Alat Pres Tutup Botol Manual Murah Namun Tidak Praktis

Alat Pres Tutup Botol Manual

Alat pres tutup botol manual ( Mesin capping )sebenarnya memang berbentuk alat manual yang digunakan untuk menutup produk cair dalam botol plastik.      Namun kini bila menggunakan alat manual dalam industri produk cair dalam botol tentunya akan membuat tangan anda pegel. Karena melakukan pekerjaan menutup botol sekian banyak menggunakan alat manual.

Alat Pres Tutup Botol Manual

Namun kini perkembangan teknologi yang semakin canggih penggunaan alat yang otomatis atau semi otomatis sudah banyak. Penggunaan mesin capping sebagai mesin penutup botol kini sudah semakin meluas karena alat ini memudah kan pekerjaan menutup botol dalam industri produk cair dalam botol.

Dikatakan mesin penutup botol manual karena bukan proses yang berkelanjutan seperti menggunakan conveyor namun masih memerlukan bantuan manusia untuk memasukannya kedalam mesin tersebut. Walaupun proses menutup botolnya tetap secara otomatis.

Mesin Penutup Botol merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan anda dalam proses penutupan botol. Memang hal yang sepele sebetulnya, tapi efeknya sangatlah bermanfaat. Dimana Mesin penutup botol ini digunakan untuk menutup berbagai macam jenis botol mulai dari tutup botol plastik, botol beling, tutup botol kaleng dan masih banyak lagi macam jenis penutup seperti yang berbahan plastik, seng, kawat atau berbahan ulir.

Sebenarnya memang bisa menutup botol secara manual, mengandalkan kekuatan tangan, dengan resiko cairan di dalam botol akan cepat basi karena tidak terkemas sempurna. Hal ini juga memerlukan prasyarat lain seperti anda tidak boleh mempacking dalam jumlah besar. Capping botol diatas 50 pieces saja akan membuat tangan kram. Dalam hal ini tentunya anda butuh mesin segel botol plastik.

Kegunaan Alat Penutup Botol Plastik

  • Mesin penutup botol plastik sudah banyak digunakan dalam industri minuman, bahan makanan, farmasi, dan industri produk cairan lainnya.
  • Alat penutup botol plastik menjadi sebuah alat yang sangat dibutuhkan dalam industri minuman (produk cair) botol. Karena mesin penutup botol akan menutup dan menyegel berbagai jenis botol dan penutupnya dengan sangat rapat dan kuat.
  • Dengan menggunakan Alat penutup botol plastik juga akan membuat proses penutupan dan penyegelan kemasan botol semakin mudah, cepat, aman, dan hemat.
  • Penggunaan dari Mesin Segel Tutup Botol sangatlah luas, mulai dari usaha UKM, usaha menengah, hingga usaha makro yang bersekala Internasional.

Mengenal Berbagai Jenis Tutup Botol Plastik

Ada lebih dari satu jenis tutup botol yang dipakai dalam pengemasan beragam jenis produk. Masing-masing macam memiliki fungsi tambahan selain untuk menyegel kemasan. Di bawah ini adalah beberapa varian tutup botol yang bisa digunakan dalam bisnis Anda.

  • Tutup Botol Segel

Jenis tutup botol segel adalah yang paling umum dipakai dalam aneka produk. Kebanyakan produk berbahan cair dan berupa minuman, menggunakan tutup botol ini. Bahan tutup botol biasanya berupa plastik. Akan tetapi pada produk tertentu, tutup bisa juga dibuat dari bahan logam.

Ciri dari tutup botol segel adalah model tutup ulir dan adanya segel yang ganda. Konsumen bisa membuka segel pertama lalu kembali menutup kemasan produk untuk menjaga kualitasnya.

Wirapax Mesin Caping DK50D

Tutup botol segel yang berkualitas baik bisa dilihat dari kekuatan segelnya dan ulir yang menutup sempurna. Bila botol dijungkirbalikkan, maka isi tidak akan tumpah atau merembes keluar dari kemasan. Hal ini menandakan kemasan tertutup sempurna.

  • Tutup Botol Plug

Serupa dengan jenis tutup botol segel, kemasan dengan tutup botol plug bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan konsumen. Bedanya, bila tutup botol segel umumnya menggunakan tipe ulir, tutup plug hanya mengandalkan tekanan antara tutup dengan kemasan.

Jenis tutup ini bisa Anda lihat pada kemasan kaleng cat atau lem. Tutup ini relatif lebih sulit untuk dibuka, karena memang didesain untuk menjaga agar isi kemasan tidak mudah kering atau menggumpal.

Tutup botol plug juga ada yang dikombinasikan dengan jenis tutup botol ulir. Model tutup plug semacam ini bisa Anda temukan pada produk madu dan beberapa jenis obat-obatan cair. Bahan dari tutup plug pun bervariasi. Material plastik maupun metal bisa digunakan tergantung pada jenis produk dan kemasannya.

  • Tutup Botol Lancip

Berbeda dari jenis tutup botol lain, tutup botol lancip adalah varian tutup yang paling sering digunakan untuk industri makanan. Produk pelengkap makanan seperti; saus, sambal, kecap, cuka, hingga sirup, biasanya memakai jenis tutup ini.

Bentuk tutup botol ini lancip. Sebagian model memiliki lubang di bagian ujung lancipnya, sedangkan ada pula yang harus digunting dulu sebelum digunakan. Segel ganda digunakan untuk menjamin kualitas produk terjaga dengan baik.

  • Tutup Botol Flip Top

Sesuai namanya, bagian atas dari tutup botol ini bisa dijentikkan dengan tangan untuk dibuka dan ditutup kembali. Konsumen pun bisa dengan mudah membuka tutup kemasan untuk menggunakan produk.

Tutup botol sejenis ini kerap digunakan untuk produk farmasi, bumbu atau saus makanan. Beberapa contoh produk yang menggunakan tutup botol flip top adalah saus sambal, bumbu halus (seperti, merica, baking powder, dan sejenisnya), hingga minyak angin.

Untuk menjaga kualitas produk, kemasan tutup ini biasanya dilengkapi dengan segel dibawah tutup botol flip top. Konsumen harus membuka segel ini sebelum bisa menggunakan produk dan memakai tutup flip top-nya.

mesin label botol minuman

Demikian pembahasannya tentang Alat pres tutup botol ( Mesin capping )manual yang bantu industri produk dalam botol dengan penutupnya. Alat tersebut sangat berperan sekali dalam industri produk dalam botol, Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Customer Service