free website stats program

Membangun Bisnis Online

Membangun Bisnis Online – Seiringnya berkebangnya teknologi, kini teknologi sudah dapat memudahkan pemenuhan kehidupan sehari-hari kita, misalnya bila dahulu untuk berbelanja kebutuhan rumah, kita harus pergi ke supermarket atau pasar. Sekarang tidak perlu karena sudah ada layanan online, di mana Anda membeli kebutuhan bulanan dari rumah via online. Kemudahan tersebut yang menjadi alasan mengapa konsumen lebih memilih melakukan kegiatan berbelanja online ketimbang mengunjungi tempat. Nah,  konsep tersebut juga harus diterapkan untuk bisnis dalam bidang apapun, tidak terkecuali usaha UKM. Dewasa ini banyak konsumen yang mengenal sebuah merek melalui internet . Maka dari itu bila usaha Anda ingin berkembang perlu menetapkan online presence karena dari platform online lah Anda akan mendapatkan banyak konsumen. Menurut riset yang dilakukan MIT Center for Digital Business, perusahaan yang sukses go digital mengantongi keuntungan 26% lebih besar dibandingkan saingannya, hal Ini berlaku bagi industri manapun.

membangun bisnis online

Untuk itu apa saja hal penting untuk membangun online presence? Simak tiga hal berikut ini.

  1. Website usaha

Biarpun Anda mengeluti bisnis UKM dengan adanya website resmi, usaha Anda akan mendapatkan kredibilitas. Adanya website juga mendukung promosi dan marketing selain yang bisa Anda lakukan di media social. Selain itu fungsi website official juga sebagai platform konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai usaha dan produk yang Anda tawarkan, serta untuk memberikan layanan keluhan yang sifatnya interaktif antara Anda dan konsumen.

Lalu apakah ada sayarat khusus bagi pengusaha yang ingin membuat website? Yang paling penting adalah website tidak boleh berantakan dan informatif. Lebih baik memang apabila website didesain dengan baik, namun bila Anda tidak mengerti desain website dan tidak memiliki buget baiknya gunakan template desain website yang sudah tersedia saja.

  1. Social media

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tips Membangun Bisnis Online dengan social media. Platform ini penting untuk melakukan kegiatan marketing dan promosi. Saran kami Adalah sebaiknya Anda melakukan survei media social apa yang paling sering digunakan oleh konsumen, sehingga Anda bisa fokuskan pada satu platform social media saja. Konten yang Anda posting harus sesuai dengan usaha Anda.

  1. Search engine optimization

SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di search Engine, seperti Google atau Yahoo . Hal ini dilakukan agar website Anda dapat ditemukan oleh kosumen dengan mengetikan keyword yang sesuai. Cara yang selalu berhasil dilakukan adalah dengan menggunakan kata-kata kunci di url dan menulis konten yang relevan.

  1. Internet advertising

iklan melalui internet juga menjadi salah satu cara agar Anda bisa sukses dengan memulai usaha via online. Menurut survey yang dilakukan AdMedia Partners sebanyak 21 persen pengguna internet mengatakan bahwa iklan online adalah sistem iklan yang sangat berpengaruh pada usaha industri. Maka dari itu, pentingnya iklan melalui internet juga dibutuhkan selain melalui media cetak, televisi dan radio.

Nah, demikian 4 hal yang harus Anda perhatikan untuk Membangun Bisnis Online.  Semoga dapat menjadi inspirasi untuk para pengusaha, terutama pengusaha UKM. Semoga sukses..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 − 7 =