Mesin Pembuat Bakso

Mesin pembuat bakso otomatis merupakan motor penggerak yang dapat digunakan dalam serangkaian pengolahan bakso. Mesin bakso memiliki berbagai jenis dan fungsi berbeda pada setiap pengolahannya. Bagi Anda yang memprioritaskan pengolahan bakso dengan waktu cepat dan hemat tenaga dapat menggunakan mesin ini.

MESIN BAKSO
MESIN PENCETAK BAKSO OTOMATIS

Mesin ini biasa digunakan para produsen bakso besar yang namanya cukup populer. Demi mempertahankan popularitas bakso, produsen selalu konsisten untuk menempuh dengan cara-cara profesional, yaitu menggunakan mesin pembuat bakso. Mengapa penggunaan mesin disebut profesional?

Secara tidak langsung, selain rasa yang lezat, cara pengolahan bakso juga harus diperhatikan. Jika rasa lezat, namun proses pengolahan tidak higienis tentu akan merugikan konsumen. Meskipun dalam hal ini seringkali konsumen tidak mengetahui proses pengolahan bakso. Sewaktu-waktu konsumen bisa menanyakan bagaimana cara pengolahan bakso tersebut dan mengapa rasanya begitu lezat?

Banyak para produsen bakso yang mengedepankan rasa tanpa memperhatikan kehigienisan dalam mengolah bakso. Hal tersebut dapat berdampak fatal baik pada kesehatan konsumen maupun pada produsen yang terancam gulung tikar. Demi meminimalisir hal-hal tersebut penggunaan mesin pembuat bakso inilah yang bisa membantu Anda.

Menggunakan mesin pembuat bakso akan membantu Anda dalam memproses daging bakso lebih higienis tanpa campur tangan manusia. Selain itu, tampilan bakso juga akan dibuat sama atau presisi dengan yang lainnya. Ternyata terkadang tampilan pun memengaruhi lho. Sebelum menyantap, sebagian dari konsumen terkadang memiliki penilaian sendiri terhadap tampilan bakso.

Jenis-jenis Mesin Pembuat Bakso

            Jenis-jenis mesin pembuat bakso ini diurutkan berdasarkan proses awal. Mulai dari penggilingan atau pelumatan daging, pembuatan adonan, dan pembentukan bakso. Berikut mesin-mesin pembuat bakkso yang digunakan sesuai tahapannya:

Mesin Giling

Proses pelumatan daging sebenarnya bisa tanpa digiling. Namun, tekstur bakso nantinya akan terlihat lebih kasar. Oleh karena itu, daging terlebih dahulu digiling untuk menghasilkan potongan-potongan yang lebih kecil. Potongan daging dengan ukuran kecil tersebut akan memudahkan dalam proses pelumatan.

Anda dapat menggunakan meat grinder atau mesin giling. Setelah menghasilkan gilingan daging, Berikutnya, Anda dapat mencampurkan dengan bahan-bahan lainnya untuk proses pelumatan. Meat grinder sendiri memiliki berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan kapasitas daging yang ditampung. Bagi pemula, bisa menggunakan household meat grinder atau Taiwan meat grinder.

Meat Mixer

Setelah daging digiling, proses pelumatan dengan tambahan lainnya menggunakan mesin meat mixer. Mesin ini dapat mengaduk adonan bakso sampai halus dan merata. Selain meat mixer, mesin lainnya yang memiliki kinerja yang sama adalah fine cutter dan bowl cutter. Kedua mesin tersebut memiliki kapasitas yang lebih besar daripada meat mixer.

Mesin tersebut juga memiliki ukuran yang besar dan suara bising saat dioperasikan. Fine cutter dan bowl cutter baiknya ditempatkan di ruangan yang luas. Sedangkan meat mixer memiliki ukuran sedang dan tidak memakan banyak tempat. Mesin ini lebih sering digunakan oleh produsen bakso.

Mesin Cetak Bakso

Mesin pembuat bakso yang satu ini dapat mencetak dalam jumlah ribuan pentol bakso setiap menitnya. Ukuran bakso juga dapat diatur sesuai keinginan dengan menggunakan mesin ini. Ukuran bakso mulai dari 17 hingga 28mm. Saat posisi pencetakkan bakso akan otomatis jatuh ke dalam wadah yang telah berisi air mendidih. Tujuannya agar antarbakso tidak lengket.

Tanpa menggunakan mesin ini sebenarnya bakso bisa dicetak secara manual. Namun, bentuk bakso biasanya tidak sama. Selain itu, bahaya lainnya terdapat kuman yang menempel dari tangan pindah ke bakso. Menggunakan cara manual pun tidak menghemat waktu dan tenaga.

banner Mesin Bakso New

Bakso pada awalnya berasal dari Tiongkok. Namun, Tiongkok menyediakan bakso dengan kuah yang tidak melimpah. Berbeda dengan bakso Indonesia yang mengutamakan kuah hangat dan berlimpah. Selain itu, bakso di sana memiliki warna kecokelatan dan tidak mengutamakan bentuk bulat. Daging yang digunakan adalah daging babi.

Sedangkan di Indonesia bakso dipopulerkan oleh warga Jawa, tepatnya Wonogiri dan Malang. Karena Indonesia merupakan penduduk dengan mayoritas Muslim, maka daging yang digunakan adalah sapi, ikan, atau ayam.

Peluang Usaha Bakso

            Berbicara tentang bakso memang tidak habisnya memuji rasa lezatnya. Banyak orang yang ingin mencoba usaha ini dengan memanfaatkan mesin pembuat bakso. Bakso memang tidak serta merta dijual dengan bentuknya yang bulat dan kuah berlimpah. Jika Anda hanya menekankan pada kedua hal tersebut, menjual bakso sama saja sekadar formalitas.

            Begitu juga dengan para konsumen. Jika Anda tidak memiliki citarasa tersendiri konsumen hanya sekadar singgah dan makan karena sesuatu tujuan tertentu. Misalnya karena jarak rumah dengan pedagang bakso tidak terlalu jauh. Atau hanya sekadar ingin menghangatkan diri dengan kuah bakso. Hal-hal tersebut sama saja bahwa bakso buatan Anda belum memiliki identitas tersendiri.

mesin pembuat bakso

            Identitas penjualan produk akan mudah dikenal jika Anda menyajikannya dengan cara yang menarik. Misalnya, menggabungkan konsep modern dengan bakso. Konsep modern bisa Anda kreasikan dengan cara mengubah bentuk bakso, rasa, atau isi bakso. Ada beberapa hidangan menarik yang bisa dipadupadankan dengan bakso buatan Anda.

  1. Bakso Keju

Keju merupakan produk dari olahan susu yang memiliki rasa gurih. Keju hampir selalu digunakan sebagai bahan tambahan dari lauk utama. Misalnya, nasi goreng keju atau roti tawar keju. Namun, bagaimana jika keju dikombinasikan dengan daging bakso? Keju menjadi isian bakso ini memiliki sensasi meleleh saat dipotong menjadi dua bagian.

Mungkin bagi kalian yang belum terbiasa akan merasa aneh di lidah. Namun, bagi penggemar keju hidangan ini menjadi menu spesial yang wajib untuk disantap. Jika ingin merasakan hidangan ini, Anda bisa menghampiri gerai bakso boedjangan.

  1. Bakso Gepeng

Nah, kalau hidangan bakso yang satu ini memang memiliki bentuk yang aneh. Bakso identik dengan bentuknya yang bulat. Berbeda dengan bakso ini, bentuknya dibuat gepeng. Bakso ini sudah banyak ditemukan di pedagang gerobak keliling. Hidangan ini juga sering ditemukan di berbagai gerai khusus bakso gepeng.

  1. Bakso Bakar

Hidangan makanan yang khas di Indonesia dengan cara dibakar adalah satai. Selain satai, sosis bakar pun pulai merajai daftar jajanan yang harus Anda coba. Sama halnya dengan satai, sosis dibakar menggunakan lidi atau potongan bambu tipis.

Melejitnya kedua makanan yang dibakar tersebut, bakso juga tidak mau ketinggalan. Jawa Timur mengenalkan sajian bakso bakar ini dengan bumbu kecap dan saus yang kemudian dibakar. Bakso bakar akan semakin lezat saat dikonsumsi dalam keadaan hangat.

  1. Bakso Udang

Jenis bakso ini sudah pasti berbeda dari rasanya. Bakso biasanya diolah menggunakan daging sapi, ayam, atau ikan. Bagaimana jika diolah menggunakan udang ya? Bakso udang ini memang belum dijual bebas. Bakso udang dijual instan sebagai frozen food. Biasanya dalam satu kemasan berisi lima buah atau lebih dengan bumbu kuahnya tersendiri.

Bakso udang ini memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun begitu, harga mahal seimbang dengan rasanya yang lezat. Karena bakso udang masih disediakan sebagai makanan instan, Anda bisa lho mengambil kesempatan untuk membuka usaha kuliner bakso udang yang bisa disantap saat kapan pun.

  1. Bakso Goreng

Bakso goreng ini sudah sangat populer di kalangan anak-anak. Bakso goreng (basreng) umumnya dijajakan sebagai jajanan yang dijual di warung-warung kecil. Basreng dijual dengan dua rasa, yaitu pedas dan asin. Rasanya yang renyah selalu membuat para pelanggan asik saat mengonsumsinya. Bakso sebelumnya diiris-iris tipis kemudian digoreng dengan minyak panas hingga kering. Basreng menjadi camilan nikmat yang difavoritkan banyak orang.

  1. Bakso Barbel

Sesuai dengan namanya, bakso ini memiliki rupa seperti barbel. Yap! Barbel yang biasa digunakan untuk olahraga ini sekarang bisa Anda santap lho. Etss, tapi bukan berarti ukuran barbel juga sama besarnya dengan yang biasa Anda gunakan saat olahraga ya.

Bakso barbel ini memiliki ukuran barbel kecil. Jika Anda penasaran, bisa menyambangi ke Kawasan Arcamanik, Bandung. Uniknya lagi, bisnis bakso barbel ini dimiliki oleh pesinetron Agung Hercules yang memang memiliki kegemaran dalam berolahraga.

  1. Bakso Kaget

Makanan ini termasuk franchise dengan konsep bakso yang diisi dengan berbagai macam makanan, seperti keju, jamur, udangm cabai, nugget, dan lain-lain. Dari fisik luar bakso terlihat sama. Namun, aka nada kejutan saat Anda mengonsumsinya. Anda akan disuguhkan beberapa bakso dengan isian yang berbeda. Bakso kaget ini muncul sejak 2008.

            Teman-teman ketujuh peluang usaha bakso di atas bisa Anda jadikan referensi dalam berbisnis. Semua akan terwujud jika Anda memanfaatkan mesin pembuat bakso. Mesin ini akan lebih memudahkan Anda. Coba bayangkan saat pelumatan daging jika dilakukan secara manual. Hal tersebut akan sangat menguras tenaga dan waktu Anda.

            Selain penggunaan mesin pembuat bakso, hal yang terpenting tidak lepas dari resep. Jika Anda ingin bereksperimen dengan bumbu-bumbu ada baiknya juga sembari mengingat takaran dan bahan apa saja yang digunakan. Jika sekali mencoba ternyata rasanya enak, tetapi lupa takaran tentu akan sangat merepotkan.

kursus bakso

            Resep sendiri juga sebagai penentu atau pegangan untuk seterusnya dalam menghidangkan bakso. Jadi saat Anda lupa akan takaran, bisa melihat kembali catatan resep yang telah disediakan. Resep tersebut juga harus disimpan atau bahkan diingat karena bersifat rahasia agar tidak dijiplak orang yang tidak bertanggung jawab.

            Dari ketujuh bakso unik di atas ada satu lagi yang memiliki tampilan dan rasa yang berbeda. Bakso ini berwarna hijau dengan pewarna alami dari sawi hijau. Meskipun memiliki tambahan bahan makanan, Anda masih bisa menggunakan mesin pembuat bakso untuk membentuknya. Rasa daging pada bakso ini pun juga masih terasa kok. Perbedaanya hanya ditambahkan sawi hijau untuk memberikan warna yang berbeda.

Resep Bakso Hijau

Bahan-bahan bakso

  • 350gr daging sapi
  • 50gr sawi hijau
  • 150gr urat sapi yang dicincang kasar
  • 50gr putih telur
  • 250gr es serut
  • 50ml sawi hijau dari 50gr
  • 1/2sdt merica bubuk
  • 2sdm bawang putih goreng
  • 2sdm bawang merah goreng
  • 200gr tepung sagu aren

Bahan-bahan kuah bakso

  • 300gr tetelan
  • 2 liter air
  • 2 tangkai seledri diikat
  • 2 batang daun seledri
  • 6 siung bawang putih digoreng utuh dan dimemarkan
  • 1 sdm garam
  • 1/4sdt merica bubuk
  • 1sdt gula pasir
  • 1sdt penyedap rasa
  • 2sdm bawang merah goreng

Bahan pelengkap

  • 250gr mie telur yang diseduh
  • 4 tangkai seledri diiris halus untuk taburan
  • 4sdm bawang merah goreng untuk taburan
  • 200ml sambal cabai rawit

Langkah-langkah

  1. Giling daging sapi menggunakan meat grinder / Mesin Giling Daging Otomatis
  2. Campurkan daging yang digiling, sawi hijau, dan garam. Lumatkan menggunakan meat mixer.
  3. Tambahkan telur, es serut, sawi hijau, bawang putih, merica bubuk, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Haluskan kembali hingga lembut.
  4. Setelah adonan tercampur rata dan halus. Masukkan ke mesin cetak bakso. Mesin akan secara otomatis dalam mencetak bakso dan jatuh ke wadah yang berisi air panas.
  5. Jika bakso sudah selesai tercetak rebus sampai matang. Kemudian tiriskan.
  6. Sedangkan untuk membuat kuah, rebus tulang sapi di dalam air dengan seledri dan daun bawang. Gunakan api kecil, rebus hingga berkaldu. Kemudian saring.
  7. Masukkan bawang putih goreng, garam, merica bubuk, gula pasir, dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih.
  8. Tambahkan bawang merah goreng yang diremas-remas. Lalu aduk rata.
  9. Sajikan bersama pelengkap dan kuah. Bakso siap dihidangkan!

Selain menjadi makanan berat, bakso juga bisa Anda buat dengan tampilan makanan ringan, seperti basreng. Berbicara makanan ringan atau camilan, maka hal yang perlu disiapkan juga adalah kemasan beserta mesinnya. Kemasan tersebut berfungsi untuk melindungi rasa dan tekstus basreng agar tidak alot.

Nah, setelah memberikan beberapa poin penjelasan di atas kira-kira kreasi bakso apa yang akan Anda pilih dan kembangkan? Jika Anda sudah memilih sajian bakso yang menarik pertahankanlah rasa dan tampilannya. Rasa dan tampilan yang konsisten dapat dipertahankan dengan memanfaatkan tenaga mesin pencetak bakso ini.

Bpk. Yulianus, BSD, Paket Bakso
1 set mesin bakso

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × five =