Bumbu Sate Kambing

Bumbu Sate Kambing bisa dibilang terdiri dari beberapa jenis campuran, biasanya pada kedai sate pinggiran selalu di tawarkan dalam 2 rasa yakni Bumbu Kecap atau Bumbu Kacang. Nah kedua bumnbu sate ini memang cukup familiar di telinga masyarakat pada umumnya. Terlebih lagi bagi mereka para pecinta kuliner menu sate, sudah barang tentu kedua opsi bumbu tersebut bisa menjadi favorit masing-masing individu.

bumbu sate kambing

Ngebahas sate daging kambing, tentunuya gak lengkap jika kita tak membahas satu persatu makanan berbahan dasar daging berwarna merah yang satu ini. Seperti yang kita ketahui, kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak di konsumsi selain sapi. Rasanya bisa dibilang cukup ikonik, gak hanya rasa karena aromanya juga menyiratkan ciri khas tersendiri lho.

Menurut penelitian sejumlah badan pangan dan gizi, pada tiap 100 gram daging kambing terdapat cukup banyak vitamin dan gizi. Di antaranya 27 gram protein, 143 kalorin, lemak 3 gram,zat besi, vitamin b12, fosfor dan selenium. Walaupun kaya akan gizi dan vitamin namun kandungan Kolesterol dalam 100 gram daging kambing juga cukup tinggi, yakni 75mg. Oleh karenannya daging kambing memang sangat disarankan untuk tidak di konsumsi dalam jumlah besar.

Selain penjabaran di atas, ada juga beberapa manfaat daging kambing yang perlu anda ketahui :

  • Sumber energi yang besar untuk aktivitas sehari-hari
  • Pembentukan otot, kandungan protein di dalamnya sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya
  • Mencegah anemia, hal ini disebabkan karena daging kambing mengandung zat besi yang besar
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan zat besinya yang tinggi, mencapai100 gram memenuhi 26% kebutuhan zat besi harian, yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Antioksidan, kandungan seleniumnya yang besar, 38 mg atau 54% kebutuhan harian tubuh merupakan antioksidan
  • Menjaga kesehatan mata, Kandungan vitamun B2 atau riboflavin sebesar 0.3mg atau 18% dari kebutuhan harian penting untuk menjaga kesehatan mata
  • Menjaga sistem saraf, kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi baik untuk menjaga sistem saraf kita
  • Kesehatan tulang, kandungan phosphorus yang besar, 272mg atau 27% dari kebutuhan harian bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Wah cukup banyak bukan manfaatnya bagi tubuh? Walau ada mudharatnya juga tetapi bisa dibilang mengkonsumsi sangat di anjurkan sejak dari zaman nabi. Tentu hal tersebu bukan tanpa sebab mengingat pada masa dahulu kala, konsumsi daging halal cukup terfokus pada daging ayam,sapi,domba, unta juga ikan.

Nah maka memang sudah tak di ragukan lagi reputasi daging kambing sebagai bahan makanan berat paling bermanfaat serta bergizi. Oleh karenannya mengolah daging kambing menjadi bahan makanan merupakan suatu kelebihan tersendiri. Hal ini tak terkecuali dalam hidangan menu sate.

Diantara banyak hidangan sate, daging kambing dan ayam merupakan dua jenis bahan daging favorit yang cukup banyaka di gunakan. Alasannya sederhana, yak arena kedua jenis daging ini memang cukup mudah di proses, dan tidak memerlukan banyak bahan untuk mengolahnya.

Mengolah Daging Kambing Menjadi Sate

Tetapi memang perlu di ketahui, bahwasanya mengolah daging kambing dan daging ayam menjadi sate mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda lho. Jika daging ayam relative lebih mudah, namun tidak demikian dengan daging kambing. Perlu pengetahuan khusus dan perlakuan berbeda untuk membuat sate kambing yang lembut dan tidak bau. Berikut tips triknya :

Pemilihan Daging

Daging kambing di tawarkan dalam banyak bagian, nah untuk yang satu ini anda harus sedikit menggunakan feeling serta indra penciuman. Paling mudah menentukan daging kambing cocok atau tidak untuk kebutuhan olahan sate, adalah dengan memilih daging kambing tanpa Lemak dan urat

Dilarang Mencuci Sebelum Di Olah

Banyak orang yang sering lupa akan hal ini, di karenakan memang filosofi mengolah daging kambing cukup berbeda dari bahan daging hewan kebanyakan. Pada daging kambing di sarankan untuk tidak di cuci terlebih dahulu sebelum di olah. Hal ini demi menghindari tekstur daging yang bisa berubah menjadi lebih keras dan alot di karenakan menyerap air sewaktu proses pencucian. Daging yang telah di cuci lalu di simpan dalam lemari es juga berpotensi terkontaminasi kotoran dan bakteri lho.

Cara paling sederhana untuk menjaga daging tetap bersih sebelum di olah adalah dengan menaburi permukaan daging dengan garam dapur. Hal ini bertujuan agar bau amis padaa daging kambing lebih smooth, dan setelah itu baru bisa di cuci hingga bersih sebelum di olah.

Gunakan Buah Nanas

Selain garam, ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk membuat tekstur daging lebih lembut dan awet selama dalam tahap penyimpanan. Parutan buah nanas sedari dulu di percaya dapat membuat tekstur daging menjadi lebih empuk tanpa merusak serat.

Metode Pembungkusan / Penyimpanan

Cara sederhana yang lain yang bisa anda lakukan untuk membuat daging kambing tetap optimal adalah memilih media pembungkus yang tepat. Untuk menyimpan daging kambing di sarankan menggunakan media pembungkus seperti Plastik kemasan vacuum / nylon. Untuk alternative lain di sarankan menggunakan daun pepaya yang telah di remas-remas lalu di bungkuskan dengan potongan daging.

Di Marinade

Cara yang paling kekinian untuk metode penyimpanan daging kambing zaman sekarang adalah dengan metode marinade alias di mariner. Anda bisa menggunakan olahan bumbu-bubu seperti bawang putih, parutan jae, dan madu untuk membuat tekstur daging kambing lebih empuk serta harum.

Nah setelah mempelajari bagaimana cara mengolah daging kambing untuk pengolahan menu sate, sekarang mari kita mempelajari 2 resep bumbu sate kambing yang bisa anda buat secara sederhana di rumah. Ada 2 jenis bumbu sate kambig yang cukup terkenal, yakni bumbu kacang dan satu lagi bumbu kecap.

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

  • 1 lembar dauh jeruk
  • 80 ml kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 350 ml air
  • 4 butir bawah merah (dihaluskan)
  • 3 siung bawah putih (dihaluskan)
  • 200 gram kacang tanah goreng (haluskan)

Cara membuat :

  • Masak bumbu yang sudah dihaluskan bersama air, kecap manis, daun jeruk, garam dan merica hingga mendidih dan matang. Sisihkan,
  • Ambil secukupnya bumbu kacang tersebut, campurkan lagi dengan kecap manis. Setelah rata, lalu lumuri pada permukaan daging, diamkan sebentar agar lebih meresap. Bakar sate dengan sesekali diolesi sisa bumbu olesan dan sesekali juga dibolak-balik agar matang merata.

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

  • 10 buah cabe rawit iris
  • 5 butir bawang merah iris
  • 6 sdm kecap manis
  • 1 sdt merica / sesuai selera
  • 1 sdm jeruk limau

Untuk pembuatan bumbu kecap seniri cukup mudah, yakni semua bahan” yang telah di potong dan di iris, di jadikan satu dalam wadah. Lalu tuangkan kecap manis, perasan jeruk dan merica bubuh, lalu aduk. Dan sajikan

Nah bagaimana?? Ternyata untuk membuat bumbu sate kambing rumahan cukup mudah bukan?karena memang pada dasarnya kedua metode di atas sering kali di gunakan oleh para penjual sate Madura professional. Untuk di terapkan pada resep rumahan tentu saja cara tersebut cukup mudah dan sederhana.

Oke selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty + 7 =