free website stats program

Rahasia Mengiris Daging

Memotong motong daging bisa dibilang merupakan pekerjaan yang mengesalkan apabila kita tidak kuasai tekniknya. Terkadang kita kurang sabar dalam momotong bahkan mengiris daging, hal ini tentunya akan berimbas kepada kualitas si daging tersebut. Kadang daging akan terasa alot ketika di makan, bahkan tak jarang karena terlalu tipis daging malah menjadi mudah hancur saat di santap.

mengiris daging

Sebenarnya ada trik dan teknik tersendiri apabila anda ingin memotong dan mengiris daging hingga potongan tipis. Mau tau caranya?? Simak tips berikut ini

  • Pilih Daging Berkualitas
    Daging yang berkualitas baik dan bagus untuk di potong secara tipis adalah daging yang tak bergaji. Nah jenis daging tenderloin bisa masuk dalam kualifikasi utama serta pilihan paling atas jika anda ingin mencoba teknik pengirisan tipis seperti sashimi.
  • Cuci dan Bekukan
    Teknik selanjutnya adalah dengan cara Freezing atau pembekuan. Teknik ini sering di gunakan oleh para Cheff professional di karenakan mengiris daging secara tipis dalam kondisi beku jauh lebih mudah dan rapih. Mengapa? Ya karena dalam kondisi beku, ketika di potong daging tidak akan berubah bentuk yang dapat menyebabkan hasil potongan dan sayatan menjadi berantakan.
  • Gunakan Ukuran Jari
    Mengiris daging hingga tipis itu sulit, namun akan lebih mudah jika anda mengirisnya hanya cukup sebesar jari anda.
  • Iris Melawan Alur Uratnya
    Nah yang paling alot dari bagian daging adalah Gaji dan Urat. Jika dari gaji anda bisa meihatnya langsung dengan mata telanjang karena penampilannya mirip seperti buih busa dan bertekstur kenyal. Sedangkan untuk urat daging anda harus melihatnya lebih teliti karena ada di dalam bagian daging itu sendiri. Cara paling sederhana untuk mengiris daging yang berurat adalah dengan memotong daging tersebut dengan berlawanan arah dengan alur urat, dan yang paling penting hindari potongan melintang
  • Gunakan Pisau Pilihan dan Mesin Daging Profesional
    Kedua tools ini sebenarnya merupkan opsi paling akhir yang bisa anda pilih. Untuk urusan pisau memang sangat di sarankan menggunakan pisau khusus pengirisa daging yang mempunyai ketajaman cukup tinggi. Hal ini dapat memudahkan anda untuk mengiris dengan ukuran tertipis tanpa harus susah payah melakukan gerakan pengirisan.

Menggunakan tools seperti mesin daging sendiri juga sangat di anjurkan, why??? Alasan utamanya adalah karena mesin daging membuat hasil potongan atau irisan menjadi tipis merata, dan cepat! Sayangnya harga mesin daging sendiri di pasaran saat ini di bandrol cukup mahal. Jika anda harus membelinya untuk kebutuhan rumahan sepertinya kurang tepat.

Ada juga tips memotong daging menurut Vincen Bima (Chef Level Diamond Hotel Sarinda) :

“Yang paling utama adalah memisahkan daging dari selaput yang menempel di bagian daging. Selanjutnya baru kita boleh mengiris dagingnya.” Ia “Selanjutnya, Selaput kasar yang menempel pada daging harus dibuang. Kemudian sayat vertikal secara berlawanan arah terhadap serat dagingnya. Tiap bagian otot harus dipisahkan terlebih dahulu mengikuti setiap selaput otot. Kemudian daging tersebut disayat melintang searah jalur serat daging.” ungkap Bima.

Nah, demikianlah tips dan cara memotong daging supaya tidak keras dan tidak menyulitkan saat dimasak.
Nah gimana? Cukup berguna bukan tips dan triknya, selanjutnya anda tinggal mencobanya saja dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × four =