Gilingan Daging Unik dengan Material Plastik

Material PlastikGilingan daging adalah salah satu alat yang mempermudah Anda dalam mengolah makanan. Tepatnya, makanan yang bercampur dengan bahan daging. Tujuan menggiling daging sendiri, untuk memberikan bentuk lebih halus atau lebih kecil agar daging mudah dihancurkan dan dijadikan adonan sesuai bahan makanan yang Anda inginkan.

mesin giling daging new

Selain dijadikan bahan adonan, hasil gilingan daging juga dapat Anda jadikan langsung sebagai bahan utama menu makanan. Penggunaan gilingan daging sendiri dapat Anda gunakan secara otomatis dan manual. Itu semua tergantung dengan kebutuhan Anda dan tentunya tidak mengurangi kualitas hasil dari gilingan daging.

Penggunaan gilingan daging ini biasanya dimanfaatkan oleh produsen bakso atau rumah makan besar. Untuk mengolah bakso, daging merupakan bahan utama dalam adonan. Adonan tersebut harus dihaluskan sebelum dijadikan bentuk bulat bakso pada umumnya. Nah, untuk mendapatkan adonan yang halus tentu akan sangat menyulitkan jika daging hanya dipotong asal dan kemudian dicampurkan adonan lainnya.

Potongan tersebut akan lebih lama untuk dihaluskan. Oleh karena itu, produsen bakso memprioritaskan gilingan daging agar tidak menghambat proses kerja adonan. Bentuk dan ukuran daging yang digiling akan mempercepat penyatuan daging pada adonan. Adonan pun akan lebih halus dan dapat segera dimasukkan ke proses cetak bakso.

Gilingan daging manual dan otomatis dapat Anda temukan di berbagai toko mesin makanan terpercaya. Hal yang membedakan dari kedua jenis tersebut adalah saat proses kerjanya saja. Gilingan daging otomatis akan segera memproses giling saat daging dimasukkan ke corong mesin. Sedangkan gilingan daging manual, setelah daging dimasukkan ke corong, Anda perlu memutar handel untuk mengeluarkan hasil daging yang digiling.

 

Kedua jenis mesin tersebut memiliki material bahan stainless steel sehingga Anda dengan mudah untuk selalu membersihkan mesin setelah penggunaan. Setelah itu, mesin ini mudah dilepas dan dirakit kembali agar saat proses pembersihan lebih mudah. Tidak hanya berbahan stainless steel, ternyata gilingan daging juga memiliki bahan plastik lho.

 

Salah satu produsen yang berani mengeluarkan gilingan daging murah dengan bahan plastik adalah Tupperware. Tupperware merupakan merek yang terkenal untuk peralatan rumah tanggan yang terbuat dari plastik. Mungkin sebagian Anda lebih tahu Tupperware hanya menjajakan botol minum dan tempat makan. Namun, baru-baru ini Tupperware meluncurkan produk barunya, yaitu gilingan daging dengan nama Fusion Master Mincer.

gilingan daging material plastik

Hampir seluruh bagian gilingan daging tersebut dilapisi oleh bahan plastik khas Tupperware. Namun, ada bagian tertentu juga yang masih menggunakan logam, yaitu bagian grid saat daging keluar dan bagian corong saat untuk memasukkan daging. Penggunaan logam tersebut bertujuan untuk mempermudah keluarnya daging yang digiling.

Tidak hanya itu, meskipun terlapis material plastik, mata pisau yang digunakan bukan berasal dari bahan plastik yang memiliki ketajaman yang cukup baik untuk menggiling daging. Desain menarik Tupperware ini seakan mampu menarik perhatian ibu rumah tangga untuk memanfaatkannya. Selain daging, mesin ini juga dapat menggiling olahan sayuran dan sosis.

Jika Anda ingin membuat sosis, ubah corong gilingan daging dan siapkan plastik sosis. Posisikan plastik sosis di depan corong keluarnya daging sambil memutar handel. Nah, gilingan daging dari Tupperware ini merupakan jenis manual. Jadi untuk mengoperasikannya, Anda perlu memutar handel.

Gilingan daging manual yang berasal dari material plastik ini memang sangat unik. Namun, akan sedikit menyulitkan Anda jika terjadi kerusakan atau patahan pada salah satu komponen mesin. Sedangkan jika penggunaan yang berbahan dasar stainless steel, komponen mesin biasanya mudah ditemukan di toko penjualan spare part terdekat. Namun, apa pun jenis mesinnya, melakukan perawatan secara rutin akan selalu menjaga kualitas mesin agar tetap prima.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 5 =