Bakso Goreng Tanpa Kuah Tetap Enak

Bakso Goreng – Memasuki musim penghujan di Indonesia mengharuskan kita untuk menyiapkan segala kebutuhan yang harus dibawa ke mana saja, seperti payung atau jas hujan. Apalagi beberapa titik di negara agraris ini sering terjadi banjir yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tentu saja kejadian tersebut dapat menghambat pekerjaan kita yang tidak dapat selesai pada waktunya.

Bakso

Meskipun hujan juga memiliki manfaat seperti menyuburkan tanah dan tumbuhan, dengan lingkungan yang tidak terjaga sama saja dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir atau longsor.

Kemungkinan banjir atau longsor tentu dapat kita cegah dengan menjaga lingkungan. Langkah yang paling sederhana adalah tidak membuang sampah sembarangan. Jika kita membuang sampah pada tempatnya, saluran, sungai, atau penampungan airnya tidak akan tersumbat yang dapat menyebabkan banjir. Dengan demikian, meskipun hujan kita dapat menjalankan aktivitas dengan membawa payung atau jas hujan.

Selain itu, sebagian penduduk Indonesia juga menyambut hujan karena memiliki hawa yang dingin. Seperti yang kita tahu, negara ini memiliki iklim tropis yang mengharuskan kita bertemu matahari setiap harinya. Dengan suasana yang sejuk tentu sebagian masyarakat Indonesia sangat menikmatinya.

Terlarut dengan hawa yang sejuk dan dingin juga tidak terlalu baik. Jangan sampai dengan suasana tersebut justru membuat kita malas beraktivitas. Untuk mengembalikan semangat kembali kita perlu mengisi energi. Musim hujan akan semakin padu jika kita mengonsumsi sajian hangat. Seperti makanan berkuah atau minuman hangat yang dapat dinikmati saat suasana hujan. Kedua sajian tersebut tentu akan mengembalikan semangat beraktivitas kembali. Daripada hanya mendekam di rumah lebih baik mencari kesibukkan yang bermanfaat bukan?

Salah satu menu yang bisa Anda nikmati adalah sajian bakso dengan kuahnya yang hangat. Bakso merupakan olahan daging yang memiliki bentuk bulat pada umumnya. Bakso adalah sajian hangat yang bisa mengembalikan semangatmu beraktivitas di musim hujan. Tanpa nasi dengan mengonsumsi bakso juga dapat memberikan energi kembali.

Bakso memiliki berbagai jenis. Bakso dapat disajikan dengan tampilan telur di dalamnya. Selain itu, bakso juga dapat dicampurkan dengan daging urat. Anda juga bisa lho menyiapkan stok daging giling untuk membuat bakso sendiri di rumah. Musim hujan terkadang juga menyulitkan kita beraktivitas di luar rumah. Alhasil, ingin membeli jajanan di luar rumah pun sulit. Jika ingin bereksprimen sendiri di rumah, bisa banget!

Anda hanya perlu menyiapkan daging giling, tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih, es batu, dan air. Langkah pertama mencampurkan daging giling, tepung kanji, lada bubuk, garam, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Uleni adonan sampai tercampur sempurna. Nah, demi memudahkan pengerjaan, Anda dapat menggunakan mesin giling daging untuk mendapatkan gilingan daging yang sempurna.

adonan bakso

Setelah adonan sudah tercampur, langkah berikutnya pembentukkan bakso. Namun, apabila adonan masih lembek dan susah dibentuk maka dapat Anda tambahkan es batu secara perlahan sampai adonan dapat dibentuk. Untuk langkah yang lebih instan, Anda juga dapat menggunakan mesin bakso agar bentuk lebih menarik.

Setelah bakso terbentuk jangan lupa siapkan air yang sudah didihkan. Bakso dapat dimasukkan ke panci yang berisi air panas. Bakso yang sudah matang ditandai dengan keadaan yang mengapung. Jika bakso sudah mengapung, segera angkat.

Kehadiran bakso tentu tidak lengkap tanpa kuahnya. Untuk membuat kuahnya bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah air, tulang sapi, lada bubuk, daun bawang, gulang pasir, bawang putih dan bawang merah goreng, dan kaldu sapi instan. Setelah mempersiapkan bahan-bahan, maka didihkanlah air. Kemudian masukkan satu per satu bahan yang telah disiapkan. Lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Bila terasa kurang sedap, Anda bisa tambahkan garam atau lada bubuk secukupnya.

Bakso tanpa kuah? Ada!

Mudah sekali bukan? Selain bakso berkuah ternyata ada lho bakso yang disajikan tanpa kuah. Yap! Bakso goreng. Bakso goreng memang disajikan kering. Namun, rasa pada bakso goreng tidak kalah menarik dengan sajian bakso kuah pada umumnya. Bakso goreng memiliki tekstur yang renyah juga cocok dijadikan camilan untuk menemani hari-hari Anda di musim hujan.

bakso goreng

Tidak jauh berbeda dengan pembuatan bakso pada umumnya, bahan utama yang harus disiapkan adalah daging sapi. Untuk menambah rasa yang khas pada bakso goreng, Anda bisa menambahkan olahan daging udang yang sudah dicincang halus. Kemudian jangan lupa menyiapkan tepung sagu dan tepung terigu. Untuk menambah kesan renyah dan kriuk siapkan telur yang s udah dikocok lepas.

Karena proses bakso digoreng, maka minyak goreng tentu menjadi bagian inti dari proses pembuatan. Sedangkan bumbu-bumbu yang dapat digunakan, yaitu lada bubuk, garam, gula pasir, dan campuran baking powder dan baking soda untuk mengembangkan adonan.

Setelah mempersiapkan bahan-bahan dan bumbu langkah-langkah membuat bakso goreng dapat Anda mulai.

  1. Campurkan daging sapi giling dan udang yang sudah dihaluskan dengan bumbu-bumu yang sudah disiapkan sampai teraduk rata.
  2. Ayak kedua tepung dengan baking powder dan baking soda di wadah yang berbeda. Kemudian campurkan ke dalam adonan hingga tercampur rata.
  3. Bentuk adonan menyerupai bakso. Jika proses pengerjaan ingin lebih cepat, gunakan mesin pencetak bakso.
  4. Gelimangkan bakso ke dalam kocokan telur hingga rata.
  5. Masukkan bakso yang sudah digelimangkan ke minyak panas
  6. Angkat bakso jika warnanya sudah kekuningan

Sajian bakso goreng ini bisa Anda dinikmati bersama saus pedas yang cocok dinikmati saat cuaca dingin. Namun, Anda juga bisa mencampurkan dengan jenis saus lain, seperti mayones. Atau jika Anda menyukai rasa pedas manis juga bisa memadukannya dengan kecap dan asam cabai rawit. Selamat bereksperimen!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 3 =