampu menyingkap permasalahan tersebut. Selain itu, wajah akan terlihat lebih cerah dari penggunaan tomat.

  • Melembapkan kulit

Selain berminyak, memiliki wajah kering juga terasa tidak enak. Apalagi jika baru terpancar sinar matahari. Untuk mengembalikan kulit wajahmu menjadi lembap, gunakanlah masker tomat. Cairan alami dari tomat dapat menenangkan permukaan kulit wajah. Saat air tomat menyerap setelah dibilas, kulit terasa lebih lembap dan menyegarkan.

  • Mengecilkan pori-pori wajah

Untuk mengecilkan pori-pori terlebih dahulu kamu harus membersihkan wajah. Lalu aplikasikan air dari tomat ke wajah. Pijat-pijat dengan lembut dan menyeluruh. Biarkan air tomat tersebut masuk dan menyerap ke pori-pori wajah. Dengan melalukan perawatan yang rutin kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pori-pori akan mengerut lebih kecil dan meminimalisir datangnya komedo atau jerawat.

Cara Membuat Masker Tomat

Mengatasi wajah berjerawat

  1. Haluskan tomat menjadi bubur. Lalu aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  2. Diamkan selama satu jam. Lalu bilas dengan air hangat.
  3. Kamu juga bisa memanfaatkan potongan tomat menjadi dua bagian. Lalu letakkan pada wajah yang berjerawat hingga mengering.
  4. Bilas dengan air hangat kemudian disusul dengan air es.

Mengecilkan pori-pori wajah

  1. Mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan pada seluruh wajah.
  2. Diamkan beberapa menit atau semalaman.
  3. Bilas dengan air dingin atau air es agar pori-pori di wajah mengecil dan kulit menjadi kencang.

Menghilangkan komedo

  1. Haluskan tomat dan alpukat. Kedua buah tersebut sebagai kombinasi pembesih dan pelembap kulit.
  2. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20-30 menit.
  3. Bilas dengan air hangat.

Mencerahkan wajah

  1. Buat pasta dari tomat dan madu.
  2. Oleskan pada wajah dan leher. Tujuannya agar warna wajah tidak berbeda dengan leher.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas dengan air bersih.

Menyembuhkan kulit yang meradang

  1. Parut setengah tomat dan campurkan satu sendok makan yoghurt.
  2. Oleskan campuran tersebut ke bagian wajah dan leher. Kamu juga bisa mengaplikasikannya ke bagian tangan dan kaki.
  3. Diamkan selama 20 menit.
  4. Bilas menggunakan air bersih.

Sekarang sudah tahu kan kalau cantik itu tidak perlu mahal? Justru melakukan perawatan alamilah akan membuat kulit lebih sehat dan cantik natural. Berdasarkan pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa tomat memiliki kandungan atau senyawa baik yang dapat kita manfaatkan. Baik sebagai pengonsumsian atau diaplikasikan dengan masker.

membuat masker tomat

Percaya gak jika manfaat tomat tidak itu saja? Ayo buktikan sendiri dan bagi manfaatnya bersama teman atau kerabat terdekatmu. Tomat juga nikmat disantap bersama sajian sup hangat atau sebagai sayuran pendamping nasi goreng. Kalau kamu suka tomat diolah dengan cara apa?

 

 

(Zakiah)