WeCreativez WhatsApp Support
CS Wiratech
Hi, ada yang bisa kami bantu ?

Nikmatnya Rasa Bumbu Sate Madura, Ini Dia Rahasianya

Rahasia Bumbu Sate Madura

Selain soto, makanan lainnya yang memiliki satu nama namun beda rasa adalah sate. Kita tahu sate yang mudah ditemukan di Ibukota adalah sate padang dan sate madura. Ada lagi sate babi khas bali. Saat ini juga masih populer hidangan sate taichan dengan rasa bumbunya yang khas. Dari berbagai sate tersebut yang membedakan adalah penggunaan daging dan bumbunya.

bumbu sate madura

Umumnya sate menggunakan daging sapi atau daging kambing sebagai bahan utamanya. Tujuannya kedua jenis daging itu memiliki tekstur serat yang padat dan mampu mengenyangkan. Sedangkan sate dari daging babi sendiri selain di Bali masih sulit ditemukan. Selain ketiga daging tersebit, penggunaan ayam ternyata tidak kalah lezat. Seperti sate ayam asal Madura ini.

Istimewanya Bumbu Sate Madura

Sesuai dengan namanya, sate ini asli dari Madura, Jawa Timur. Namun, melalui rasanya yang lezat, jenis sate ini sudah banyak tersebar ke hampir seluruh pelosok di Indonesia. Biasanya sate madura dijajakan dengan gerobak pikul. Uniknya dalam menjajakan sate, para pedagang akan berteriak “sateee” dengan suara yang melengking.

Sate madura gerobak biasanya juga dijual dengan harga murah. Dengan Rp10.000 kamu sudah puas untuk menikmatinya. Nah, lalu apa yang istimewa dari sate asal madura ini? Bumbu sate madura adalah satu keistimewaannya. Bumbu sate kambing dan ayam madura terbuat dari sambal kacang. Sate madura sendiri mengandalkan ayam sebagai bahan utamanya. Ayam yang diolah memiliki tekstur yang empuk dan beraroma sedap serta menggugah selera Anda.

Pengolahan dan Penyajian Sate Ayam Madura

Jika dibahas mengenai bentuk potongan, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Hal yang membedakan hanya pada bagian bumbu kacangnya. Awalnya kacang goreng ditumbuk hingga halus kemudian dicampurkan dengan berbagai bumbu tambahan lainnya.

Sedangkan pada proses pembakaran, daging yang sudah ditusuk akan dicelupkan terlebih dahuku ke dalam bumbu kemudian dipanggang menggunakan arang batok kelapa. Saat proses pembakaran sesekali sate diolesi dengan minyak ayam untuk memperkuat aroma. Tapi perlu diingat untuk menambah aroma sedap pada sate, sebelumnya arang ditambahkan perasan jeruk limau. Tujuannya agar aroma asap pada sate tidak terlalu mendominasi.

Gambar terkait

Proses penyajiannya dihidangkan bersama bumbu kacang, kecap, potongan lotong, irisan jeruk nipis, dan acar. Khusus untuk kamu yang menyukai rasa pedas jangan khawatir karena biasanya penjual juga menyediakan sambal tambahan.

Cita Rasa Sate Ayam Madura

Jika ditanya bagaimana rasa dari sate ayam madura ini? Pasti akan membuatmu ketagihan. Pasalnya dalam bumbu sate ayam madura ini kamu akan mendapatkan berbagai rasa. Sate ayam memiliki rasa gurih, pedas, asam, dan manis sekaligus yang tentunya berbeda dengan jenis sate padang. Sedangkan untuk tekstur dagingnya terasa lebih empuk. Aroma khas dari bumbu sate madura juga ditambah padanan rasa dari kemiri.

Resep Sate Madura

Tenang tidak hanya mengolah sate madura, kami juga akan menyediakan berbagai bahan dan cara pembuatan bumbu sate asal Jawa Timur ini. Sudah siap berkreasi? Yuk simak perlengkapan bahan dan cara-cara pembuatan berikut.

Bahan utama

  • 250gr dada ayam
  • 1sdm air jeruk nipis
  • ¼ sdt garam

Bahan bumbu

  • 100gr kacang yang digoreng
  • 2-3 buah bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 3 buah kemiri yang disangrai
  • ½ sdt merica bubuk
  • 150ml air atau secukupnya
  • 3sdm kecap
  • 1sdm gula merah
  • ¼ sdt garam
  • 3sdm minyak untuk menumis

Bahan pelengkap

  • Secukupnya bawang goreng
  • Secukupnya bawang merah yang diiris tipis
  • Secukupnya cabai rawit yang diiiris

Langkah-langkah

  1. Cuci ayam hingga bersih lalu potong dadu. Balur ayam dengan jeruk nipis dan garam. Lalu tancapkan ayam pada tusuk sate.
  2. Haluskan seluruh bahan-bahan bumbu, bisa menggunakan chopper atau diulek. Jangan lupa untuk menambahkan air. Tumis bumbu dengan minyak sambil diaduk hingga mengental.
  3. Ambil 3 sdm bumbu. Tambahkan 1sdm kecap dan 1sdm air sebagai bahan celupan sebelum dibakar. Diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap.
  4. Siapkan arang atau batok kelapa yang sudah dikeringkan. Bakar sate di atasnya. Jangan lupa untuk memberikan perasan jeruk limau agar aroma sate lebih melekat.
  5. Angkat dan sajikan sate ayam dengan bumbu kacang dan bahan pelengkap lainnya.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Terlebih lagi ayam memiliki aroma daging yang tidak seamis kambing atau sapi, sehingga lebih mudah untuk diolah. Begitu juga saat pemotongan ayam menjadi bentuk dadu. Ayam tidak memiliki serat, sehingga saat pemotongan pun juga lebih mudah.

Hasil gambar untuk bumbu sate

Jadi sudah tahu kan apa keiistimewaan dari bumbu sate madura? Dapat diambil kesimpulan bahwa keistimewaan bumbu sate madura diperoleh dari penggunaan kacang, perasan air jeruk, kemiri, dan rempah lainnya. Sate madura sendiri juga dapat dijadikan alternatif makanan untuk kamu yang tidak menyukai daging. Atau kamu menyukai jenis hidangan sate lain?

 

 

(Zakiah)