Takjil Ramadhan Berikut, Jadi Hidangan Sehat Berbuka Puasa

Takjil Ramadhan

Takjil Ramadhan adalah satu hal yang identik saat bulan puasa tiba. Umumnya takjil diartikan dengan makanan pembuka puasa. Namun, ternyata sampai saat ini banyak yang keliru dari pengertian takjil tersebut. Dalam bahasa Arab takjil memiliki arti menyegerakan untuk berbuka puasa bukan sebagai hidangan awal.

Takjil ramadhan

Dalam Islam, saat bedug magrib tiba kita dianjurkan untuk segera berbuka puasa. Oleh karena itu, istilah takjil inilah yang dianggap makanan pembuka yang bersifat formalitas untuk membatalkan puasa saat azan maghrib tiba. Biasanya hidangan takjil menyegarkan dan memiliki rasa manis. Takjil dianggap sebagai hidangan pembuka sebelum menuju ke makanan berat.

Takjil Ramadhan yang Dianjurkan Saat Berbuka Puasa

WiraSob ingat enggak sih bahwa hampir sebagian menu takjil mengandung minyak atau santan. Kedua kandungan tersebut nyatanya harus dihindari saat kita berpuasa. Oleh karena itu, kami akan berikan rekomendasi takjil Ramadhan sehat sebagai menu pembuka puasa untuk Anda. Mari disimak!

Smoothies

Smoothies adalah minuman yang berbahan baku buah atau sayuran, gula, susu tawar cair, dan es batu. Anda juga bisa menambahkan yoghurt dan menghilangkan gula untuk hasil yang alami. Semua bahan tersebut dihaluskan sampai menjadi lembut. Smoothies bisa menjadi pilihan terbaik untuk memperkenalkan nutrisi bagi tubuh Anda.

Takjil ramadhan kekinian

Buah-buahan kering

Kalau takjil yang satu ini pasti sudah tau kan WiraSob contoh buahnya seperti apa? Yaps! Benar banget, yaitu kurma. Kurma terkenal kaya akan nutrisi dengan rasa manisnya. Buah yang satu ini bahkan menjadi hidangan wajib di Arab Saudi. Selain kurma, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan kering lainnya seperti apricot dan kismis.

Salad buah

Takjil Ramadhan sehat berikutnya adalah salad buah. Menu bergizi ini juga cocok untuk Anda yang menjalani program diet di saat berpuasa. Anda tidak perlu menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis dari salad buah. Berbagai buah di dalam salad ini sudah memiliki kandungan gula alami yang baik untuk kecukupan nutrisi dalam tubuh.

Singkong rebus fla susu keju

Berikutnya Anda bisa menggabungkan makanan tradisional dengan tampilan yang lebih inovatif. Anda bisa merebus singkong, lalu hidangan dengan fla susu keju di atasnya. Karena singkong sudah dihidangkan dengan topping manis, akan lebih baik minuman pendampingnya bersifat netral seperti air putih hangat. Hindari minuman manis karena akan menyebabkan kadar gula semakin tinggi.

Yoghurt

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir tidak lazim untuk mengonsumsi yoghurt saat berbuka puasa. Bahkan ada juga yang menganggap asam dari fermentasi yoghurt ini dapat membahayakan lambung. Namun, sebaliknya justru kenyataannya tidak seperti itu lho WiraSob.

Produk susu olahan ini memiliki bayak nutrisi dan dapat membuat tubuh terutama pencernaan menjadi sehat. Yoghurt memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin. Meskipun asam, yoghurt memiliki pH tidak akan membahayakan perut. Akan lebih lezat jika Anda menyantap yoghurt dengan buah-buahan. Mungkin awalnya tidak biasa, namun jika diterapkan secara rutin akan terasa manfaatnya untuk tubuh.

Sop

Kalau yang satu ini mungkin bukan termasuk takjil, namun sop sangat direkomendasikan sebagai menu pembuka puasa. Utamakan sop bening yang tidak dicampur banyak bumbu akan terasa lebih lezat dan tentunya dapat menenangkan kondisi pencernaan yang sebelumnya kosong karena berpuasa. Konsumsi saat keadaan sop sedang hangat. Hal tersebut akan membantu lambung lebih “tenang”.

Gimana WiraSob? Dari berbagai takjil Ramadhan di atas mungkin tidak biasa kita terapkan. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Apalagi untuk Anda yang sedang ingin menerapkan pola hidup sehat. Maka rekomendasi takjil di atas patut Anda coba.

Tips dan Pola Buka Puasa yang Sehat

Meskipun sudah mengonsumsi takjil Ramadhan, tidak berarti setelah itu Anda boleh makan sepuasnya yah WiraSob. Apalagi saat di hari pertama puasa. Salah pilih makanan akan memengaruhi pencernaan Anda. Yuk simak tips dan pola berbuka puasa sehat.

Hindari makan berlebihan

Hayo siapa yang setiap buka selalu “balas dendam”? Duh bahaya banget tuh WiraSob. Seharian perut kosong lalu pas berbuka makan lebih dari porsi biasanya. Hal tersebut akan menyebabkan lambung kita “kaget” bahkan asam lambung bisa naik. Untuk mengawali buka puasa, baiknya Anda mengonsumsi kurma atau jenis takjil Ramadhan lainnya dan jus buah asli untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal.

Mengonsumsi menu seimbang

Sudah tau dong makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna? Makanan bergizi tersebut juga harus diterapkan saat Anda berpuasa. Dengan mengonsumsi menu makanan yang seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna ini akan membuat pencernaan Anda lebih tenang dan terhindar dari sakit perut. Makanan 4 sehat 5 sempurna ini terdiri dari buah-buahan, sayuran, protein, karbohidrat, dan susu.

Minum air putih cukup

Kebutuhan minum air putih yang cukup selama puasa adalah 8 gelas dalam per harinya. Anda bisa konsumsi mulai dari berbuka puasa hingga sahur. Konsumsi air putih yang cukup akan tetap segar dan membuat Anda lebih terhidrasi selama beraktivitas saat berpuasa, terutama pada siang hari.

Menghindari jenis makanan berikut ini

Hindari makanan berlemak dan minuman yang mengandung banyak gula. Kandungan tersebut dapat membuat Anda menjadi mudah lesu saat berpuasa di keesokan harinya. Sering mengonsumsi makanan yang digoreng pun juga dapat membuat tubuh mudah lelah. Senada dengan itu, makanan yang berlemak tinggi dapat memicu permasalahan pencernaan dan meningkatkan berat badan.

Sedangkan minuman, selain yang memiliki banyak gula hindari juga yang mengadung kafein dan minuman bersoda. Kandungan minuman tersebut mampu merangsang keluarnya air lebih cepat melalui urine, sehingga tubuh rentang terhidrasi.

Takjil Ramadhan kekinian ini mungkin terlihat berbeda dari hidangan sederhana pada umumnya. Namun, ini bisa menjadi resolusi sehat Anda selama berpuasa. Coba aja keluarga dan orang tersayang Anda yuk untuk menerapkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan kaya nutrisi seperti rekomendasi takjil di atas. Selamat beribadah puasa WiraSob!

(Zakiah)