Cara Memulai Bisnis Makanan

Cara Memulai Bisnis Makanan – Ada banyak bisnis di dunia ini yang mungkin bisa anda jalankan, tapi bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan dibanding bisnis lainnya. Selain karena setiap orang selalu butuh makanan setiap harinya, bisnis makanan juga umumnya hanya menggunakan modal yang kecil dan sedikit. Sehingga ini akan sangat membantu anda yang ingin berbisnis tapi kekurangan modal. Dengan membuka bisnis sendiri akan lebih mudah mengatur pengeluaran dan pemasukan, apalagi jika anda memang punya resep andalan yang selalu disuka orang disetiap penyajiannya. Kali ini Wiratech akan berbagi 5 Cara Memulai Bisnis Makanan Sendiri.

Cara Memulai Bisnis Makanan

Hal yang harus anda lakukan saat akan memulai bisnis :

  • Menetapkan keunggulan

Kita harus mengetahui kenapa makanan yang kita buat jauh lebih baik dari makanan lain yang dijual di luar sana. Apakah karena namanya yang unik, bentuknya yang lucu, kemasannya yang sangat menarik atau karena kita menggunakan bahan alami dan resep lama dalam pembuatannya. Tentu itu adalah keunggulan dari makanan kita dibandingkan dengan makanan lain yang dijual orang diluar sana, dan itulah yang akan menjadi nilai jual makanan yang anda buat. Usahakan agar makanan yang anda jual memiliki kelebihan atau keunggulan yang tidak dimiliki pengusaha makanan lainnya.

  • Test Rasa

Coba bawa makanan buatan anda ke tempat makan atau tempat kumpul teman – teman anda, apakah mereka menyukainya? Apakah masih ada yang kurang? Bagian mana yang mereka suka, apakah kemasan, bentuk atau rasanya? Dan bagian mana yang mereka rasa masih kurang enak atau menarik. Dengan begitu anda akan mengetahui apa saja yang harus anda perbaiki dan lebih ditingkatkan, dan hal ini juga bisa sekaligus menjadi promosi anda kepada orang – orang yang mencicipi.

  • Tentukan Harga

Menentukan harga makanan tidak semudah saat anda berniat untuk menjual sebuah barang elektronik ke pasaran, anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa harga makanan yang anda jual dipasaran, selain itu anda juga harus menentukan berapa pengeluaran yang anda keluarkan setiap kali membuat makanan tersebut dan jangan lupa menambahkan keuntungan.

  • Promosi

Belajarlah untuk beriklan dengan murah dan efektif. Jika anda berniat menggunakan jasa iklan online seperti Google Adwords untuk promosi, maka lebih perkecil wilayah untuk promosinya agar lebih mudah ditemukan orang, begitu juga dengan facebook. Gunakan segala jenis media sosial yang anda punya untuk berpromosi.

  • Buat Rencana Bisnis

Anda harus menyiapkan rencana bisnis anda kedepannya, jangan nekat menjalankan usaha makanan padahal anda belum memiliki kesiapan yang cukup matang untuk kedepannya. Padahal hal tersebut sudah harus anda perhitungkan dari jauh hari bahkan sebelum anda memulai bisnis itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 11 =