free website stats program

Pahami Arti Expired Date

Expired!!!
Expired!!!

 

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju, mobilitas individu warga ibukota pun sudah semakin sibuk. Ditandai dengan perubahan pola hidup. Salah satunya dalam pemenuhan konsumsi sehari-hari. Bagi beberapa individu,termasuk saya gemar sekali membeli makanan siap saji ataupun setengah siap saji contohnya makanan kaleng dikarenakan praktis dan mudah diperoleh serta awet disimpan. Sah saja memang tidak ada salahnya kita menyimpan makanan kaleng untuk stok apabila kita dilanda kelaparan tengah malam dan ingin memasak yang praktis-praktis. Namun jangan lupa perhatikan bagian terpenting dari makanan tersebut Expired date!

Kita selalu menjadikan Expired date atau tanggal kadaluarsa sebagai patokan untuk mengetahui kesegaran makanan. Memang benar Tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan merupakan batas waktu dimana makanan tersebut masih aman untuk di konsumsi. Jika anda lupa atau tidak sadar bahwa makanan yang anda simpan di lemari atau kulkas sudah melewati batas expired date tersebut. Dengan berat hati anda harus akhiri makanan tersebut terbuang percuma di tempat sampah.

Disini ada beberapa tips agar masa kadaluarsa bisa lebih panjang sedikit dari tanggal yang tertera, yang pastinya produk belum berubah bentuk, rasa dan aroma.

  1. Makanan kaleng yang sebentar lagi mendekati Expired date,selama masih tertutup rapat belum dibuka dan kaleng tidak bocor atau penyok masih aman untuk dikonsumsi
  2. Jangan simpan makanan kaleng di tempat yang lembab dan basah. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat pada kaleng
  3. Simpan dalam freezer, proses pembekuan makanan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga dapat memperpanjang masa simpan makanan.
  4. Untuk makanan yang masa kadaluarsanya lebih pendek, misalnya makanan basah atau froozen food dianjurkan menggunakan plastik vacuum.
  5. Menggunakan plastik vacuum bertujuan untuk menghalangi udara yang dapat membuat makanan menjadi lebih cepat membusuk/basi serta kedap udara dan mengunci kelembapan agar produk tetap segar.

Tips diatas hanyalah alternatif menjaga makanan anda agar sedikit lebih awet, namun bukan anjuran untuk mengkonsumsi makanan yang telah melewati masa kadaluarsa / expired date. So,Tetaplah berhati-hati dalam memilih makanan anda.

(tts)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × two =