Franchise Egg Roll Apakah Bisa Janjikan Keuntungan??

Franchise Egg roll merupakan salah satu bisnis jajanan yang masih populer sampai saat ini. Penyebutan egg roll mungkin sedikit asing bagi kalian. Jajajan ini terkenal dengan nama sostel atau sosis telur. Egg roll sendiri adalah jajanan dari bahan utama sosis dan telur. Uniknya, kedua bahan ini dibentuk menggunakan mesin khusus.

Egg roll sendiri mengartikan pada gulungan telur yang menyelubungi sosis. Melihat sekilas penjelasan di atas, membuat egg roll memang mudah. Tanpa bantuan alat pun kamu bisa bereksperimen sendiri di rumah. Membuat egg roll di rumah hanya perlu mengandalkan kuali atau wajan, minyak goreng yang cukup banyak, sosis, dan telur.

franchise egg roll

Setelah telur dikocok, kamu bisa mengambil satu sendok dan bentuk menyebar di dalam kuali. Lalu gulung menggunakan sosis yang sudah ditusuk secara perlahan. Sosis yang digunakan sebelumnya digoreng terlebih dahulu.

Hasil egg roll dari cara manual tersebut dapat kamu nikmati bersama keluarga, namun tidak direkomendasikan jika dijual. Mengapa demikian? Meskipun memiliki rasa lezat, menggunakan cara manual tidak memberikan tampilan yang menarik perhatian pelanggan. Selain itu, kamu juga tidak bisa meningkatkan nilai jual karena tampilan yang terkesan biasa saja.

Lalu  bagaimana solusinya? Kamu bisa memanfaatkan mesin sostel. Mesin ini memberikan berbagai keunggulan untuk mendukung usahamu. Tidak hanya memberikan tampilan yang menarik, tetapi juga mudah untuk dioperasikan dan dibersihkan setelah penggunaan. Berikut cara pengoperasiannya.

Cara Membuat Egg Roll dengan Mesin

Alat-alat

  • Mesin Egg Roll
  • Tusuk satai

Bahan-bahan

  • Sosis
  • Telur
  • Saus
  • Mayonnaise
  • Minyak goreng

Langkah-langkah

  1. Masukkan tusuk satai ke badan sosis
  2. Pastikan colokan kabel mesin sudah terhubung dengan stop kontak
  3. Nyalakan tombol Kamu bisa memilih lubang atau tube yang akan digunakan. Lubang yang tidak digunakan dapat kamu posisikan dengan keadaan tombol off
  4. Tuangkan minyak goreng secukupnya ke masing-masing lubang yang digunakan
  5. Masukkan sosis yang sudah ditusuk ke tube
  6. Lalu masukan telor ke tube yang sudah diisi sosis
  7. Tunggu beberapa saat hingga sosis naik ke permukaan sebagai tanda matang dan siap saji.
  8. Angkat egg roll yang sudah naik ke permukaan lalu sajikan.
  9. Kamu bisa mengkreasiakan dengan tambahan saus dan mayonnaise. Sajian menggunakan saus blackpepper juga tidak kalah lezatnya.
  10. Setelah digunakan, matikan tombol dan cabut colokan mesin dari stop kontak.

Tips Membersihkan Mesin Egg Roll agar Tetap Awet

Nah, setelah pengoperasian selesai ada baiknya mesin egg roll segera langsung dibersihkan. Tujuannya untuk menjaga kestabilitasan mesin pada pengoperasian selanjutnya. Dengan menggunakan tips ini membersihkan mesin akan terasa lebih mudah dan praktis.

  1. Matikan tombol dan cabut colokan kabel dari stop kontak
  2. Masukkan alat pembersih dinding lubang atau Lalu posisikan pembersih dengan gerakan naik turun hingga kerak yang menempel jatuh ke bawah dasar lubang.
  3. Balikkan mesin ke arah samping. Lalu buka bagian sekat bawah dengan kunci pembuka.
  4. Kemudian lepas sekat bawah dan sikat lubang hingga semua kotoran keluar
  5. Setelah bersih pasang kembali sekat bawah dan mesin siap digunakan

Karena tahap pengoperasian dan pembersihan mesin yang mudah, tidak heran jajanan ini banyak diminati oleh kalangan pemula bisnis. Booming-nya usaha penjualan egg roll semakin membuat pemula bisnis berlomba-lomba turut menjajakannya. Mesin egg roll sendiri dijual dengan harga murah dan yang pasti tidak menyebabkan pengeluaran membengkak. Saat ini juga sudah banyak toko mesin makanan yang menjual mesin egg roll, sehingga kamu akan lebih mudah menemukannya.

Untuk membuka bisnis penjualan egg roll dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti cara mandiri dan gabung dengan franchise atau waralaba. Cara mandiri bisa kamu lakukan dengan membeli perlengkapan alat dan bahan sendiri, sedangkan waralaba lebih memudahkan proses berjalannya bisnis.

wirastar-gas-egg-hotdog-roll-sosis-telur-sostel-MOBILE
wirastar-gas-egg-hotdog-roll

Franchise atau waralaba sendiri adalah suatu kerja sama usaha satu pihak sebagai penyalur usaha dan pihak yang lain dapat memanfaatkan atau menggunakan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh penyalur usaha.

Bisnis franchise yang terkenal seperti D’Besto dan Sabana, yaitu penjualan ayam kentucky. Sedangkan waralaba sostel sendiri adalah Aldriz Solution. Waralaba sostel memang belum terlalu banyak ditemukan. Jika kamu ingin bergabung dengan waralaba sostel, bisa memanfaatkan franchise Aldriz Solution.

Keunggulan Menggunakan Franchise Egg Roll

Franchise atau waralaba sebenarnya dapat dikatakan sebagai cara alternatif untuk membuka bisnis. Cara ini ditempuh untuk kamu yang menginginkan kepraktisan. Lalu apa saja sebenarnya manfaat menggunakan jasa franchise?

Lebih menghemat biaya pengeluaran

Dengan memanfaatkan jasa franchise, kamu tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan kelengkapan bahan dan alat. Seperti Aldriz Solution, waralaba ini menyediakan kelengkapan fasilitas dengan paket kemitraan senilai Rp3.7jt.

Paket kemitraan tersebut sudah mencakup x banner, mesin egg roll, sosis, minyak goreng, saus, tusus sosis, dan lain-lain. Berbeda dengan cara mandiri, kamu perlu menyiapkan Rp1-2jt untuk pembelian mesin. Belum lagi perlengkapan bahan sosis telur, x banner, dan lain-lain.

Manajemen bisnis sudah terealisasi

Waralaba memberikan keuntungan untuk membuka usaha di bawah naungan “bendera” bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi. Adanya waralaba mengartikan ide, penamaan, dan manajemen suatu bisnis telah diuji coba. Hal tersebut menandakan bahwa bisnis siap untuk diaplikasikan.

Sudah dikenal masyarakat

Semakin luasnya bisnis franchise maka semakin mudah pula untuk dikenal masyarakat. Hal ini dapat membantu meningkatkan pemasukan karena masyakarat percaya nama bisnis yang terkenal dapat menjamin rasa dan tampilan egg roll lezat dan menarik.

Dukungan dan keamanan lebih kuat

Pemilik waralaba biasanya akan memberikan berbagai pelatihan terlebih dahulu seperti, manajemen finansial, pemasaran, periklanan, dan lain-lain. Adanya pelatihan ini sebagai bentuk dukungan pembeli waralaba. Pembeli waralaba sendiri akan merasa memiliki keamanan lebih kuat karena franchise tersebut ada di lingkup organisasi yang cukup jelas dan terpercaya.

Keuntungan Fasilitas yang Diperoleh dari Waralaba

Keuntungan utama dalam memilih franchise ada pada kelengkapan alat dan bahan yang terlah dipersiapkan. Jika kamu tidak ingin repot menyiapkan alat atau bahan satu per satu bisa menggunakan jasa waralaba ini. Waralaba tersebut nantinya akan memberikan satu paket perlengkapan sekaligus training dalam penjualan. Apa saja keuntungan fasilitas yang didapat?

  • Booth portable + tas
  • X banner
  • Mesin egg roll
  • Ice bpx
  • Toples
  • Tusuk sosis
  • Sosis
  • Botol saus
  • Saus
  • Botol minyak goreng
  • Minyak goreng
  • Kemasan mika

Keuntungan Jual Egg Roll Secara Mandiri

Sayangnya memilih jasa waralaba tidak sepenuhnya menguntungkan. Utamanya, keuntungan yang didapat tentu saja harus dibagi. Belum lagi pembagian keuntungan yang tidak diberikan rata. Pemilik franchise wajib mendapatkan untung lebih dari penjualan mitranya. Sedangkan pembeli waralaba mendapatkan keuntungan yang sedikit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya memang kamu memilih untuk membuka usaha secara mandiri. Kamu bisa meminjam modal ke bank terlebih dahulu untuk membeli segala perlengkapan bisnis. Setelah bisnis berjalan lancar, kamu dapat mengembalikan pinjam secara bertahap. Keuntungan pun akan sepenuhnya ada di tanganmu tanpa potongan.

Terlebih lagi menjual egg roll ini tidak membutuhkan tenaga banyak, sehingga kamu tidak perlu untuk mempekerjakan beberapa karyawan. Memasak egg roll sendiri pun tidak masalah. Dengan banyaknya tube atau lubang pada mesin sostel juga menjadi alasan membuat egg roll lebih cepat dan dapat menghasilkan jumlah banyak per harinya.

ukm sostel

Bergabung dengan waralaba juga akan mengalami ketergantungan dengan reputasi franchise lainnya. Jika waraba lain melakukan kesalahan, akan memengaruhi cabang lainnya, sehingga akan mengakibatkan rusaknya reputasi penjualan. Jadi, kamu mau pilih bisnis waralaba atau bangun usaha sendiri?

(zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 1 =