Griddle Pan Cocok Untuk Usaha Sekaligus Kebutuhan Rumah Tangga

Griddle Pan

Griddle Pan alat untuk meng-grill bahan makanan skala rumah tangga, griddle pan adalah pan datar anti lengket yang berbentuk persegi. Dapat digunakan untuk menumis atau memanggang. Griddle pan memang banyak digunakan ibu rumah tangga untuk memanggang atau menumis bahan makanan.

banner subcat gas griddle

Sedangkan untuk dapur profesional, biasanya menggunakan mesin griddle yang sumber panasnya dari gas. Alat tersebut banyak digunakan di hotel dan restoran untuk membuat aneka masakan, mulai dari menumis sosis, pancake, hingga menumis teriyaki.

Proses mengolah makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, sate, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan tersebut di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.

Ada perbedaan besar antara memanggang dan membakar makanan. Chargrilling meningkatkan rasa bahan dengan mengaramelkan gula dan memberikan rasa berasap pada setiap gigitan. Ketika makanan dibakar, gula-gula ini berkarbonisasi dan rasanya menjadi sangat pahit. Tidak ada yang mau makan arang. Menemukan keseimbangan ajaib antara kedua kondisi ini menciptakan kompleksitas rasa yang luar biasa. Ini semua tentang cara chargrilled itu, jadi mendapatkan wajan-wajan yang tepat adalah penting. 

Griddle pan yang ada dipasaran biasanya sudah teruji terbaik mulai dari harga, ukuran, dan spesifikasi dan Anda hanya perlu menemukan yang tepat untuk kebutuhan dapur Anda. Bila anda ingin mencobanya anda bisa menggunakan bahan makanan seperti, potongan-potongan tebal ayam dalam saus yoghurt tikka, halloumi yang diiris tebal, dan potongan terong. Sebelum memanggang bahan makanan anda perlu mengolesi bahan makanan Anda dengan sedikit minyak, hanya untuk menghilangkan risiko lengket, namun sebagian biasanya digoreng kering untuk melihat seberapa baik setiap wajan bernasib dalam uji non-stick

Keunggulan Griddle Pans

Bagian utama dari sebuah griddle pans yang umumnya terbuat dari bahan anti lengket, walaupun kebanyakan griddle pans terbuat dari plat besi. Kelebihannya: terbuat dari aluminium melalui proses anodize sehingga pemanasan pada permukaan tersebar dengan rata, terbuat dari beberapa lapisan anti lengket, dapat dibersihkan dengan dishwasher maupun dikombinasikan dengan oven, serta mudah digunakan untuk memasak berbagai masakan. Kekurangannya hanya satu yakni jika terjadi pemanasan yang berlebihan akan menyebabkan bahan metal melengkung dan menjadi tidak rata saat digunakan lagi.

Gas griddle GRD SERIES

Tips Memilih Griddle Pans

  • Pilihlah wajan dengan garis-garis cembung yang menonjol cukup tinggi. Secara umum, wajan pemanggang bergaris tinggi adalah pilihan yang lebih baik daripada wajan bergaris landai. Semakin menonjol garis-garisnya, semakin bagus pula garis gosongnya nanti. Selain itu, semakin besar garisnya, makanan Anda akan tampak semakin mirip dengan hasil pemanggang barbeku. Carilah wajan pemanggang yang tinggi garisnya lebih dari 0,5 cm.
  • Pilihlah wajan besi cor. Wajan dari besi cor cenderung menahan lebih banyak panas daripada wajan dengan permukaan antilengket. Wajan dari besi cor juga cenderung lebih menyerupai pemanggang barbeku daripada wajan antilengket. Selain itu, wajan dari besi cor akan memanggang makanan dengan lebih baik.
  1. Walaupun lebih mudah dibersihkan, wajan wajan antilengket tidak bisa memasak makanan dengan cara yang sama seperti wajan besi cor.
  2. Jangan gunakan wajan besi cor kalau dudukan kompor Anda terbuat dari bahan keramik.
  • Pilihlah wajan pemanggang berbentuk segi empat. Anda juga bisa menggunakan wajan yang bulat, tetapi wajan bulat memiliki permukaan yang lebih sempit daripada wajan segi empat. Dengan wajan segi empat, Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk memasak daging dan sayuran favorit.
  • Carilah wajan dengan garis-garis yang tegas kalau Anda ingin hasil panggangan yang bagus. Beberapa wajan pemanggang dijual beserta alat penekan dengan garis-garis serupa. Alat penekan ini bisa Anda gunakan untuk menekan makanan dan memberikan garis-garis gosong khas pemanggang barbeku. Makanan memang masih akan mendapatkan garis gosong meskipun tanpa alat penekan, tetapi hasilnya mungkin tidak akan sejelas dan serata garis dari alat penekan. 
  • Belilah wajan berpenutup kalau Anda ingin makanannya memiliki rasa seperti barbeque. Saat memasak dengan pemanggang barbeku, biasanya pemanggang akan ditutup untuk mempertahankan panas, asap, dan aroma makanan. Menutup wajan pemanggang akan menciptakan efek serupa. 

Tips Membersihkan Griddle Pan Tanpa Merusaknya

Cara yang dapat digunakan untuk membersihkan grill pan tidaklah sulit dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Sebelumnya, cara untuk membersihkan bagian permukaan grill pan berbeda dengan bagian luar grill pan. Cukup cuci bagian luar grill pan menggunakan sabun dan air dingin seperti mencuci alat memasak lainya. Namun, berbeda dengan bagian permukaan grill pan yang memiliki bahan anti lengket dan mudah tergores. Untuk itu, berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk membersihkan permukaan grill pan agar tetap awet.

  • Jangan Biarkan Grill Pan Dalam Keadaan Kotor Terlalu Lama

Minyak akan mudah menempel kemudian mengendap pada permukaan grill pan. Jadi, setelah pemakaian grill pan, usahakan langsung mencucinya. Jangan biarkan grill pan dalam keadaan kotor terlalu lama. Jika minyak sudah mengendap maka akan susah untuk menghilangkanya.

  • Bersihkan Terlebih Dahulu Menggunakan Lap Bersih

Setelah dipakai, diamkan grill pan beberapa saat namun jangan terlalu dingin. Hal tersebut dikarenakan udara dingin akan lebih cepat meresap kotoran yang melekat pada permukaan grill pan. Sebelum dicuci menggunakan air, gunakan lap bersih untuk mengurangi minyak berlebih dan membuat grill pan mudah dibersihkan.

  • Cuci Menggunakan Air Garam

Campurkan sedikit garam dan air kemudian tuangkan ke dalam pan grill hingga seluruh bagian grill pan terendam. Biarkan beberapa saat. Air garam dapat membantu menghilangkan minyak serta bau dari sisa makanan yang dipanggang.

  • Gosok Menggunakan Spons Dan Air Sabun Hangat

Campurkan air hangat dengan sabun. Kemudian, gosok permukaan grill pan menggunakan spons yang telah dicelupkan kedalam air sabun hangat.

  • Gunakan Sikat Untuk Membersihkan Sisa Yang Menempel

Untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada pan girl, kita dapat menggunakan sikat yang kaku. Namun, jangan terlalu keras saat menyikat permukaannya sebab bisa menggores dan merusak lapisan anti lengket pada grill pan tersebut.

  • Gunakan Kompor Untuk Membatu Proses Pengeringan

Setelah grill pan dicuci, segera keringkan dengan lap bersih. Kemudian taruh grill pan yang sudah dikeringkan ke atas kompor. Panaskan grill pan menggunakan api dari kompor selama lima menit kemudian matikan. Hal tersebut dilakukan agar grill pan lebih cepat kering.

  • Simpan Di Tempat Yang Benar

Grill pan tersebut terbuat dari bahan cast iron atau besi cor dan anti lengket pada permukaanya. Wajan dan panci seperti ini biasa di simpan pada cabinet dapur dengan cara ditumpuk. Dengan ditumpuk, material cast iron dan anti lengket pada grill pan cenderung lebih mudah tergores dan rusak. Jadi sebaiknya grill pan disimpan dengan cara digantung.

Ibu Rima - Bandung - Meat Grinder - Deep Fryer - Grill

Demikian pembahasannya tentang griddle pan/ alat panggang yang digunakan ibu rumah tangga sebagai metode memanggang menggunakan plat griddle pans. Agar lebih efektif dalam memanggang bahan makanan dan lebih sehat tentunya hasil panggangannya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andagrill

Chat via WhatsApp