Resep Pepes Ikan Mas 

Resep pepes ikan berasal dari Sunda. Masakan tradisional ini tidak hanya tinggal di lidah warga lokal, tetapi juga memanjakan para turis mancanegara. Ketertarikan tersebut hadir karena kental menggunakan rempah-rempah asli Indonesia. Resep pepes ikan ini merupakan salah satu makanan daerah yang patut Anda coba.

resep pepes ikan

Apalagi untuk Anda yang sehari-hari mengonsumsi makanan modern atau menu masyarakat barat. Sesekali menyantap menu tradisional akan membuat Anda rindu akan pedesaan. Sama halnya dengan masyarakat barat yang sehari-hari menyantap makanan modern. Bagi mereka makanan yang kaya akan rempah ini memiliki cita rasa tersendiri yang khas.

Selain rempah-rempah, pepes ikan memiliki ciri khusus lainnya, yaitu dengan cara dibungkus daun pisang dan dibakar. Selain Sunda, resep pepes ikan ini juga dapat Anda modifikasi dari makanan daerah Minang, yaitu palai. Palai juga melalui proses bakar dan menggunakan daun pisang. Namun, isi dari pepes ini menggunakan kelapa dan ikan teri.

Pepes di Jawa Barat disebut dengan istilah “pais”. Pepes tersebut biasanya menggunakan ikan mas. Namun, saat ini posisi ikan mas sudah banyak tergantikan dengan jenis lainnya. Meskipun ikannya berbeda, bumbu rempah-rempah selalu konsisten.

Meskipun makanan tradisional ini lezat disantap, Anda harus cermat memilih daging, apalagi ikan mas. Ikan mas memiliki duri yang tipis dan bercabang, sehingga akan membahayakan jika Anda tidak sengaja tertelan. Hal yang perlu Anda ketahui lainnya adalah pepes ikan melalui proses kukus terlebih dahulu sebelum dibakar.

Di Sunda sendiri pepes ikan awalnya terkenal di masyarakat perkebunan. Mereka memanfaatkan hasil panen sebagai lauk sehari-hari. Warga Sunda sendiri terkenal dengan kegemarannya mengonsumsi dedaunan atau yang dianggap sebagai lalapan. Lalapan ini tanpa proses pemasakan lho, hanya dicuci kemudian bisa langsung disantap.

            Selain dijadikan menu lalapan, masyarakat perkebunan ini menyantap dengan cara dimasak salah satunya pepes ikan ini. Resep pepes ikan juga bisa ditambahkan dengan menu lalapan. Meskipun dimakan mentah, hampir seluruh warga Indonesia terbiasa dan menikmati lalapan tersebut. Lalapan dapat diterima di lidah sebagian warga Indonesia.

            Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, melalui pepes ikan ini biasanya mengutamakan bahan-bahan yang membuat keringat Anda keluar. Namun, jika Anda tidak menyukai pedas, bisa mengurangi porsi bumbu atau bahan yang digunakan. Tentunya disesuaikan dengan ukuran ikan agar mudah meresap.

Resep pepes ikan

Bahan-bahan

  • ½ kg ikan mas
  • 3 sdm perasan jeruk nipis
  • 10 buah cabai merah
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 3 ruas jahe
  • 2 ruas kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 10 cabai rawit merah yang diiris
  • 2 batang serai yang diiris
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Daun kemangi
  • Daun pisang
  • Tusuk gigi atau lidi

Langkah 1

  1. Bersihkan ikan buang sisik dan insang.
  2. Berikan 1 sdm perasan jeruk nipis. Kemudian ratakan ke seluruh badan ikan.

Langkah 2 (cara membuat bumbu pepes ikan)

  1. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan 2 sdm perasan jeruk nipis.
  2. Setelah dihaluskan, tumis bumbu bersama daun salam, cabai rawit merah, dan serai. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk seluruhnya hingga merata.
  3. Masukkan ikan ke campuran bumbu tersebut. Aduk perlahan dan merata agar bumbu masuk ke badan ikan. Matikan api kompor.

Langkah 3

  1. Cuci daun kemangi hingga bersih. Potong-potong bagian ujungnya atau ambil daunnya saja.
  2. Bersihkan daun pisang dan potong sesuai ukuran untuk membungkus ikan.
  3. Letakkan ikan yang sudah dibumbui di atas daun pisang.
  4. Letakkan kemangi di atas ikan. Kemudian bungkus ikan.
  5. Sematkan kedua ujung daun pisang dengan patahan tusuk gigi atau lidi.
  6. Masukkan pepes ke panci kukusan. Kukus ikan selama satu jam.
  7. Setelah dikukus, bakar ikan selama 30 menit. Bolak-balikkan pepes agar tidak gosong.
  8. Pepes ikan siap disantap.

Penggunaan kemangi bisa Anda gunakan di dalam pepes atau dijadikan lalapan. Kemangi yang ikut dikukus bersama ikan akan lebih terasa lezatnya. Selain itu, ikan pun semakin meresap dengan aroma wangi daun kemangi.

Selain daun kemangi yang dijadikan lalapan, Anda juga bisa memilih timun, kol, atau selada. Resep pepes ikan di atas menggunakan olahan bumbu yang cukup pedas. Namun, jika menurut Anda kurang pedas, bisa menambahkan sambal sendiri. Pepes ikan lebih nikmat disantap saat masih panas.

Di sisi lain, saat membersihkan ikan biasanya Anda menemukan telur. Sebagian para ibu berpikiran telur ikan mas tidak terlalu penting untuk diolah, alhasil telur dibuang. Padahal, telur ikan mas bisa kok Anda konsumsi, salah satunya dengan cara digoreng. Biasanya telur ikan dibumbui terlebih dahulu kemudian digoreng.

Meskipun baru menjadi telur, bagian dari ikan tersebut juga bermanfaat. Satu porsi telur memiliki protein dari asupan harian vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A memiliki manfaat untuk kesehatan mata manusia terutama di saat malam hari. Telur ikan juga memiliki lemak esensial dari telur ikan yang berkontribusi untuk kesehatan jantung manusia, seperti gagal jantung dan lemah jantung.

Nah, ternyata banyak manfaat dari resep ikan pepes di atas. Selain ikan mas, ada berbagai jenis lainnya yang bisa Anda coba. Mau berkreasi sendiri juga boleh. Selamat mencoba!!

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 − 1 =