Cara Membuat Donat

Donat adalah salah satu panganan atau camilan yang mempunyai bentuk unik seperti cincin, yakni bulat dengan coakan lubang di tengah. Donat biasanya di olah dengan cara di goreng, di panggang atau di kukus. Donat sangat umum di nikmati dengan tambahan beragam jenis toping, seperti Gula halus, Coklat, Kacang,Chco Chip, Meises, Selai,Jelly,Krim,Dll.

cara membuat donat

Asal Usul Donat

Banyak fakta dan cerita seputar asal usul bagaimana terciptanya Donat di muka bumi ini. Sebagian kalangan meyakini bahwasanya donat di bawa ke daratan Benua Amerika di bagian utara oleh para imigran asal Eropa. Dahulu kala donat sering kali di jadikan kudapan penutup dan di sajikan berdampingan dengan aneka kue kering,pai serta pudding buah.

Ada juga cerita aneh dan nyeleneh seputar asal usul kemunculan bentuk donat lho. Bagi anak-anak dan orang awam, tentunya sering bertanya mengapa bentuk donat itu bulat dan selalu ada lubang dengan diameter sedang di bagian tengahnya??

Konon dahulu kala ada seorang Kapten Kapal asal Denmark yang bernama Hanson Gregory, beliau merupakan salah satu pelaut terkenal yang gemar menyetir kapal dengan kedua belah tangannya di dengan piawai melewati badai. Sang kapten di kabarkan kerap makan ketika sedang menyetir kapal yang dimana makanan tersebut kerap di tusukan ke bagian lingkaran kemudi kapal ketika ia sedang berlayar.

Nah berbekal dari kebiasaannya itulah, para koki kapal berpikir keras bagaiamana menciptakan makanan yang simple namun tetap fungsional agar tetap dapat di santap namun tidak menggangu kegiatan sang kapten dalam mengemudi.

Dan terbersit lah ide untuk membuat desain makanan berbentuk bulat dengan diameter lubang di tengahnya, lubang ini juga sengaja di buat agar bagian luar adonan matang, maka bagian dalam pun juga ikut matang, masuk akal kan??. Well Dengan begini makanan tersebut dapat dinikmati oleh sang kapten dan bisa di gantung pada stir kemudi apabila jika harus menyetir dengan kedua tangan. Hingga pada Akhirnya desain donat paling ikonik pun tercipta dan bisa kita lihat sampai sekarang

Nah di Indonesia sendiri, camilan donat juga amat sangat familiar, bisa dibilang pada tahun 2000 an camilan donat menemukan masa kejayaannya di Indonesia. Tercatat ada beberapa jenis Waralaba restoran donat yang cukup terkenal di Indonesia. Sebut saja Dunkin Donuts, Jco, American Donuts, Krispy Kreme,Mister Donut,Mater Donut,dan masih banyak lagi.

Itu hanya sebagian penjual donat kelas menengah keatas yang sudah punya nama, di balik itu semua ternyata donat juga merambah untuk masyarakat kelas menengah ke bawah lho. Banyak pengusaha UKM di bidang kuliner yang menggarap camilan donat sebagai ladang bisnis potensial mereka.

Donat produksi industri kecil biasanya dijajakan berkeliling menggunakan sepeda atau sepeda motor. Di dalam bus, pedagang asongan menjual donat kemasan kotak dengan cara unik. Donat dalam kemasan dibagi-bagikan ke pangkuan penumpang untuk kemudian dikumpulkan kembali kalau penumpang tidak berminat.

baca juga :

Cara Membuat Batagor Rumahan Ala Restoran

Nah setelah membaca sejarah mengenai Asal Usul menganai sejarah Donat, rasanya tak lengkap jika kita tidak mencoba untuk membuat camilan murah meriah yang satu ini. Sulit?? Tidak juga, karena bahan-bahan untuk membuat donat sendiri bisa dibilang bisa kita dapatkan dengan mudah. Selanjutnya tinggal belajar bagaiaman kita mengolah bahan-bahan tersebut dan mengkonversikannya menjadi sebuah camilan donat yang enak dan lezat.

Nah kali ini penulis akan coba menShare mengenai Resep Cara Membuat Donat Kentang. Jika anda bertanya, mengapa harus membuat Donat Kentang?? Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang berjenis umbi-umbian. Umbi-umbian di percaya mempunyai manfaat lain yang dapat membuat perut lebih terasa kenyang seketika namun kaya akan gizi. Manfaat lainnya adalah dengan menggunakan bahan baku kentang, maka bisa dibilang adonan donat tidak akan terlalu terasa lembek, lebih solid namun tetap lembut di mulut. Oke berikut ini Resep Cara Membuat Donat kentang yan bisa anda coba di dapur rumah

Resep donat kentang

Bahan :

  • Tepung terigu kg
  • Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan sebanyak 200 gram
  • Gula pasir 4 sdm
  • Mentega 3 sdm
  • Ragi instan 11 g
  • Air 200 cc
  • Susu bubuk 3 sdm
  • Susu kental manis 3 sdm
  • Garam 2 sdt
  • Telur 2 butir

Cara membuat :

  1. Kocok 2 butir telur dalam mangkuk hingga berbusa, tambahkan garam, gula pasir, tepung terigu, dan mentega. Aduk hingga rata.
  2. Tuang kentang yang sudah dihaluskan
  3. Masukkan ragi ke dalam air dan aduk hingga larut, lalu masukkan air ragi tersebut dalam adonan.
  4. Secara perlahan uleni adonan hingga kalis.
  5. Tutup mangkok dengan kain. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.
  6. Setelah 1 jam berlalu, Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah.
  8. Masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam penggorengan. Agar tidak mudah gosong, gunakan api kecil. Tunggu hingga adonan donat telah berubah warna menjadi kecokelatan. Lalu angkat dan biarkan dingin.
  9. Setelah donat dingin, olesi donat dengan mentega.
  10. Anda bisa memberikan toping donat dengan tambahan seperti Kacang, Meises Coklat, Keju,Cream, Gula Halus,Potongan buah,Susu, dll.

Bagaimana? Mudah bukan?? Hasilnya juga tak terlalu mengecewakan untuk camilan kelas rumahan. Resep Cara membuat donat di atas memang bisa dibilang cukup sederhana, anda tidak membutuhkan keterampilan khusus ataupun mesin mahal untuk pengolahan bahan adonan.

Namun jika anda merasa kurang puas dengan resep donat rumahan di atas, anda juga bisa mencoba resep donat lain menggunakan bahan-bahan premium dengan Teknik pengolahan adonan yang lebih rumit dan  sedikit berbeda.

Oke di bawah ini penulis akan mencoba share mengenaik cara membuat donat ala café dimana untuk sesi pengoalahn bahan anda membutuhkan beberapa jenis tools atau perangkat mesin donat professional standar cheff restoran.

Cara Membuat Donat JCO

Cara Membuat Donat Jco

Bahan pertama :

  • Tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi 22 g
  • Garam sdt / sejumput
  • Ragi instan 7 g
  • Air bersih 150 ml

Bahan kedua :

  • Tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi 50 g
  • Telur butir, kocok hingga berbusa
  • Susu bubuk full cream 15 g
  • Gula pasir 30 g
  • Mentega putih 30 g

Cara membuat :

  1. Ayak tepung bahan pertama dan kedua hingga benar-benar halus dan bebas dari kotoran.
  2. Masukkan bahan pertama (tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi, ragi, dan garam) ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata.menggunakan mixer roti / mixer planetary profesional
  3. Tambahkan air ke dalam adonan bahan pertama. Aduk hingga rata.
  4. Tutupi mangkuk dengan kain dan diamkan selama 90 menit agar mengembang sempurna. Untuk hasil yang sempurna sangat di anjurkan menggunakan mesin proofer / pengembang adonan roti dan donat
  5. Masukkan bahan kedua (tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi, telur, susu bubuk, gula pasir, dan mentega putih) ke dalam mangkuk adonan pertama. Aduk hingga rata atau uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan elastis.
  6. Tutupi mangkuk dengan kain dan diamkan selama 15 menit agar mengembang sempurna.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah. Jika ingin hasil yang lebih rapi bisa menggunakan cetakan mesin donat otomatis.
  8. Ulangi hingga semua adonan selesai dibentuk lalu diamkan kembali selama 10 menit.
  9. Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng dengan api sedang, sangat di sarankan menggunakan mesin Deep Fryer. Karena cetakan donat akan matang dengan sempurna
  10. Masukkan adonan ke dalam minyak. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna. Untuk hasil menggoreng yang lebih baik sekali lagi sangat di sarakan menggunakan mesin Deep Fryer.

Bagaimana?? Tidak begitu sulit bukan untuk membuat camilan donat khas ala café?? Memang bisa dibilang yang membedakan antara donat café dan donat rumahan adalah terletak pada bahan-bahan utama yang di gunakan.

Untuk skala restoran dan café memang di anjurkan menggunakan bahan utama adonan kelas premium. Hal ini tentunya akan dapat membuat hasil adonan jauh lebih bagus, rasa lebih enak dan tekstur lebih lembut.

Yang gak kalah penting dari penggunaan bahan premium adalah penggunaan mesin-mesin makanan professional. Tercatat setidaknya ada 3-4 jenis mesin makanan modern professional yang di gunakan dalam pembuatan donat ala café. Tentunya mesin-mesin makanan yang di fungsikan secara otomatis ini dapat membuat hasil akhir adonan donat menjadi lebih Oke dan menarik. Nah inilah point penting yang membedakan antara cara membuat donat rumahan, dengan donat café dan restoran.

Mengapa penggunaan Mesin Pembuat Donut Otomatis itu begitu penting??

Mesin Donat Otomatis

Well sederhana saja, dengan menggunakan alat-alat modern dan fungsional, ini berarti anda sudah selangkah dalam membuat donat yang berkualitas. Mesin pembuat donat otomatis ini di buat dan di ciptakan sedemikian rupa dengan menggunakan teknologi paling canggih dan di sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan mesin ini anda bisa membuat dan mencetak donat dalam kuantitas banyak tanpa harus takut terjadi penurunan kualitas. Mesin pembuat donat otomatis biasanya terdiri dari 2 jenis yakni mesin pencetak dan mesin pengolah adonan. Mesin cetak donat otomatis mampu mencetak donat dengan berbagai ukuran, seperti 20mm 36mm 40mm or 38mm,70mm, dan 88mm

baca juga :

Cara Membuat Nugget Ayam, Pisang dan Sayuran, Yuk Coba

Kedua mesin ini di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau untuk di level menengah ke atas. Mesin Donat otomatis ini sangat cocok di gunakan bagi mereka yang bergerak di bidang bisnis kuliner ringan seperti Café, Restoran, Bakery,Cake,dll.

Nah Jika anda berminat untuk mencari mesin donat berkualitas, WIRATECH menjual aneka jenis mesin pembuat donat otomatis dengan harga terjangkau. Mesin yang kami tawarkan mempuyai spesifikasi teknis dan teknologi paling modern dalam urusan pengolahan dan pencetakan bahan adonan donat.

Segera hubungi team marketing kami sekarang juga, dan dapatkan harga terbaik dengan diskon menarik bagi konsumen yang beruntung setiap harinya.

Oke semoga artikel ini dapat berguna untuk anda sekalian

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 3 =