Dollar Naik

Fenomena Mata Uang US Dollar Naik dan sering kali menjadi patokan harga jual bagi sejumlah pengusaha. Maka tak heran saat nilai tukar rupiah ini melemah, sejumlah produsen siap untuk menaikan harga jual produk-nya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari kerugian bisnis.

dollar naik

Salah satu produk yang diperkirakan akan mengalami kenaikan adalah elektronik. Meski sebagian dari produk-nya ada yang dibuat di Indonesia, namun untuk beberapa komponen-nya masih banyak diimpor dari luar negeri. Sehingga harga jual-nya pun ikut naik, mengikuti biaya produksi yang dikeluarkan.

Begitu juga dengan sejumlah produk teknologi tinggi seperti mesin-mesin produksi untuk industri pabrik atau perusahaan. Sebagai salah satu alat vital dalam produksi, kenaikan harga di sektor ini dirasa sangat memberatkan bagi sebagian pengusaha. Terutama skala bisnis kecil dan menengah.

Bagi industri kecil dan menengah, keberadaan mesin produksi ini dinilai vital dan akan sangat membantu kelangsungan bisnis yang dikelola. Selain mampu mempercepat waktu produksi, mesin produksi ini juga dinilai efektif dalam menekan biaya operasional bisnis.

Karena keunggulan-nya inilah, tak sedikit dari pengusaha pemula yang rela mengeluarkan investasi lebih untuk membeli mesin produksi. Sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih bersaing ditengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Tak heran jika sejumlah pengusaha merasa was-was dengan ada-nya isu nilai tukar rupiah yang semakin anjlok, hingga mendekati angka Rp 15 ribu. Mereka paham betul saat nilai tukar dollar naik, sebagian dari alat dan bahan baku untuk produksi juga diperkirakan akan mengalami peningkatan. Sehingga Anda harus menyiapkan biaya operasional bisnis yang tidak sedikit.

Maka dari itu, diperlukan beberapa trik atau strategi khusus agar usaha yang dijalankan bisa tetap berjalan tanpa harus merugikan pihak manapun. Baik itu dari sisi Anda sebagai produsen atau penjual, dan juga pihak konsumen. Pilih produsen mesin makanan atau bahan baku berkualitas dan terpercaya.

Tak lupa pula lihat apakah harga yang ditawarkan wajar, sesuai dengan harga jual di pasaran. Karena tak sedikit dari produsen yang sengaja menaikan harga melebihi harga pasar untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Jadi Anda harus lebih selektif saat memilih produsen bahan baku atau toko mesin makanan.

Nah bagi Anda yang berniat membeli mesin produksi, bisa mendatangi salah satu toko mesin makanan terpercaya Wiratech (wirapax)yang bisa Anda temui di tiga cabang kota berbeda. Adalah Surabaya, Jakarta, dan cabang terbaru yang bertempat kota kembang Bandung.

So tunggu apalagi, segera kunjungi showroom Wiratech terdekat di kota Anda dan dapatkan penawaran harga terbaik-nya!

Nilai Tukar Rupiah Melemah, Industri Bisnis UKM Menjerit

Tak dapat dipungkiri, anjlok-nya nilai tukar rupiah terhadap mata uang paman sam ini pada akhir-nya akan turut mempengaruhi kelangsungan bisnis kecil menengah. Sejumlah bahan baku diperkirakan akan mengalami kenaikan, akibat dari menguatnya kurs dollar.

Terutama para pelaku ukm yang masih mengandalkan bahan baku dari komunitas impor. Mau tidak mau mereka pun harus mengeluarkan biaya produksi lebih dari pada biasa-nya agar bisnis yang dikelola bisa tetap berjalan. Dan dampak-nya adalah nilai jual produk ke konsumen pun akan ikut dinaikan.

Menaikan harga jual produk sering kali menjadi banyak pilihan untuk meminimalisir kerugian. Namun hal ini juga seringkali dianggap memberatkan pihak konsumen, hingga akhir-nya permintaan pasar pun ikut berkurang.

Dan jika kondisi seperti ini terus belangsung, bukan hal yang tidak mungkin bagi para pelaku usaha UKM tersebut harus gulung tikar akibat banyak produk yang tidak terjual atau tidak laku di pasaran. Hal inilah yang membuat sejumlah pengusaha makanan kewalahan karena harus memutar otak agar bisnis bisa tetap berjalan dan tetap laku di pasaran.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar pelaku usaha kecil menengah bisa tetap mendapat keuntungan di tengah harga bahan baku yang samkin mahal. Dibanding menaikan harga jual produk, akan lebih baik jika mencoba untuk menekan biaya produksi yang digunakan.

Misal-nya dengan memilih bahan baku lokal yang tidak kalah kualitas-nya dengan produk impor. Dengan begitu biaya operasional yang dikeluarkan pun tidak akan terlalu besar. Dan bisa tetap menjual produk dengan harga normal tanpa mengurangi kualitas produk itu sendiri.

Satu lagi adalah membeli mesin makanan. Selain mampu mempercepat proses produksi, alat produksi makanan ini juga dinilai ampu dalam menekan biaya operasional bisnis. Karena semua proses-nya berlangsung menggunakan mesin, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk merekrut karyawan khusus. Itulah mengapa membeli mesin makanan ini bisa menjadi investasi tepat bagi para pelaku usaha. Karena saat kondisi seperti ini muncul, Anda bisa tetap menjalankan bisnis tanpa harus menurunkan kualitas bahan baku yang digunakan, akibat dari kenaikan harga di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × three =