Resep Olahan Sagu

Resep olahan sagu merupakan makanan yang paling baik untuk pencernaan karena sagu sangat aman untuk lambung. Sagu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya pencegahan penggumpalan darah, baik untuk gula darah, mencegah masuk angin, sebagai prebiotik, pencegahan kanker, sumber kalsium, dll.

resep olahan sagu

Sagu merupakan salah satu kekayaan bahan makanan Indonesia. Tepung satu ini diperoleh dari hasil olahan batang rumbia. Di Tanah Air sendiri, sagu dapat ditemukan di Indonesia Timur, seperti Maluku dan Papua. Sagu kaya kandungan karbohidrat, sagu sering menjadi pengganti makanan pokok bagi masyarakat.

Di beberapa daerah Indonesia, malah banyak yang mengembangkan sagu sebagai bahan dasar kue. Bahkan sagu dibuat langsung menjadi makan yang pure terbuat dari sagu. Sagu termasuk komoditi ekspor yang mahal, berikut ini sepuluh olahan sagu yang harus kamu nikmati. Rasanya tentu khas Indonesia banget.

Sagu merupakan salah satu makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia timur (Papua, Maluku, Sulawesi Utara, dan sejumlah daerah di Nusa Tenggara). Konsumsi sagu sebagai makanan pokok antara lain dalam bentuk makanan tradisional, seperti papeda, kapurung, dan sagu bakar, dll.

Kini persentase masyarakat Maluku dan Papua yang mengkonsumsi sagu sekitar 30 % masih menggunakan sagu sebagai makanan pokok. Dalam menu setiap harinya. Mengkonsumsi menu sagu dan umbi-umbian sekitar 50 %. Sedangkan sisanya, terutama yang berada di daerah perkotaan, sudah beralih ke beras.

Ada banyak jenis tanaman sagu yang dapat menghasilkan tepung sagu dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Diantaranya Kepulauan Maluku, Papua, Mentawai, Riau, dan Sumatera. Serta di daerah Riau juga dijumpai sagu yang dikonsumsi masyarakat dalam bentuk butiran yang dikenal dengan nama sagu rendang. Ada olahan sagu dalam bentuk lain seperti kue bangkit, laksa sagu, dan sagu embel.

Sagu memiliki potensi prospek yang baik sebagai salah satu sumber utama pangan murah, Selain sebagai makanan pokok. Pengembangan produk baru dengan komponen utama sagu yang sesuai dengan selera masyarakat diharapkan dapat menjadi sumber panganan karbohidrat siap konsumsi. Seperti tepung kering dan mie, sehingga dapat membantu upaya percepatan keanekaragaman pangan yang sedang digalakkan.

manfaat sagu

Manfaat dan keunggulan bila kita mengonsumsi aneka makanan yang berasal dari sagu. Baik dalam bentuk snack maupun olahan yang berasal dari mie sagu, antara lain:

  • Dapat memberikan efek mengenyangkan tetapi tidak menyebabkan gemuk.
  • Mencegah sembelit dan dapat mencegah risiko kanker usus.
  • Tidak cepat meningkatkan kadar glukosa dalam darah (indeks glikemik rendah) sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Produk tersebut dapat disebarluaskan kepada masyarakat baik dalam bentuk tepung ataupun yang sudah menjadi hasil industri seperti mie. Marilah kita angkat pangan lokal dari Indonesia ini sebagai cadangan bahan makanan dalam meningkatkan ketahanan pangan kita.

Berikut ini ada beberapa contoh panganan yang berasal dari olahan sagu yang khas dari masing-masaing daerah di Indonesia.

  • Laupek Sage

Menu makanan sagu yang satu ini berasal dari Aceh. Laupek sage menjadi salah satu kuliner tradisional yang harus ada di acara-acara besar, seperti pernikahan dll.

  • Bagea

Bentuk makanan dari sagu kue satu ini dikenal dengan rasanya yang sangat gurih. Biasanya dapat dengan mudah ditemukan di Maluku dan Sulawesi Selatan.

  • Bubur Sagu Ambon

Bubur sagu dari daerah Ambon yang satu ini cukup terkenal. Bila anda berkunjung ke Ambon, anda tidak boleh melewatkan kelezatan bubur yang satu ini yang disajikan dengan kuah santan. Rasanya ajip banget!

  • Papeda

papeda

Makanan ini sudah terkenal dan lazim kita lihat diacara jalan-jalan kuliner keliling indonesia. Kuliner yang bakal menggoda dietmu, papeda. Khas banget sih, buat masyarakat Indonesia Timur. Sudahkah anda mencobanya?

  • Sagon

makanan yang satu ini tentunya sudah familier, primadona kue Lebaran tradisional dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahan dasarnya sagu, dan rasanya manis, membuat kue satu ini banyak disukai.

  • Kapurung

Sebenarnya makanan yang satu ini mirip dengan papeda. Makanan khas Makassar ini hanya berbeda pada penyajiannya saja. Jika papeda dinikmati dengan kuah ikan kuning, kapurung lebih lezat disajikan dengan kuah sayur dengan bumbu yang dihaluskan.

  • Ongol-Ongol Sagu

Ongol-ongol sering kita nikmati di masa kita kecil hingga sekarang, makanan ini berasal dari Jawa Barat. Selain berbahan dasar tepung beras, sajian ongol-ongol dengan tepung sagu pun sangat familiar dan banyak dijumpai di beberapa  daerah. Rasa manis gula aren, kenyalnya sagu, dan gurihnya kelapa parut jadi padu-padan yang sangat pas.

  • Sagu Lempeng

Bila anda berkunjung ke ambon, sagu lempeng adalah salah satu hidangan khas ambon selain bubur Ambon. Anda tak boleh melewatkan sagu lempeng. Kue satu ini memiliki cita rasa yang khas. Anda wajib mencobanya.

  • Kue Lompong Sagu

Kue yang satu ini berasal dari tanah Minang. Anda harus mencicipi kelezatan lompong sagu. Masyarakat Minang sering menjadikannya menu khusus di acara adat.

  • Kue Rangi

Kue yang sudah sangat langka jaman sekarang ini namun sering muncul di kala event ultah jakarta. Kue ini berbahan dasar sagu, kue khas Betawi ini sangat pas jadi teman ngopi dan sarapan. Kamu juga bisa menambahkan gula merah cair. Emmm…yummy banget!

Resep Ongol Ongol Sagu

Bahan Yang Digunakan :

  • 1/2 butir kelapa parut
  • 1/2 sdt garam dapur
  • 15 helai Daun pandan
  • 300 gram tepung tapioka (merek sagu tani)
  • 125 gram gula palem
  • 800 ml air

Proses Membuatnya:

  • Panaskan kukusan. Aduk rata garam ke dalam kelapa parut, kukus 3 menit (boleh dicoba-coba agar tidak keasinan)
  • Masak gula palem, daun pandan dengan 300 ml air sampai mendidih, saring.
  • Larutkan sisa air 500 dgn tpg tapioka, lalu campurkan dgn lartn gula tadi. Masak hingga kental (api kecil)
  • Tuang adonan ke loyang yg sudah dibasahi dgn air. Biarkan dingin lau potong2 dan gulingkan ke dlm kelapa parut. Lebih enak disajikan dingin (disimpan di kotak dikulkas)
  • Ini tepung yang saya gunakan

Beberapa Manfaat Sagu Untuk Kesehatan

  • Pencegahan Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah pada pembuluh darah yang biasanya mengakibatkan tersumbatnya aliran darah menuju jantung. Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja organ tubuh lain.

  • Baik Untuk Gula Darah

Dapat menghambat laju peningkatan kadar glukosa dalam darah karena serat dan mineral fosfor yang terdapat pada sagu. Mampu menekan dan mengikat gula dalam tubuh agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh dan mampu menghambat penumpukan gula dalam darah agar tidak membentuk kristal yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik.

  • Mencegah Masuk Angin

Dapat menyembuhkan nyeri pada ulu hati dan mencegah perut kembung serta serangan masuk angin. Masuk angin yang dimaksud yang disebabkan oleh kelelahan, perjalanan jauh, pergantian iklim atau karena kurang tidur.

  • Sebagai Prebiotik

Serat yang ada pada sagu mampu bertindak sebagai prebiotik yaitu kemampuan melindungi kondisi mikro flora usus. Kemudian usus akan senantiasa  terhindar dari serangan bakteri merugikan dan menstabilkan enzim  pencernaan agar selalu sehat. Serat pada sagu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan terhadap luka, peradangan pada pencernaan dan infeksi kulit.

  • Alternatif Diabetes

pencegah diabetes

Dapat dijadikan alternatif sebagai makan orang orang yang memiliki riwayat keluarga mengidap penyakit diabetes. bagi yang memiliki orangtua atau kerabat yang menderita gula maka 6 kali lipat seseorang tersebut akan memiliki warisan didalam darahnya untuk beresiko terserang gula jika tidak berhati hati dalam mengkonsumsi jumlah gula. Selain beras merah yang terbebas dari gula, makanan yang terbuat dari sagu pun dapat mempertahankan kestabilan kadar glukosa dalam darah.

  • Menurunkan Berat Badan

Sagu memiliki manfaat karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi putih, gandum, jagung dan gandum. Walaupun karbohidratnya tinggi tetapi memiliki kadar gula yang sangat sedikit dibandingkan nasi putih. Pada orang yang mengalami obesitas dapat memanfaatkan sagu sebagai makanan sehari hari karena zat mineral fosfor dan serat yang aada didalamnya dapat menekan ras lapar seseorang lebih lama.

  • Pencegahan Kanker

Serat  pada sagu dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada usus, dan pada paru paru karena zat prebiotik pada sagu mampu menyehatkan sel pada usus dan paru serta melancarkan peredaran darah dan pembuluh darah disekitar area usus dan paru paru. Sagu yang bersifat prebiotik mampu menghambat bahkan menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan mengikatnya agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh lain.

  • Sumber Kalsium

Manfaat kalsium yang ada pada sagu dapat mempertahankan kekuatan dan kepadatan kalsium dalam tulang, persendian dan gigi pada orang dewasa dan lansia. Selain kalsium ada zat mineral fosfor sekitar 13 mg yang ada pada sagu mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang. Sedangkan pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sagu dapat mempercepat pembentukan, pertumbuhan dan memadatkan kalsium dalam tulang sehingga anak anak cepat tumbuh menjadi tinggi dan sehat.

  • Kaya Akan Fosfor

Dapat memperbaiki dan mempertahankan struktur tulang aagar terhindar dari pegal pegal, serangan rasa nyeri atau keretakan tulang yang diakibatkan cedera pada orang orang usia lanjut. Mineral fosfor yang ada padaa sagu mampu mengontrol dan mengikat serta sebagai penyusun aktif dalam menyehatkan struktur tulang dan gigi seiring bertambahnya usia seseorang.

pohon Sagu
pohon Sagu

Demikian pembahasannyat tentang resep olahan sagu yang bahan dasarnya sangat baik untuk kesehatan. Kini makanan olehan sagu sedang di kembangkan agar menjadi panganan alternatif untuk ketahanan pangan kita. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.