Cara Kerja Mesin Cup Filling Dalam Produksi Minuman Gelas Cup

Cara Kerja Mesin Cup Filling

Cara kerja mesin cup filling menggerakan gelas cup pada jalur pengisian dan penyegelan di mesin tersebut kemudian menseal gelas cup. Mesin ini menyegel gelas cupnya dengan dengan lid plastik. Jadi mesin ini memiliki 3 fungsi sekaligus yaitu menjalankan gelas cup yang sudah pada posisinya.

Cara Kerja Mesin Cup Filling

Selanjutnya mengisi gelas cup dengan cairan sebagai produk minuman, kemudian menseal atau menyegel gelas tersebut agar tertutup rapat tidak tumpah. Dengan begitu jadilah produk minuman dalam gelas kemasan yang sudah tertutup segel, sehingga menjadi produk minuman yang siap minum higienis.

 

Mesin Filling Cup merupakan alat yang berfungsi untuk mengisi kemasan gelas dengan cairan, bisa air mineral maupun cairan lainnya. Cup Filling Machine ini bekerja dengan mengisikan cairan ( bisa air atau cairan lainnya ) ke dalam kemasan gelas. Sekaligus menutup atau menyegelnya dengan lid plastik.

Mesin cup filling gelas merupakan sebuah alat yang sangat penting dalam sebuah industri minuman kemasan gelas. Dikarenakan mesin cup filling lah yang akan melakukan proses produksi, mulai dari sterillisasi kemasan gelas, pengisian, dan penutupan gelas. Mesin kemasan cup filling sangat cocok digunakan untuk merintis usaha minuman ataupun usaha air mineral dalam kemasan gelas / cup.

 

Proses Berjalannya Mesin Cup Filling

Masing-masing gelas kemasan akan jatuh sesuai dengan wadah atau lubang tempat proses pengisian. Gelas-gelas tersebut secara otomatis akan jatuh ke lubang tersebut tanpa bantuan operator. Pengisian produk. Setelah diletakan, selanjutnya proses pengisian air atau cairan.

Cara Kerja Mesin Cup Filling

  • Gelas masing-masing gelas sudah terpasang di lobang ozet yang sesuai dengan ukurannya
  • Selanjutnya filling pengisi cairan akan mengisi gelas yang ada di masing-masing lobang ozet tersebut
  • Selanjutnya mesin tersebut melakukan penyegelan dengan cara sealing press gelas plastik. Agar air atau produk cair dalam gelas cup tertutup tidak tumpah dan higienis
  • Maka jadilah produk minuman dalam gelas kemasan yang sudah tertutup segel, sehingga menjadi produk minuman yang siap minum.

Keunggulan Mesin Filling Cup

  • Mesin Filling Cup Otomatis Akan Menempatkan Kemasan Gelas ( Cup ) Pada Jalur Pengisian Dan Penutupan.
  • Menggunakan Sistem Pneumatic ( Tekanan Udara ) Untuk Penekanan ( Pressing ) Dan Penyegelan ( Sealing ).
  • Pengisian Bahan Lebih Efektif Dan Efisien Karena Tidak Ada Tetesan Bahan Yang Terbuang Diluar Cup.
  • Dilengkapi Dengan Alat Pencatatan Dan Pendeteksi Barang Yang Berbasis Pada Teknologi Photocell.
  • Proses Pengisian, Penyegelan, Dan Merapikan Hasil Segel Berjalan Dengan Sistematis.
  • Dibuat Dari Bahan Material Stainless Steel A 11 Anti Karat Berstandar Foodgrade.
  • Dirancang Dan Dibuat Dengan Penuh Perhitungan Dan Ketelitian.
  • Dilengkapi Dengan Sistem Teknologi Pencetakan Kode Produksi.
  • Steril, Cepat, Aman, Mudah, Hemat

Bila Anda memiliki bisnis air minum kemasan dan memproduksinya sendiri, alat ini wajib untuk Anda miliki. Mesin cup filling memiliki berbagai macam jenis dan tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada 3 varian mesin cup filling

Tiga Varian Auto Cup Filling

  • Auto Cup Filling Sealing 8 Line – dengan kapasitas line yang lebih besar, mesin cup filling ini dapat menghasilkan hingga 10.000 gelas setiap jamnya. Terbuat dari bahan stainless steel, antikarat, kokoh, dan tahan lama. Pilihan tepat bagi Anda yang memproduksi minuman kemasan dalam jumlah banyak.
  • Auto Cup Filling Sealing 4 Line – memiliki spesifikasi tidak terlalu besar, yaitu empat kemasan cup atau gelas untuk satu kali proses filling. Namun begitu, alat ini mampu memproduksi 4000 kemasan gelas atau cup per jam. Kapasitas yang cukup lumayan besar untuk skala bisnis UKM.
  • Auto Cup Filling Sealing 2 Line – memiliki kapasitas paling kecil dan hanya mampu memproduksi dua kemasan cupatau gelas untuk satu kali prosesnya. Namun untuk hitungan per jamnya, alat ini mampu menghasilkan 2.000 sampai 2.200 produk minuman kemasan gelas. Dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga pas untuk pengusaha pemula.

Ketiga mesin ini sangat cocok untuk kebutuhan industri UKM dan bagi Anda yang baru merintis bisnis air minum kemasan.

Cara Kerja Mesin Cup Filling & Spesifikasinya

Cara Menggunakan Mesin Cup Filling

  • Peletakan gelas. Masing-masing gelas kemasan akan jatuh sesuai dengan wadah atau lubang tempat proses pengisian. Gelas-gelas tersebut secara otomatis akan jatuh ke lubang tersebut tanpa bantuan operator.
  • Pengisian produk. Setelah diletakann, selanjutnya proses pengisian air atau cairan. Pengisian dilakukan secara akurat atau tepat sesuai takaran yang diinginkan dan proses kerja cepat.
  • Pencetakan tanggal kadaluarsa/kode produksi. Di sisi lain, setelah produk terisi selanjutnya terdapat proses pencetakan kode kadaluarsa dan kode produksi pada tutup cup gelas secara otomatis.
  • Penyegelan produk. Berikutnya tahap Permukaan gelas akan disegel menggunakan kemasan yang sudah dicetak tanggal kadaluarsa atau kode produksi sebelumnya. Proses segel juga berjalan secara otomatis hingga pada tahap pemisahan antar produk.

Cara Kerja Mesin Cup Filling Terbaru

Demikian pembahasannya perihal cara kerja mesin cup filling yang dapat mengisi gelas kemasan cup. Serta menyegelnya menjadi minuman gelas cup yang higienis dan praktis. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.