Cara Membuat Masker Kopi

Apa yang terlintas di benakmu dari “cara membuat masker kopi”? Kopi umumnya merupakan sajian minuman yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Awalnya minuman ini disajikan dengan air hangat dan sering disantap dengan gorengan pisang. Hal tersebut menjadi poin kenikmatan sendiri bagi orang tua di pagi hari.

cara membuat masker kopi

Namun, seiring berjalannya waktu minuman kopi semakin mengalami perkembangan. Misalnya ditambahkan susu, es krim, dan lain-lain. Saat ini pun, penggemar es kopi semakin menikmat. Selain memiliki rasa yang membuat ketagihan, es kopi berhasil menjadi obat agar mata tetap melek dan semangat berakvitas.

Akan tetapi, kali ini, kita tidak membicarakan resep cara membuat kopi enak. Pembahasan berikut khusus untuk kamu yang ingin tampil cantik. Selain diminum, kopi ternyata sangat berkhasiat dalam merawat kulit wajah. Hal tersebut sudah banyak terbukti dilakukan oleh para wanita. Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat kopi untuk kecantikan?

Manfaat Kopi di Dunia Kecantikan

  • Mengangkat sel kulit mati

Daripada mengeluarkan banyak uang untuk pergi perawatan lebih baik memanfaatkan alternatif lain. Misalnya dengan membuat masker kopi. Masker kopi dapat mengangkat sel kulit mati. Jika merasa wajahmu kusam, dapat memanfaatkan masker kopi. Hasilnya kulitmu akan terlihat lebih cerah dan segar. Bubuk pada kopi juga dapat dijadikan scrub yang bisa menghasilkan wajah lebih lembut dan halus.

  • Mengencangkan kulit

Selain berkarier biasanya wanita juga sibuk mengurus anak. Rasa lelah menyebabkan lupa untuk merawat diri. Jangan tunggu muculnya keriput di wajahmu ladies! Masker kopi dapat mencegah timbulnya kerutan dan bisa menghilangkan seluit. Dengan memanfaatkan masker kopi secara rutin dapat mencegah penuaan dini dan mengencangkan kulit.

  • Menyamarkan bekas jerawat

Padahal hanya sisa bekas, namun tentu saja akan mengurangi rasa percaya diri. Ditutup menggunakan makeup pun masih terasa kurang cukup. Obati dengan masker kopi yuk! Cara alami yang satu ini dapat menyamarkan berbagai bekas jerawat yang membandel. Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan campuran madu.

  • Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori yang besar memang sangat menyebalkan. Pasalnya, masalah lain dapat muncul, seperti wajah berminyak, muncul jerawat, dan komedo. Masker kopi juga bisa mengatasi berbagai masalah tersebut. Gunakanlah masker kopi secara rutin dan disiplin lamanya waktu pemakaian.

  • Menyamarkan lingkar hitam di bawah mata

Say good bye pada mata panda! Mata panda disebabkan kurangnya istirahat pada malam hari. Jadwal tidur yang molor akan menyebabkan lingkar di bawah mata menghitam. Hal tersebut dapat membuat tampilanmu tidak segar. Sebelum tambah parah, atasilah dengan masker kopi tanpa gula. Gunakan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Setelah mengetahui berbagai manfaat masker kopi di atas saatnya kamu membuktikan sendiri. Cara ini dapat menghemat uangmu lebih banyak. Selain itu, cara alami ini tidak menimbulkan efek samping. Berbeda dengan produk yang menggunakan zat kimia, sering kali menimbulkan efek samping.

Memanfaatkan produk tersebut terkadang memang memberikan hasil yang cepat dan memuaskan. Namun sayangnya, cara instan tersebut tidak baik untuk kesehatan wajah. Jika penggunaan produk dihentikan biasanya muncul masalah baru pada wajar. Oleh karena itu, cara alami lebih banyak dipilih. Meskipun memberikan hasil yang lama, setidaknya membuat kulit lebih aman. Agar wajahnya cepat sembuh, gunakanlah masker kopi secara rutin.

jenis jenis kopi

Seperti berbagai manfaat di atas, masker kopi dapat memberikan berbagai hasil yang memuaskan. Namun, tidak hanya kopi saja lho. Ada berbagai bahan lainnya yang bisa digabungkan dengan kopi untuk mengobati permasalahan wajah kalian.

Cara Membuat Masker Ampas Kopi

Cara membuat masker kopi yang satu ini paling sederhana untuk dibuat bukan dengan olahan mesin kopi. Meskipun sederhana, masker dari ampas kopi ini tetap bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan serta melembapkan wajah.

Langkah-langkah

  1. Seduh kopi terlebih dahulu menggunakan air panas. Lalu saring ampasnya.
  2. Sebelum diaplikasikan, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Oleskan ampas kopi ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit.
  4. Bilas dengan air bersih.
  5. Lakukan secara rutin 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.

Cara Membuat Masker Kopi, Oat, dan Madu

Nah, kalau untuk masker yang satu ini khusus untuk kamu yang memiliki tipe wajah sensitif. Oat atau sereal dari gandum ini dapat mengurangi iritasi pada kulit yang terkelupas akibat penghilangan sel kulit mati. Sedangkan madu berguna untuk mengurangi noda pada wajah, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Langkah-langkah

  1. Campurkan 1 sdm bubuk kopi dengan 2sdm oat
  2. Tambahkan 1sdm madu
  3. Aduk seluruhnya hingga merata dan tidak ada yang menggumpal
  4. Aplikasikan ke seluruh wajah hingga rata. Akan lebih baik jika menggunakan kuas.
  5. Tunggu selama 20 menit atau terasa masker lebih mengeras.
  6. Bilas dengan air bersih. Gunakan air dingin agar terasa lebih segar.

Cara Membuat Masker Kopi dengan Putih Telur

Putih telur sangat bermanfaat untuk mencerahkan wajahmu. Campuran masker ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki wajah berminyak. Karena selain mencerahkan wajah juga mampu menyerap minyak yang berlebih.

Langkah-langkah

  1. Campurkan bubuk kopi dan putih telur hingga merata.
  2. Oles merata pada wajah yang sudah dibersihkan.
  3. Diamkan kurang lebih selama 15 menit.
  4. Jika masker sudah terasa mengencang atau mengering, bilas wajahmu dengan air dingin.
  5. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukanlah masker ini setiap 2 minggu sekali.

Cara Membuat Masker Kopi dengan Lemon

Manfaat lemon dalam dunia kecantikan memang tidak diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar lemon. Air peras dari lemon ini dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, lemon juga dapat mengeringkan beberapa jenis jerawat. Namun, bagi kamu yang memiliki wajah sensitif tidak disarankan untuk menggunakan lemon secara intens.

Langkah-langkah

  1. Campurkan air perasa lemon dan kopi secukupnya.
  2. Aplikasikan dengan kuas pada wajah sambil dipijat lembut.
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas dengan bersih menggunakan air dingin.
  4. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Cara Membuat Maker Kopi dengan Pepaya

Berikutnya dengan campuran pepaya. Di dunia kecantikan sendiri pepaya sering diolah menjadi facial wash. Selain itu, pepaya juga dapat diolah sebagai campuran masker kopi. Pepaya sendiri dipercaya dapat mengatasi wajah yang berjerawat.

Langkah-langkah

  1. Haluskan pepaya terlebih dahulu menggunakan blender.
  2. Lalu campurkan dengan bubuk kopi.
  3. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan secara menyeluruh.
  4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.
  5. Lakukan perawatan dengan masker ini setiap 2 kali dalam seminggu.

Bagaimana ladies? Untuk menjadi cantik kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cantik natural dengan bantuan bahan-bahan alami pun bisa kamu pilih. Kamu bisa melalukan dengan rutin di rumah. Berbagai bahannya pun mudah kamu dapatkan dengan harga miring. Karena menggunakan cara alami, kamu harus lebih sabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

masker ampas kopi

Selain cara membuat masker kopi di atas, masih banyak lho bahan alami yang bisa kamu gunakan. Misalnya tomat, kentang, alpukat, dan lain-lain. Selain melakukan perawat dengan masker di atas, kamu juga harus menyeimbangi dengan pola hidup sehat. Misalnya rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

(Zakiah)