Jual Mesin Kopi Bekas dan Beberapa Tips Membelinya

Jual Mesin Kopi Bekas

Jual mesin kopi bekas kini anda tak perlu sausah payah mencarinya karena kini susah banyak toko online yang ada di internet untuk anda dapatkan informasinya. Walau anda masih bisa menggunakan cara lama bertanya sana sini.

jual mesi kopi bekas

Tempat yang menjual mesin kopi bekas kini mudah anda dapatkan karena ada di internet sisemua toko online. Pembuatan kopi tentunya membutuhkan mesin kopi khusus yang tidak semua orang memilikinya karena harganya sangat mahal. Banyak para wiraswasta kedai kopi yang memilih membeli mesin kopi bekas untuk sajian kopi espresso. Ketimbang membeli baru karena jelas harganya sangat mahal yang terpenting adalah mesin tersebut masih standart layak pakai.

Wiraswasta kedai kopi biasanya membeli mesin tersebut dari jasa penjual mesin kopi bekas karena harganya cukup terjangkau, tentunya dapat berhemat. Biaya modal yang masih ada tentunya bisa digunakan untuk biaya operasional lainya untuk kedai kopi. Bila anda ingin membeli mesin kopi bekas untuk berbisnis kopi ada beberapa tips untuk anda.

Tips Sebelum Membeli Mesin Kopi Bekas

  • Masih Layak pakai standart.
  • Membeli dari sumber yang terpercaya agar tidak salah beli mesin.
  • Membeli dari penjual mesin kopi bekas yang profesional.
  • Sebelum membeli mesin kopi bekas ada baiknya terlebih dahulu anda mencari informasi tentang standarisasi produk mesin kopi melalui internet.
  • Memilih agen penjual mesin kopi bekas secara bijak, tentu hasil yang di dapat tidak mengecewakan.

Daftar Harga Jual Mesin Kopi Bekas

Mesin Kopi BekasHarga
mesin kopi espresso bekas – vibiemme lollo volumetric 2Rp 37.000.000
terbaru mesin kopi espresso bekas – astoria plus 4 you touch screenRp 87.600.000
premium. mesin kopi espresso bekas astoria sabrina plus 4 you 2 groupRp 47.200.000
promo mesin kopi espresso bekas merek krups xp5280Rp 3.780.000
best seller mesin kopi espresso bekas merek krups xp5280Rp 3.780.000
special mesin kopi espresso bekas merek krups xp5280Rp 3.882.000
mesin grinder kopi espresso bekasRp 4.800.000
mesin kopi espresso bekas merek lelit pl41lemRp 6.000.000
mesin kopi espresso bekas merek sab 1grRp 18.000.000
mesin grinder kopi espresso bekas merek majerRp 8.500.000
mesin kopi espresso bekas delonghiRp 3.200.000
mesin kopi espresso bekas expobar brewtus iv vibration 1grRp 28.000.000
mesin kopi espresso promac bekasRp 24.000.000
mesin kopi espresso delinghi ec860bekas dgn grinderRp 5.000.000
mesin kopi espresso capuccino gino 2 gr bekasRp 20.000.000
mesin kopi espresso cappucino casadio italy seriRp 22.500.000

Tips Membeli Mesin Kopi Espresso

Harga Mesin Kopi Simonelli

  • Tipe Boiler Yang Sesuai Keperluan Anda

Masalah boiler ini penting karena menyangkut seberapa besar usaha kafe atau kedai kopi yang ingin kalian buka. Jika menginginkan kedai yang biasa-biasa saja dan tidak terlalu bersegmentasi kepada peminum kopi, ya, mesin dengan single boiler mungkin sudah cukup. Tapi kalau dari awal sudah berencana untuk fokus kepada bisnis kedai kopi yang lumayan besar (baca: menargetkan pelanggan yang cukup banyak), mesin dengan heat exchanger dan dual boiler adalah keharusan. Nah, jika bingung apa beda satu boiler, dual boiler dan heat exchanger ini, kami sudah pernah membahasnya di sini.

  • Ukurannya Perlu Disesuaikan

Ukuran juga menjadi masalah di sini. Mesin espresso dengan fitur 3 atau 4 grup tentu bakal kelihatan sangat keren dan sedap dipandang mata. Tapi harganya juga nggak kalah sedap. Mesin-mesin besar seperti ini umumnya diperlukan oleh kedai-kedai kopi yang sibuk dan pelanggannya sangat banyak setiap hari—atau, bisa dibilang, yang pelanggannya sampe ngantri dan baristanya sampe gempor melayani pembeli. Mesin-mesin espresso dengan 3 atau 4 grup ini memang bekerja lebih cepat dan praktis sehingga  bisa ‘mengatasi’ pelanggan dalam jumlah besar pula.

Sebaliknya, kalau memprediksikan kedai kopi yang akan kalian buka tidak terlalu ramai, atau paling tidak hanya menghabiskan kurang dari 40 kg kopi setiap minggu, maka mesin dengan 2 grup sudah dirasa cukup.

  • Perhatikan Fungsi Stabilitas Temperaturnya

Secara umum, mesin-mesin multi boiler memang berfungsi sama. Namun perlu dicermati bahwa kemampuan setiap mesin untuk melakukan proses brewing dalam suhu yang konsisten… berbeda-beda satu sama lain. Kebanyakan mesin-mesin multi boiler modern sekarang memang sudah dilengkapi dengan fitur pengendali PID (proportional-integral-derivative), tapi ada juga yang masih menggunakan sistem thermostats. Penjelasan sederhananya, fitur PID ini berfungsi untuk mengatur suhu air dalam boiler, namun dengan tingkat presisi yang lebih unggul dibandingkan fitur thermostats tradisional.

Nah stabilitas temperatur ini penting jika kita ingin menjaga kualitas dari espresso atau minuman-minuman espresso-based yang dihasilkan. Karenanya, mencari tahu dan memperhatikan setiap detail dari mesin espresso yang akan dibeli adalah penting.

  • Group-head

Tak bisa dipungkiri, group-head yang diciptakan dengan desain “seadanya” (kalau istilah berdesain jelek dianggap terlalu frontal, lol) bisa berpotensi mengacaukan suhu setelah proses brewing selesai. Bisa juga, group-head menjadi terlalu panas sehingga “merusak” bubuk kopi yang akan di-brew. Nah selama ini, group-head berdesain E61 yang bisa membuat sirkulasi air panas tetap konstan – mulai dari pipa sampai grouphead dan kembali lagi ke bagian heat exchanger – dianggap sebagai pilihan yang terbaik.

Namun belakangan ini muncul desain baru yaitu saturated group-head (dan variasinya) yang bisa memberi keuntungan yang jauh lebih banyak selain mengatur stabilitas suhu. Tipe group-head seperti ini umumnya dihubungkan dengan brew boiler sehingga bisa mengalirkan air yang telah dipanaskan dari bagian open neck sampai ke bagian group. Jadi bisa dibilang, group-head yang merupakan salah satu bagian esensial dalam mesin espresso ini pun termasuk faktor penting untuk diperhatikan juga.

  • Perhatikan Tampilan dan Desainnya

Desain dan tampilan mesin espresso, bisa dibilang, adalah sentuhan terakhir yang membungkus daya tarik mesin espresso secara keseluruhan. Sekaligus pemikat pertama untuk menarik perhatian pengunjung yang datang ke kedai kopi. Coba saja misalnya kalian masuk ke kedai kopi yang memiliki Speedster di dalamnya, masa nggak merasa wow sedikit pun? Kalau saya sih, udah saya foto-foto. Tampilan mesin espresso ini ibaratnya estetika dan setidaknya yang akan turut mem-branding kedai kopi itu nantinya.

To conclude, kelima hal ini sebenarnya hanya beberapa diantara sekian banyak lagi faktor yang mesti dipertimbangkan sebelum memutuskan akan membeli mesin espresso yang mana. Sebaiknya sih, riset dulu sebanyak-banyaknya tentang macam-macam mesin espresso, cari tahu dan baca setiap detailnya sebelum membeli.

Tips Memilih Mesin Pembuat Kopi

Berikut beberapa tips dalam memilih mesin pembuat kopi.

  • Tentukan Tujuan Membeli Mesin Pembuat Kopi

Sebelum tergiur untuk membeli mesin pembuat kopi, pertama anda harus menentukan tujuan membeli mesin pembuat kopi. Apakah anda membelinya untuk di rumah, di kafe, atau untuk hadiah. Dari sana anda dapat menilai mesin pembuat kopi yang cocok. Jika anda membelinya untuk modal peralatan di kafe anda, maka anda dapat memilih yang berkualitas di atas rata-rata untuk menghasilkan citarasa kopi terbaik.

Hal ini penting untuk menarik pengunjung datang ke kafe anda. Namun jika anda membelinya untuk diri sendiri, maka anda dapat memilih mesin pembuat kopi sederhana, efisien, serta perawatan yang mudah. Mesin pembuat kopi seperti ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai tipe kepribadian simple dan ingin proses penyeduhan kopi yang cepat.

  • Tentukan Budget Yang Pasti

Setelah anda menemukan tujuan dalam membeli mesin pembuat kopi, inilah saatnya anda menentukan budget. Anda tak perlu memilih dan membeli mesin pembuat kopi dengan harga di atas 10 juta jika hanya untuk dipakai di rumah.

Pilihlah mesin pembuat kopi yang sederhana untuk menghindari pemborosan budget. Mesin kopi yang bagus tidak selalu harus mahal. Mesin hanyalah perangkat pendukung. Yang menentukan sebagian besar adalah kualitas biji kopi.

  • Pilih Jenis Mesin Pembuat Kopi Berdasarkan Fitur dan Keunggulan

Ini bukan hal yang mudah. Terdapat berbagai jenis dan fungsi masing-masing dari mesin pembuat kopi. Pilih juga yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan anda. Jangan tergoda dengan segala jenis promosi dan iklan yang pada akhirnya akan membuat kantong anda jebol.

rekomendasi mesin kopi untuk cafe

Ada beberapa jenis mesin kopi yang perlu anda ketahui, yaitu:

  • Mesin Kopi Espresso

Bagi anda pencinta kopi pekat dan kafein yang tinggi, mesin kopi espresso ini cocok untuk anda. Mesin kopi ini tetap menjadi favorite karena mempunyai banyak kelebihan. Mesin ini dirancang mampu menangani semua jenis kopi. Ada berbagai jenis tipe sesuai kebutuhan seperti:

Super automatic (Menggiling biji kopi, memadatkan, dan memanaskan kopi). Automatic (Disebut sebagai Mesin pod coffee, dengan ciri khas memerlukan penggunaan kapsul untuk membuat kopi. Fungsinya cukup praktis dan desainnya modern).

Semi Automatic (Memungkinkan penggunanya untuk menakar kopi. Fiturnya ada banyak, termasuk di antaranya boiler, portafilter, dan lever untuk menghasilkan ekstraksi).

Mesin Manual (Memungkinkan penggunanya memegang kendali penuh untuk membuat kopi. Penggunanya harus menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan).

  • French Coffee Press

Mesin pembuat kopi yang satu ini merupakan jenis mesin tertua karena sudah ditemukan sejak tahun 1800. Mesin ini banyak dipilih oleh pembuat kopi pemula karena desainnya yang sederhana serta sistem pengoperasiannya yang tergolong mudah.

Meskipun begitu French coffee press terkenal memiliki beragam keunggulan, yakni tidak membutuhkan listrik. Selain itu yang anda butuhkan ketika membuat kopi menggunakan mesin ini adalah air mendidih dan kopi bubuk.Hasil kopinya sudah cukup harum dan nikmat.

  • Drip Coffee Maker

Jika anda ingin mesin pembuat kopi yang sederhana dan mudah digunakan, maka drip coffee maker dapat dijadikan pilihan. Tekhnik penggunaannya mudah, serta pemeliharaannya cukup murah.

Banyak keunggulan yang akan anda dapatkan jika anda membeli drip coffee maker yaitu: Penggunaan otomatis karena sudah di-setting, tingkat kepekatan kopi dapat disesuaikan dengan selera anda, dan sudah dilengkapi dengan penggiling kopi terpisah.

  • Single Cup Coffee Maker

Apakah anda adalah tipe orang yang sering terburu-buru di pagi hari namun masih ingin menyesap kopi di tengah keterbatasan waktu anda?Single cup coffee maker adalah perangkat yang tepat untuk menyeduh satu gelas kopi anda. Banyak keunggulan yang didapat yakni mudah digunakan dan prosesnya cepat.

Kemudian mesin juga tidak perlu dibersihkan, anda dapat mengatur jumlah air, bahkan menyaring air untuk kopi anda. Mesin pembuat kopi yang satu ini cocok berada di dapur rumah atau di kantor anda.Selain itu masih banyak jenis-jenis mesin pembuat kopi dengan fitur andalan masing-masing. Semuanya ada di tangan anda untuk memilih mesin pembuat kopi yang sesuai.

  • Tentukan Merk dan Daya Tahan Mesin

Dalam memilih mesin pembuat kopi tak ada salahnya untuk mempertimbangkan merk. Tak dapat dipungkiri bahwa merk sebuah produk akan menentukan kualitas. Merk yang terpercaya tentunya akan membuat anda yakin akan kualitas produk tersebut.

Harganya mungkin sedikit lebih mahal. Namun hal tersebut masih lebih baik jika dibandingkan dengan anda membeli mesin tanpa merk yang tidak jelas kualitasnya.Jika mesin tersebut cepat rusak, anda terpaksa harus membelinya lagi sehingga dana yang anda keluarkan akan lebih banyak.

jenis mesin kopi espresso terbaik

Kemudian anda harus memastikan mengenai daya tahan mesin pembuat kopi tersebut. Baca juga buku panduan sehingga tidak salah dalam pengoperasian yang menyebabkan mesin cepat rusak.Jika sudah rusak, pastikan bahwa onderdil atau sparepart-nya mudah didapat.

  • Perhatikan Kapasitas Penyeduhan Kopi

Perhatikan juga kapasitas penyeduhan kopi yang mampu diproses oleh mesin pembuat kopi yang anda pilih. Apakah satu gelas, sepuluh gelas atau bahkan dua belas gelas? Jika untuk coffee shop, memilih mesin yang memiliki kapasitas penyeduhan kopi dalam jumlah besar tentunya adalah sebuah kewajiban. Salah satunya adalah untuk menghemat waktu sehingga konsumen anda tidak menunggu terlalu lama.

Hal yang sama berlaku jika anda selalu menyeduh kopi untuk keluarga besar anda setiap pagi. Tetapi jika anda hanya ingin menyeduh kopi untuk diri anda sendiri, tidak perlu membuang-buang uang membeli mesin pembuat kopi yang berkapasitas besar. Cukup pilih kapasitas penyeduh kopi sekitar satu atau dua gelas.

Chat via WhatsApp