Tips Trik Mendesain Kemasan Keripik Pisang Yang Menarik

Kemasan Keripik Pisang

Kemasan keripik pisang merupakan kemasan yang di desain khusus tampilannya untuk produk keripik pisang. Biasanya kemasan tersebut di desain semenarik mungkin sesuai isi bentuk keripik pisang yang ada di dalamnya. Agar konsumen tertarik untuk membeli dan mencobanya, menjadi ciri khas kemasan keripik pisang.

Desain Kemasan Keripik Singkong

Berbagai referensi desain kemasan keripik pisang, tapi belum bisa membuka ide para pebisnis untuk mendesain logonya. Keripik pisang belakangan ini selalu ditemui di pedagang pedagang cemilan dan tentunya pasti menyediakannya, karena mereka tahu kripik pisang selalu menjadi salah satu favourite pembeli. Banyak sekali saat kripik pisang tersebut bisa laris manis, contohnya saat lebaran, perayaan natal, rapat dan masih banyak lagi.

Kompetisi bisnis keripik pisang memang sangat kuat, beragam cara untuk menarik minat pembeli yaitu dari rasanya, harga, dan desain kemasan plastiknya. Ngomongin desain kemasan memang sangat perlu diperhatikan, karena umumnya pembeli akan melihat pertama kali dari kemasannya. Jika kemasan pada keripik pisang sangat menarik hati, mencolok maka kemungkinan besar produk anda akan dilihat dan berujung ke kantong keranjang.

Mendesain Kemasan Keripik Pisang

Sebelum mendesain kemasan keripik pisang, beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

  • Warna Cover Keseluruhan

Untuk warna kemasan yang direkomendasikan adalah warna cerah seperti kuning, putih, hijau dan seterusnya. Bila anda memegang konsep warna gelap maka sesuaikan juga pada warna tulisannya.

  • Gunakan Gambar Pisang Yang Menarik Bisa Kartun Ataupun Real

Gambar pisang usahakan lebih dominan besar daripada tulisannya. Anda juga bisa mendesain gambar pisang bergambar kartun ataupun real pisang dan hal yang terpenting adalah gambar lebih mencolok dari kejauhan, karena desain mencolok tersebut akan berpengaruh bila produk dagangan anda sudah berada di supermarket.

  • Ubah Warna Cover Bila Ada Varian Rasa Pisang

Point ini juga bisa menarik perhatian, semakin banyak varian maka semakin pula konsumen tertarik ingin mencobanya. Untuk memudahkan perbedaan antara varian satu dengan varian lain, anda bisa menggunakan warna desain contohnya warna cover coklat untuk varian rasa coklat, merah untuk varian rasa strawberry dan seterusnya.

  • Memiliki Font / Huruf Yang Besar Pada Nama Brand Keripiknya

Usahakan pemilihan font yang berjenis gemuk agar nantinya mudah dibaca saat di kejauhan dan memudahkan pembeli tahu bahwa produk yang anda jual bertuliskan keripik pisang. Hindari ukuran huruf yang kecil untuk nama produk dan merknya, penggunaan huruf kecil cukup di bagian bawah seperti nomor seri POM dan tulisan halal.

Tips Memilih Kemasan Makanan

  • Sesuaikan Material Kemasan Dengan Jenis Makanan Yang Anda Jual.

Sebelum memikirkan design, hal ini terlebih penting untuk dipertimbangkan karena apabila tidak sesuai bisa merusak makanan di dalamnya. Ada berbagai macam material yang dipilih, dari plastik, kertas, hingga aluminium foil.

  • Pilih Kemasan Yang Memiliki Food Grade.

Pastikan kemasan Anda terhindar dari zat-zat berbahaya dengan memastikan packaging Anda memiliki food grade. Food grade adalah standar untuk menguji kelayakan material yang digunakan untuk menambah kelengkapan makanan.

Anda tentunya tidak ingin membahayakan kesehatan pelanggan Anda, bukan?

  • Tentukan Fitur Yang Diperlukan Oleh Makanan Anda.

Kemasan memiliki 3 fitur yaitu vacuum, zipper, dan valve. Vacuum cocok untuk mengurangi udara yang masuk sehingga menambah daya tahan produk, zipper melindungi dari sinar matahari, dan valve membantu mengeluarkan udara dari kemasan.

  • Menggunakan Aluminium Foil.

Untuk Anda yang menjual makanan hangat, aluminium foil akan menjaga cita rasa makanan Anda dan menahan uap hangat agar tidak menguap lebih cepat.

  • Jika Bisa, Gunakan Material Yang Bisa di-recycle dan Digunakan Kembali.

Tidak ada salahnya ikut berkontribusi menjaga lingkungan dengan menggunakan kemasan yang bisa di daur ulang, bahkan digunakan kembali.

Pentingnya Desain Kemasan Makanan

  • Desain kemasan sebagai pembeda antar produk

Apabila packaging anda menarik maka akan meningkat juga penjualan produk anda selain itu juga sebagai pembeda produk antara produk anda dengan produk lain sejenis. Misalkan melalui sebuah survei, produk biskuit sebagian besar menggunakan satu warna sebagai warna kemasannya. Mengapa Anda tidak mencoba menggunakan beberapa warna sebagai pembeda produk Anda dengan produk lain?

cara membuat keripik

Dengan demikian produk Anda akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Warna hanyalah salah satu sarana pembeda dalam desain kemasan Anda dengan produk lain. Selain warna, Anda juga dapat memanfaatkan bentuknya, cara membuka kemasan makanannya, bahannya, dll.

  • Memberikan kesan tertentu pada produk Anda.

Anda dapat menyematkan kesan tertentu pada produk Anda melalui desain kemasan makanan unik Anda. Misalkan, Anda ingin memberikan kesan professional, Anda dapat menggunakan perpaduan warna biru dongker, putih, dan bahan kertas yang terkesan professional. Namun, Anda harus terlebih dulu melihat karakteristik target market Anda. Hindari memilih warna dan bahan hanya sesuai dengan selera Anda, tapi akhirnya ditolak oleh target market yang Anda tuju.

  • Sebagai nilai tambah pada produk Anda.

Desain kemasan makanan yang menarik akan memberi nilai tambah pada produk Anda. Nilai tambah dapat meningkatkan daya jual dan harga produk Anda. Sebagai contoh, saya pernah membeli sekotak besar cokelat saat saya pulang dari luar negeri. Kemasan makanan cokelat yang menarik, harga juga tidak murah, tetapi isinya sama saja dengan cokelat-cokelat lainnya yang dijual di supermarket biasa dengan harga lebih terjangkau. Mungkin satu kali Anda pernah memilih suatu produk melalui kemasannya? Coba ingat-ingat.

  • Sebagai pelindung produk Anda.

Desain packaging makanan yang baik juga berfungsi sebagai pelindung produk Anda. Bergantung apa jenis produk Anda tentunya membutuhkan perlindungan yang berbeda-beda. Desain kemasan makanan tentu berbeda dengan desain kemasan produk elektronik.

  • Sebagai brand image Anda

Desain box makanan juga berguna sebagai penjaga konsistensi brand image produk Anda. Anda ingin produk Anda dipersepsi apa? Tampilkanlah persepsi yang ingin Anda tampilkan melalui desain kemasan makanan Anda. Jangan sampai desain packaging makanan Anda malah bertentangan dengan brand image yang ingin Anda tampilkan.

Cara Pengemasan Keripik Pisang

Bagaimana langkah pengemasan untuk keripik pisang yang bagus dan kuat ?

Ada berbagai cara untuk melakukan pengemasan keripik pisang, diantaranya menggunakan mesin vacuum manual dan otomatis. Tapi hal ini tergantung dari ketebalan vacuum plastik yang digunakan, bila memiliki ketebalan 80 micron direkomendasikan sekali untuk menggunakan mesin pengemas otomatis, untuk menghindari kebocoran, kuat dan pengemasan yang rapi.

Ada beberapa yang harus dipertimbangkan bila anda memakai mesin vacuum sealer untuk plastik yaitu:

  • Tidak bisa menyesuaikan panasnya penyegelan tepat
  • Memakan waktu lama
  • Mesin manual hanya bisa mengerjakan kurang lebih 10 bungkus / permenitnya, sedangkan otomatis sudah bisa mencapai maksimal 100 bungkus / permenit.

Demikian pembahasannya tentang mendesain kemasan keripik pisang yang bagus dan menarik yang akan meningkatkan nilai jual keripik pisang. Juga memberikan ciri khas suatu produk selain manfaat kemasan sebagai pelindung suatu produk. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp