Freon Mesin Es Krim Anda Sering Bermasalah? Ini Dia Penyebabnya

Masalah Freon Mesin Es Krim

Freon mesin es krim adalah satu dari beberapa senyawa alifatik sederhana yang dihasilkan dari kompresor mesin es krim. Freon memiliki titik didih, tegangan, dan viskositas yang rendah sehingga sangat berguna sebagai bahan pendingin. Sehingga pada zaman modern ini Freon memiliki fungsi untuk membekukan adonan es krim, sehingga es krim bisa cepat jadi dan siap dikonsumsi.

freon mesin es krim

Sekilas Tentang Freon

  • Freon adalah gas yang banyak digunakan untuk pendingin, misalnya dalam piloks (cat dalam botol) kalau kita pegang akan terasa dingin karena ada freonnya,
  • Freon juga dipakai dalam kulkas untuk pendingin, agar suhu dalam ruangan kulkas bisa serendah mungkin.
  • Freon dipakai dalam mesin pendingin (Air Cnditioner = AC)
  • Freon dipakai dalan hairspray (pewangi rambut)
  • Freon dipakai dalam obat nyamuk kalengan yang bisa disemprotkan
  • Kalau rumus kimianya CFC (Chlor Fuoro Carbon ), yaitu senyawa yang mengadung atom Cl yang sangat berbahaya jika terlepas diudara
  • Apabila piloks dipakai otomatis freon terlepas keudara, apabila ac atau kulkas diapakai dan freon bocor, maka freon terlepas diudara
  • Jika freon terlalu banyak terlepas diudara maka akan menuju keangkasa dan bereaksi dengan ozon (rumus kimianya O3) karena atom Cl tadi yang menyebabkan bereaksi dengan ozon, sehingga ozon yang mestinya untuk menghalangi panas matahari akan berkurang sehingga panas matahari masuk kebumi terlalu banyak.
  • Sebenarnya ozon selalu terbentuk sewaktu terjadi halilintar (bledek dalam bahasa jawa) sehingga secara alami ozon akan terbentuk lagi, hanya karena perusakan ozon oleh CFC semakin lama semakin hebat maka pembentukan ozon oleh halilintar tidak bisa mengimbangi penggunaan freon oleh manusia.

Komponen Mesin Es Krim

Sebelum Anda membeli mesin es krim ada baiknya Anda mengetahui komponen-komponen yang ada pada mesin es krim. Sebagai bahan pengetahuan jika kelak mesin es krim yang Anda beli mengalami kemacetan atau kerusakan.

  • Kompresor Mesin Es Krim

Komponen utama dalam mesin es krim adalah kompresor mesin es krim yang memiliki fungsi untuk menciptakan freon untuk membekukan adonan es krim. Selain itu kompresor mesin es krim juga berfungsi untuk mengaduk adonan es krim. Jika ingin membeli mesin es krim pastikan kompresor yang berkualitas tinggi untuk menjaga mutu es krim. Untuk menghindari kompresor dari kerusakan pastikan listrik terpasok dengan baik.

  • Kondesor Mesin Es Krim

Kondesor mesin es krim ini memiliki peran untuk mengubah refrigant ke dalam bentuk cair atau proses kondesor. Biasanya mesin es krim menggunakan kondesor yang memakai aliran udara sebagai medianya. Komponen mesin es krim ini sebelum Anda membelinya Anda harus memperhatikan betul agar tidak menghambat pembuatan es krim Anda.

  • Cup Adonan

Cup adonan atau adonan berfungsi sebagai wadah adonan es krim. Biasanya letaknya di bawah mesin es krim dan memiliki lubang yang bisa mengalirkan adonan es krim ke dalam ruang pendingin.

  • Expansion Valve

Expansion Valve merupakan komponen kedua terpenting setelah kompresor. Karena komponen ini untuk mengubah tekanan pada refrigrat pada proses evaporasi. Namun bila expansion tiba-tiba mampet atau rusak akan menghambat proses evaporasi di dalam ruang pendingin. Sehingga kualitas es krim tidak membeku sempurna.

  • Slinder atau cooling room

Komponen ini terdiri dari cairan yang sifatnya menyerupai es batu dan garam beku. Melalui proses ini cairan tersebut bisa menciptakan temperatur yang dingin di dalam slinder yang berisi adonan es krim. Jika proses pembekuan adonan tersebut maksimal aka akan mendapati butiran es krim pada mesin es krim.

  • Valve

Valve disebut juga dengan keran, sebuah komponen untuk mengalirkan adonan yang sudah menjadi es krim. Sistem pada valve sendiri ada dua yakni sistem elektrik dan sistem mekanik. Biasanya pada sistem mekanik akan menggunakan kaki untuk menggerakkan handle di bagian bawah sistem tersebut.

kran sanitizer mesin es krim

Karakter Mesin Soft Ice Cream & Troubleshooting

Pada umumnya mesin soft ice cream dapat bekerja secara otomatis, Anda cukup menuangkan susu softmix, kemudian tekan tombol start, tunggu 15 menit dan es krim sudah siap dipasarkan. Bila mesin mengalami masalah coba pehatikan beberapa point berikut :

  • Tegangan listrik yang tidak stabil

Tegangan yang dibutuhkan oleh kompressor pada umumnya adalah 220 volt. Bila tegangan yang dihasilkan dibawah/diatas 220volt,maka dalam jangka panjang akan kurang baik.Seringkali yang jadi “korban” adalah kompressor nya.Seperti terbakar lilitan dinamo nya atau pun kompresi nya yang menjadi turun.

  • Frekuensi Listrik

adakala nya tegangan yang dihasilkan adalah 220volt,namun frekuensi nya tidak stabil. Frekuensi yang ideal adalah 50hz. Ini sama saja seperti air yang keluar dari keran dengan cara menetes,tidak mengalir. Solusi untuk kedua point diatas adalah : Stabilizer 5000volt. Penggunaan alat ini membantu anda untuk memperoleh kualitas listrik yang lebih baik dan aman untuk mesin Anda. Namun beberapa mesin dilengkapi dengan sistem sensor, jadi begitu tegangan drop maka mesin akan behenti secara otomatis dengan memberikan kode tertentu.

  • Es Krim tidak beku atau cair

Hal yang pertama harus dilakukan adalah segera cek (pegang) pipa freon. Bila pipa freon terasa hangat,itu artinya tidak ada freon yang dipompa kedalam tabung pendingin. Hal yang paling sering terjadi adalah kebocoran di pipa freon. Ini sering terjadi pada penjual es krim dengan sistem keliling. Karena mesin dalam keadaan berjalan (diatas mobil/motor roda tiga),getaran2 seringkali membuat kebocoran.

mesin es krim di mobil

Demikian pembahasannya tentang Freon mesin es krim yang bermanfaat dalam proses pembuatan es krim. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Customer Service