Tips Memperbaiki Mesin Cup Sealer

Tips Memperbaiki Mesin – Cup sealer adalah salah satu mesin kemasan yang berfungsi untuk menyegel minuman pada gelas plastik. Mesin ini memiliki peranan penting untuk menjaga kandungan isi pada minuman. Cup sealer dapat Anda temukan di mana saja. Tidak hanya di pinggir jalan, minuman yang menggunakan kinerja mesin ini juga sering Anda temui di dalam mall, restoran, atau tempat-tempat makan lainnya.

Cup Sealer Full Auto New

            Penggunaan mesin kemasan ini juga menjaga keamanan kondisi gelas kemasan. Dengan menyegel minuman gelas, maka potensi kebocoran cairan dalam gelas teratasi. Saat ini, banyak pedagang yang masih minim menggunakan mesin cup sealer karena beralasan sulit untuk digunakan dan membutuhkan waktu untuk memproses penyegelan.

            Padahal, minuman gelas yang tidak disegel dapat menyebabkan tumpahnya air. Selain itu, kandungan air dapat berdampak terkena polusi udara dan debu lainnya. Hal tersebut tentu dapat menimbulkan sumber penyakit yang bisa masuk ke tubuh kita. Para pedagang kurang sensitif dalam hal itu. Padahal, jika peristiwa tersebut terjadi justru akan merugikan penjualan minuman dan akhirnya terancam gulung tikar.

            Mesin cup sealer memiliki jenis yang berbeda, yaitu manual, semi auto, dan otomatis. Meskipun mengandalkan tenaga mesin, dalam menggunakan mesin jenis manual campur tangan manusia juga masih dibutuhkan. Pedagang harus menggulung plastik terlebih dahulu dan memosisikan gelas ke dalam mesin cup sealer. Setelah itu, tarik tuas untuk menurunkan pemanas. Setelah penyegelan selesai tuas kembali ditarik ke atas, operator harus menarik keluar gelas dan mengambil keluar secara manual.

Mesin cup sealer semi auto memiliki sedikit perbedaan. Mesin ini memiliki sensor yang dapat membaca kode di plastik yang dapat mengatur agar plastik tepat di atas cup. Menggunakan cara manual pun sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama. Hanya masyarakat yang hidup di zaman milleneal saat ini selalu menginginkan cara instan dan praktis. Oleh karena itu, mesin cup sealer juga menyediakan full auto dalam proses penyegelan minuman plastik ini.

Pedagang yang menggunakan mesin cup sealer auto hanya perlu meletakkan gelas yang akan disegel di atas dudukan. Selebihnya, proses penyegelan akan bekerja secara otomatis tanpa harus menarik atau menurunkan tuas. Kelebihan lainnya khusus mesin semi auto dan full auto memiliki digital counter yang berfungsi untuk menghitung jumlah gelas telah disegel. Proses penghitungan tersebut memberikan informasi penjualan jumlah minuman gelas per harinya.

Tips Memperbaiki Mesin Mesin cup sealer dengan Cara sederhana

Memanfaatkan tenaga mesin cup sealer tentu menjadi hal yang dapat dipertimbangkan untuk para konsumen. Dengan segel yang rapi, konsumen tidak perlu khawatir dengan kebocoran atau tumpahan minuman. Mesin cup sealer memang mudah digunakan, namun jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat mesin ini. Memiliki mesin tersebut saja sudah harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Oleh karena itu, jangan sampai Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk memperbaiki kerusakan mesin.

Apabila terjadi kerusakan pada mesin sebelum mengeluarkan uang lebih banyak ada baiknya Anda coba memperbaiki sendiri terlebih dahulu. Kerusakan yang sering muncul pada mesin cup sealer seperti pemanas tidak bekerja secara maksimal dan tuas sedikit tersendat. Hal tersebut juga dapat disebabkan karena karat pada logam mesin.

tips memperbaiki mesin

Pemicu yang dapat menyebabkan tidak panasnya cup sealer, yaitu terdapat goresan pada kedua permukaannya. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan minyak sebagai pelumas mesin untuk meminimalisir terjadinya gesekan dan dapat membersihkan kotoran yang merekat pada mesin cup sealer.

Selain itu, minyak juga dapat digantikan dengan cairan pendingin. Menggunakan cairan pendingin dapat menghilangkan zat oksidasi yang terdapat pada mesin cup sealer berbahan logam. Cairan dingin juga dipercaya dapat menghilangkan karat secara efektif.

Dua bahan tersebut dapat membantu Anda untuk memperbaiki mesin cup sealer. Cara mudah tersebut juga tentu mengirit pengeluaran Anda sebelum memanggil teknisi untuk memperbaiki mesin cup sealer.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 + 6 =