Mesin Giling Bakso Bikin Proses Cetak Masak Jadi Lebih Cepat

Mesin Giling Bakso

Mesin giling bakso adalah istilah penyebutan untuk alat penghalus adonan daging. Namun, banyak juga yang menyebut mesin giling bakso sebagai alat pencetak pentol lho. Nah, perlu Anda ketahui mesin bakso sendiri terdiri dari mesin giling daging (meat grinder), mesin adonan (meat mixer), dan mesin cetak bakso.

harga mesin giling daging bekas

Ketiga mesin tersebut sangat dibutuhkan perannya untuk memberikan hasil cetak yang maksimal. Biasanya ketiga mesin itu menjadi incaran para pedagang bakso yang baru memulai peruntungannya. Mengapa demikian? Karena para pemula bisa memanfaatkan salah satu mesinnya.

Misalnya untuk mengawali menjual bakso Anda bisa memanfaatkan meat mixer saja untuk menghaluskan adonan. Selebihnya untuk mencetak bakso bisa menggunakan cara manual dengan mengandalkan tangan. Hitung-hitung bisa menghemat budget bukan? Namun, tidak jarang orang yang membutuhkan satu mesin dengan 3 fungsi sekaligus. Biasanya mesin ini banyak dicari pengusaha frozen food dan restoran bakso.

Apa Perbedaan Meat Grinder dan Meat Mixer?

Baik meat grinder maupun meat mixer sama-sama memiliki fungsi untuk menggiling daging. Meskipun demikian kedua mesin giling bakso ini memiliki kegunaan utama yang berbeda. Hal-hal apa saja yang membedakan dari kedua mesin giling bakso ini?

  • Hasil giling

Pada umumnya yang dimaksud dengan mesin giling daging adalah fungsi utama dari meat grinder. Meat grinder dapat mencetak ukuran daging lebih kecil. Sedangkan meat mixer merupakan mesin pencampur adonan daging. Tidak hanya menjadikan daging sebagai bahan utama, Anda bisa menambahkan tepung, bumbu dapur, es batu, dll.

  • Bahan olah yang digunakan

Selain mengolah daging, meat grinder bisa digunakan untuk menggiling kacang untuk bumbu pecel. Beberapa tipe meat grinder juga memiliki fungsi khusus untuk menggiling tulang ayam. Sedangkan meat mixer hanya mengandalkan bahan utama daging dengan campuran bahan bumbu lainnya.

  • Meat grinder atau meat mixer?

Nah, kalau ini tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki usaha frozen food atau bakso dalam skala besar sebenarnya memang lebih praktis langsung menggunakan meat mixer. Meat mixer mampu mengolah potongan daging ukuran kecil hingga sedang langsung dengan bahan bumbu dan es batu.

Namun, dengan menggunakan meat mixer Anda perlu memastikan potongan daging tidak terlalu besar yaah. Usahakan memiliki ukuran yang sama besar agar mudah tercampur rata. Untuk hasil yang maksimal dan memiliki ukuran daging sama di sinilah Anda bisa memanfaatkan peran dari meat grinder.

3. Ibu Chandra - Denpasar - Meat Mixer MMX-R22 - 14 September 2020

Duh pusing, jadi sebenarnya bagus menggunakan yang mana? Tentu saja menggunakan keduanya dong. Karena dengan menggunakan meat grinder terlebih dahulu Anda akan menghasilkan ukuran giling daging yang sama, sehingga saat proses masuk ke adonan akan mudah melumat dan tercampur rata.

Manfaat Mesin Giling Selain untuk Bakso

Kedua mesin daging ini memang sangat populer di kalangan usaha bakso. Namun, jangan khawatir tidak bisa digunakan untuk jenis adonan lain yah. Utamanya memang menggunakan daging, tapi tidak hanya untuk bakso kok. Berikut berbagai manfaat meat grinder dan meat mixer untuk jenis adonan lainnya.

  • Sebagai olahan frozen food

Manfaat pertama ada pada adonan frozen food. Meskipun tidak semua frozen food menggunakan daging sapi, mesin giling bakso ini sering dimanfaatkan untuk bisnis makanan beku. Baik dengan daging sapi maupun ayam keunggulan mesin giling ini tidak perlu diragukan lagi. Lakukanlah cara giling daging sapi dan ayam dengan meat grinder. Berikutnya campurkan daging dengan bumbu olah sesuai jenis frozen food yang Anda ingin buat.

  • Bahan utama cetak sosis

Nah, tidak jauh berbeda dengan frozen food sebelumnya mesin giling bakso ini juga bisa digunakan untuk mengolah sosis. Bahkan tidak jarang orang menggunakan olahan bakso sama dengan sosis. Untuk membuat adonan sosis yang bagus, Anda perlu mengadonnya dengan tambahan es batu.

Mesin Giling Daging Mini

Fungsi es batu sebagai bahan adon bakso dan sosis ternyata sangat berpengaruh penting. Sosis akan lebih kenyal dan lezat, serta adonan yang mudah dibentuk. Setelah adonan sosis tercampur rata, Anda bisa langsung masuk ke proses pencetakan sosis. Gunakanlah alat cetak sosis untuk memberikan hasil ukuran yang sama rata.

  • Adonan otak-otak

Makanan tradisional yang satu ini sampai sekarang banyak memiliki para peminat. Otak-otak memiliki dua cara memasaknya. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dibakar atau digoreng. Meskipun demikian keduanya hampir memiliki bahan adonan yang sama. Untuk memberikan hasil yang terbaik Anda bisa menggunakan meat mixer.

  • Sebagai adonan siomay dan bahan isi batagor

Berikutnya ada siomay dan batagor. Kedua jajanan dari Bandung ini selalu disandingkan bersama. Rasanya pun tidak jauh berbeda. Jika siomay dimasak dengan cara dikukus, batagor dengan cara digoreng. Sama seperti otak-otak, mesin giling bakso yang berperan pada jajanan ini adalah meat mixer. Anda akan lebih dimudahkan untuk mencampurkan adonan siomay dan isi batagor dengan meat mixer.

Cara Mengoperasikan Mesin Giling Bakso

Selain memiliki banyak manfaat untuk berbagai jenis makanan, mesin giling bakso memiliki cara pengoperasian yang mudah. Duh, mesin idaman banget kan? Sudah multifungsi, tidak menyulitkan Anda lagi. Yuk disimak cara pengoperasiannya agar Anda semakin andal dalam mengolah adonan.

3. Bapak Edi Wibowo - Cengkareng - Mesin Cetak Bakso MBM-300 - Meat Grinder MGD-12A - Meat Mixer MMX-R22 - 17 November 2020

Cara menggunakan meat grinder

  1. Pasang komponen-komponen mesin terlebih dahulu (pisau penggiling, moulding, dan wadah penampang.
  2. Siapkan daging dengan ukuran sedang (tidak terlalu besar), lalu letakkan di atas penampang.
  3. Nyalakan mesin dan masukkan daging perlahan ke arah pisau penggiling.
  4. Dorong-dorong daging menggunakan stik atau alat pendorong yang sudah disediakan mesin.
  5. Tampung daging yang keluar dari moulding dengan wadah seperti piring.
  6. Nonaktifkan reversible switch untuk menghentikan pengoperasian mesin.

Cara menggunakan meat mixer

  1. Pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang akan digiling.
  2. Masukkan daging terlebih dahulu ke mesin. Lalu susul dengan es batu dan bahan-bahan lainnya.
  3. Pastikan kabel mesin sudah terhubung dengan stop kontak. Lalu aktifkan power on.
  4. Proses giling daging mulai berlangsung. Anda bisa memperkirakan sendiri tingkat kehalusan adonan saat proses giling berjalan.
  5. Jika sudah sesuai, nonaktifkan mesin dengan menekan switch power off.
  6. Pindahkan adonan ke wadah lain, lalu langsung bersihkan mesin. Pastikan mesin selalu bersih setiap selesai digunakan.

Bagaimana? Sekarang sudah paham kan apa yang dimaksud dengan mesin giling bakso? Bagi Anda yang memiliki usaha bakso akan lebih lengkap jika menggunakan mesin cetaknya sekaligus. Untuk pembelian paket mesin bakso sendiri biasanya lebih murah lho. Jadi tentu saja dapat membantu produksi bakso Anda lebih cepat.

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp