Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Cara Bikin Seblak dengan Menu Isian Simpel, Rasa Tetap Spesial

Cara Bikin Seblak

Membuat kreasi makanan tidak melulu harus menggunakan bahan dan cara yang sulit kok. Banyak orang yang berpendapat bahwa hidangan dengan tampilan yang menggiurkan dilalui dengan cara yang sulit. Misalnya membutuhkan bahan dan alat yang mahal, teliti dalam takaran, dan sebagainya.

resep cara membuat seblak

Padahal, untuk menghasilkan makanan yang lezat tidak mewajibkan berbagai prasangka di atas harus terjadi. Menggunakan bahan-bahan yang murah meriah dengan alat dapur seadanya juga dapat memberikan hasil olah makanan yang lezat kok. Misalnya dapat kita ambil contoh, yaitu seblak. Coba tebak apa bahan utama dari seblak?

Pasti hampir semua orang tahu bahwa seblak menggunakan kerupuk sebagai bahan utama. Kerupuk yang digunakan pun banyak jenisnya. Topping pendamping lainnya adala mi, kwetiaw, bakso, ceker, makaroni, dan sebagainya. Lalu apa yang manarik dari seblak?

4 Hal Menarik dari Seblak

Cara buatnya mudah, bahan-bahan yang digunakannya pun mudah. Ada hal yang menantang dari seblak? Bahkan makanan asal Bandung ini sudah gampang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Berikut berbagai hal yang menarik dari seblak. Siapa tahu kamu akan tertarik untuk mencari cara bikin seblak.

  • Memiliki Dua Macam Jenis

Umumnya seblak yang paling banyak dikenal dengan hidangan kuah, disajikan secara basah dan pedas. Namun bagi kamu yang menginginkan rasa seblak lebih gurih bisa mencoba versi kering. Seblak kering memiliki olahan bumbu dari bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabai rawit. Poin utama yang membuat hidangan seblak kering semakin pedas berasal dari cabai rawit.

  • Menggunakan Kencur

Selain kerupuk, kuah yang berasal dari olahan kencur juga menjadi ciri khas utama dari adanya seblak. Rasa kuah yang sedap dihasilkan dari berbagai macam rempah, salah satunya kencur ini. Tanpa kencur hidangan dari kerupuk ini tidak bisa disebut dengan istilah seblak.

  • Memiliki Gizi

Siapa bilang makanan yang murah meriah tidak memiliki kandungan gizi? Meskipun hanya berbahan utama kerupuk nyatanya seblak tidak memperoleh gizi hanya dari itu saja. Seblak menggunakan cabai rawit yang mengandung betakaroten, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 yang bermanfaat dalam mencegah kanker. Sedangkan kencur sendiri merupakan tanakan obat yang baik untuk lambung kita.

  • Memiliki Bahan Makanan Modern

Meskipun asli lokal Indonesia, semakin hari seblak semakin mengalami pembaruan tampilan. Hal tersebut dapat terlihat dari topping yang gunakan. Saat ini seblak sudah mengadaptasi makanan asing, seperti sosis, makaroni, kwetiaw, dan sebagainya. Sajian makanan tersebut semakin mendominasi lezatnya seblak. Tenang saja, meskipun menggunakan bahan-bahan modern, rasa kencur pada kuah seblak tetap terasa lezat.

Simpel! Berikut Topping Seblak yang Mendominasi

Seblak merupakan makanan ringan yang dianggap muncul dari kaum masyarakat menengah ke bawah. Bahan atau topping yang digunakan pun mudah kamu temukan di pasaran. Untuk kamu yang ingin mencoba buka peluang menjual otak-otak bisa menggunakan berbagai isian seblak berikut ini.

  • Kerupuk

Ada berbagai jenis kerupuk yang bisa kamu manfaatkan. Biasanya kerupuk yang digunakan kerupuk merah atau kerupuk kanji. Tidak jarang juga banyak yang menggunakan kerupuk udang. Yang jelas kerupuk yang digunakan harus masih mentah dan tidak boleh digoreng. Karena proses pembuatan seblak sendiri kerupuk tidak digoreng melainkan direbus bersama bahan-bahan lainnya.

  • Mi kuning

Mi kuning pelengkap lainnya dalam isian seblak. Jika kamu ingin mengganjal perut sekaligus, bisa menambahkan topping yang satu ini. Seperti yang kita tahu, mi memiliki kandungan karbohidrat yang dapat mengenyangkan. Ditambah lagi dengan berbagai topping lainnya, pasti mengonsumsi seblak sangatlah cocok untuk mengganjal perut. Apalagi jika disantap saat hujan turun.

  • Telor

Telor pada seblak diolah dengan cara diorak-orik. Mengorak-arik telor memiliki berbagai cara. Salah satunya dengan mendadar seperti biasa lalu dihancurkan dengan cara diaduk-aduk. Berikutnya dicampurkan dengan isian seblak lainnya dan ditambah kuah.

  • Tahu

Tahu juga menjadi salah satu pelengkap lezatnya seblak. Kamu bisa menggunakan tahu sumedang. Selain tahu sumedang, bakso tahu goreng juga cocok dipadukan dengan seblak. Bakso tahu goreng tersebut akan masih terasa renyahnya setelah digenangi kuah seblak.

  • Sosis atau bakso

Kedua jenis frozen food ini bisa kamu pilih bisa juga digunakan semuanya. Baik sosis atau bakso frozen food saat ini sudah dijual bebas di berbagai pasar atau supermarket, sehingga kamu dapat memanfaatkan secara praktis.

Resep Seblak

Setelah mengetahui berbagai bahan-bahan simpel di atas tunggu apalagi? Saatnya sekarang langsung berkreasi dan membuat seblak dengan resep seblak berikut. Yuk persiapkan bahan-bahannya!

Hasil gambar untuk toping seblak

Bahan-bahan

  • 1 bungkus kerupuk kanji warna merah
  • 2 bungkus makaroni
  • 1 gulung mi kuning
  • 2 buah sosis yang diiris-iris
  • 2 butir telur ayam
  • Secukupnya lada bubuk
  • Secukupnya kaldu ayam bubuk
  • 3 gelas belimbing air
  • 5sdm minyak untuk menumis

Cara bikin seblak cukup dengan merebus kerupuk, makaroni, mi, dan sosis hingga setengah matang. Setelah itu tiriskan.

Bahan bumbu

  • 15 butir cabai rawit merah
  • 5cm kencur
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Secukupnya garam

Cara bikin bumbu seblak

  1. Haluskan seluruh bumbu.
  2. Kemudian tumis hingga harum.
  3. Ceplok telur lalu orak-arikan di atas bumbu yang sedang ditumis. Aduk terus hingga merata.
  4. Tambahkan lada bubuk dan kaldu bubuknya.
  5. Jika kuah sudah jadi dan teraduk sempurna. tambahkan kerupuk, makaroni, sosis, dan mi yang direbus tadi. Tuang air.
  6. Koreksi rasa sesuai keinginan. Kamu bisa menambahkan garam jika kurang asin, atau menambahkan air jika terlalu asin.
  7. Santap seblak dalam keadaan hangat.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Karena kemudahan cara pengolahan seblak inilah banyak para ibu rumah tangga ikut mencoba untuk membuka usaha. Biasanya usaha seblak juga disandingkan dengan berbagai minuman ringan yang dijual murah meriah. Segmentasi pembeli seblak sendiri lebih dominan oleh kalangan pelajar. Namun, untuk saat ini tidak jarang para pekerja juga menikmatinya kok.

Berbagai topping atau isian di atas memang sering digunakan awal mula usaha seblak. Namun, jika kamu ingin tampil berbeda dengan isian seblak pada umumnya bisa menggunakan bahan makanan lainnya, seperti lobster, udang atau kepiting, mi samyang, cilok, dan sebagainya. Hmm, berbicara seblak jadi ikut tergiur bukan?

 

 

(Zakiah)