Bisnis Sampingan Mahasiswa

Bisnis sampingan mahasiswa ada banyak yang bisa anda lakukan bila anda seorang mahasiswa. Apapun bisnisnya atau pekerjaannya yang tertenting adalah halal. Dapat menghasilkan uang sampingan yang cukup untuk uang saku dan berbagai kebutuhan kuliah lainya. Selama anda menjadi mahasiswa jangan pernah malu untuk mencari uang sendiri yang penting halal.

bisnis sampingan mahasiswa

Dimasa kuliah itu adalah masa yang paling enak untuk belajar cari uang sendiri. Tak perlu malu untuk memulai pekerjaan yang menurut anggapan orang rendahan atau pekerjaan orang bawahan. Justru dimasa kuliah anda harus putuskan urat malu anda, selama tidak mencuri, tidak telanjang didepan umum, tidak menjadi budak nafsu. Selama itu halal maka lakukan dengan senang hati dan enjoy, justru dimasa kuliah adalah masa yang paling mudah untuk mencari uang.

Siapa pun pasti bisa maklum bahwa anda adalah mahasiswa, cari duit sendiri pekerjaan apapun dilakukan selama itu halal. Bahkan orang akan salud pada anda karena anda berani melakukan pekerjaan apa saja yang halal. Tidak semua orang dimasa tua atau yang umurnya lebih tua dari anda mau melakukan pekerjaan yang orang bilang rendahan. Semasa menjadi mahasiswa justru anda bebas melakukan apa saja selama itu positif untuk diri anda. Dari situ anda dapat membangun kepercayaan diri anda, mulai dari pekerjaan dari bawah.

Misalkan saja bekerja sebagai OB kantor namun sambil kuliah, jadi asisten dosen, bekerja sebagai pengawas lab, bekerja dipercetakan. Sebagai data entri, menjadi content writer, menjadi ojek online, bahkan menjadi supir angkot sekalipun, atau berwirausaha menjadi pedagang jus,ber bisnis makanan ringan. Selama anda masih muda lakukanlah banyak hal yang dapat meningkatkan kemampuan anda. Hal ini bermanfaat untuk anda bahwa dikemudian hari anda akan memiliki kepercayaan diri karena sudah punya kemampuan. Oleh karena itu jangan pernah malu, putusin urat malu anda, yang penting pekerjaannya positif.

Anda juga dapat cari pekerjaan yang dapat meningkatkan kemampuan anda sesuai bidang keahlian jurusan yang anda pilih dalam kuliah. Supaya setelah kuliah anda sudah memiliki kemampuan tersebut dan anda punya rasa percaya diri yang tinggi karena punya keahlian.

Banyak orang yang umurnya tua dia malu melakukan pekerjaan rendahan karena dia tidak punya keahlian apapun. Oleh karena itu dimasa muda anda perlu mencari kemampuan sesuai bidang jurusan kuliah yang anda ambil. Agar setelah kuliah anda punya keahlian tersebut sesuai jurusan kuliah anda. Namun bila kepepet tak sesuai bidang jurusan kuliah anda tak jadi masalah selama itu halal maka lakukanlah. Karena itu nantinya akan menjadi keahlian anda dalam bidang lain dimasa tua nanti.

Pekerjaan Sampingan Kreatif Mahasiswa

Sebagai contoh ada pekerjaan kreatif yang dapat anda lakukan sebagai mahasiswa untuk dapat menghasilkan pendapatan tambahan.

  • Kerja Sampingan Jadi Asisten Dosen

Pekerjaan ini masih berkutat di lingkungan kampus jadi anda lebih santai dan efisien dalam hal waktu karena bisa sekaligus kuliah. Pekerjaan ini sering jadi incaran bagi para mahasiswa yang punya kualitas akademik mumpuni. Bila anda ingin kerja jadi asisten dosen, pastikan nilai IPK mu sesuai dengan standar untuk jadi asisten dosen.

Untuk anda yang memang sudah terbiasa menorehkan prestasi melalui IPK yang rata-rata tinggi, anda bisa melamar jadi asisten dosen. Penghasilannya lumayan, Selain anda bisa semakin mengasah kecerdasan dan membagikan ilmu sama adik-adik tingkat, anda dapat salary cukup lumayan.

  • Kerja Sampingan Jadi Guru Les Privat

Pekerjaan ini cukup lumayan penghasilannya. Karena anda bisa mengisi waktu kosong saat tak ada jadwal kuliah, anda bisa nambah pemasukan. Anda bisa tetapkan sendiri salary yang anda inginkan sesuai dengan jumlah pertemuan setiap bulannya.

kerja sampingan guru privat

 

Anda perlu menentukan durasi waktu setiap kali pertemuan. Untuk saran. Ada baiknya tidak menerima murid yang minta les hanya karena saat ada ulangan saja. Soalnya anda bisa rugi, mengapa demikian?. Karena ulangan kan tidak tiap minggu (kecuali waktu jadwal minggu-minggu ulangan seperti ujian tengah semester), lagipula belajar itu butuh proses. Anda akan kesulitan bila menerima murid yang seperti itu. Tentunya saat jadwalnya ulangan, mereka bakal minta waktu tambahan. Selain itu, anda juga kesulitan bila anaknya tidak cepat mengerti dengan penjelasan anda karena waktu pertemuan hanya terbatas saat ulangan saja.

  • Bisnis Sampingan Jadi Tukang Ojek Online

Sekian tahun terakhir ini, bisnis ojek online kian berkibar. Banyak pegawai kantoran yang juga mengambil kesempatan ini untuk menambah penghasilan mereka. Bahkan tidak jarang dari antara karyawan di sebuah instansi atau pabrik tertentu yang berpindah haluan menjadi sopir ojek online. Karena penghasilan yang lumayan menggiurkan, anda bisa mencoba untuk jenis pekerjaan sampingan yang satu ini.

  • Penulis Freelance

Bila dibayar untuk menulis bukan hanya untuk wartawan surat kabar dan majalah profesional. anda mungkin akan terkejut betapa banyak situs web, blog, dan majalah yang membayar orang untuk menulis artikel e-Book untuk mereka. Tak perlu menjadi seorang jurnalis atau Shakespeare untuk menjadi penulis yang dapat menghasilkan uang.

Siapa saja bisa mendapatkan penghasilan tetap dengan menjadi penulis freelance di bidang keahlian mereka, seperti keuangan pribadi, kesehatan dan gaya hidup, hiburan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Mungkin pada awalnya anda merasa tidak percaya diri saat membuat karya tulisan. Namun tak perlu khawatir, anda dapat mengikuti kursus online yang dapat membantu anda dalam membuat tulisan yang baik untuk dipublikasikan.

  • Menjadi Perancang Desain Grafis

Untuk anda para pemuda yang memiliki jiwa seni dan suka mendesain. Mengapa tidak mencoba untuk menambah penghasilan dari talenta dan hobimu?. Tentunya akan sangat menyenangkan mengerjakan sesuatu yang anda senangi bahkan bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari situ.

kerja sampingan desain grafis

Desain grafis tidak hanya selalu berhubungan dengan pembuatan grafis dan logo. Meskipun terkadang banyak permintaan untuk mendesain web. Namun ada juga permintaan untuk merancang sampul buku e-Book, kaos, seni dinding, hadiah dan juga kemasan produk. Ada bermacam situs yang dapat menghubungkan anda dengan para Client yang membutuhkan perancang desain grafis.

  • Memulai Sebuah Blog

Anak jaman sekarang tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Blogger. Kini banyak ribuan blog di internet yang berafiliasi dengan produk-produk tertentu. Para blogger ini menjadi Affiliate Marketing, dimana mereka dibayar oleh suatu perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

Setiap “klik” dari para pengunjung menghasilkan pundi-pundi untuk blogger tersebut. Seperti misalnya, bila anda senang travelling dan senang mem-post hasil rekaman perjalananmu di blog. Kemudian banyak orang yang melihat ulasanmu, bisa jadi sebuah perusahaan travelling akan memintamu untuk menjadi affiliate marketing mereka. Dengan menjadi blogger, anda dibayar untuk menyalurkan hobimu. Pastinya menarik untuk anda.

  • Memulai Sebuah Channel YouTube

Bila karyamu di YouTube channel membuat banyak pengunjung menyukai karya tersebut. Tak heran bila suatu saat ada sebuah perusahaan produk tertentu meng-endorse-mu untuk menjadi affiliate marketing mereka.

  • Menjadi Pedagang Online

Ingin berjualan namun tak punya tempat untuk berjualan? Mau sewa kios tapi mahal dan belum ada modal untuk sewa kios?. Internet bisa menjadi lapak untuk barang jualanmu, bahkan para calon konsumenmu bisa berasal dari luar pulau dan juga dari belahan bumi lain. Tak perlu susah buka toko, buka saja lapakmu dengan membuat account di web market pleace untuk memasarkan dagangan anda. Gunakan setiap jejaring sosial yang anda punya untuk memasarkan produk yang anda jual. Anda bisa menjadi pedagang online yang jujur dengan memaparkan kualitas barang sesuai keadaannya agar anda mendapat kepercayaan dari para konsumenmu.

bisnis sampingan mahasiswa pedagang online

  • Bekerja di Cafe

Anda juga bisa bekerja di kafetaria kampus atau salah satu restoran di sekitar kampusmu. Pekerjaan tersebut sepertinya lebih fleksibel dengan waktumu sebagai seorang mahasiswa. Banyak cafe yang menerima para mahasiswa untuk bekerja dengan menyesuaikan waktu kuliah mereka. Salah satu pekerjaan yang diminati oleh para pemuda saat ini adalah barista dan juga waiters di cafe atau kedai kopi.

Itulah tadi beberapa contoh pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan mahasiswa yang bisa anda lakukan bila anda seorang mahasiswa. Sebenarnya masih banyak lagi macam bisnis ukm sampingan mahasiswa yang bisa anda lakukan yang terpenting adalah anda tidak malu untuk mencoba. Semoga bermanfaat