Resep Cream Cheese Garlic Bread,Jajanan Fenomenal Yang Kini Viral

Resep Cream Cheese Garlic Bread

Dunia kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula variasi makanan unik yang muncul. Belum lama ini muncul salah satu penganan dari Korea, yaitu Roti garlic cheese bread. Sesuai dengan namanya, roti yang satu ini dikombinasikan dengan keju dan bawang putih.

Resep Cream Cheese Garlic Bread

Umumnya, bawang putih menjadi bumbu masakan yang digunakan sebagai olahan makanan berat seperti lauk pauk. Namun, bagaimana bisa roti sebagai makanan ringan nyatanya cocok diolah dengan bawang putih. Sebelum lebih jauh kita simak dulu yuk awal mula jenis roti ini.

Bermula dari Jajanan Kaki Lima

Toko roti Pain Famille – yang berada di kota Gangneung – membuat olahan roti bawang putih yang terdiri dari enam sisi. Selain itu juga ada yang menggunakan teknik potong melintang agak panjang. Namun, untuk saat ini bentuk roti bulat dengan irisan seperti menjadi bintang menjadi sorotan warga Korea bahkan di Indonesia sekalipun.

Memiliki rasa yang unik mengantarkan koran garlic cheese bread menjadi populer di pusat kuliner Gangnam, Seoul. Satu per satu kafe mulai mengangkat menu dari roti keju bawang putih ini.

Penganan ini cepat populer karena kedua bahan utamanya roti dan bawang putih sangat akrab dan sering dimanfaatkan sebagai bahan olah makanan. Terlebih lagi bawang putih, warga Korea terbiasa untuk mengonsumsinya baik dimakan mentah maupun sudah dipanggang. Begitu juga dengan keju yang sering ditambahkan pada beberapa makanan seperti tteokbokki dan ayam.

Cream cheese garlic bread sebenarnya sangat mudah untuk dibuat di rumah. Anda bisa memanfaatkan roti bun, lalu dipotong enam sisi menyilang seperti bentuk suing bawang putih. Lalu diberi keju dan dilumuri bumbu. Untuk proses memasaknya menggunakan teknik memanggang. Setelah dipanggang akan ada sensasi keju yang meleleh dengan aroma bawang putih. Cream cheese garlic bread memiliki rasa creamy dan lembut.

Di Indonesia sendiri cream cheese garlic bread memang masih jarang terdengar. Belum banyak beberapa kafe atau restoran yang menyediakan menu roti ini. Tapi jangan khawatir, dengan keuletan warganet Indonesia sudah banyak yang menjual di media sosial. Jadi untuk Anda yang penasaran bisa mengakes media sosial terlebih dahulu untuk memesan roti ini.

Apa Bedanya dengan Garlic Bread Pada Umumnya?

Sebelum munculnya cream cheese garlic bread, ternyata sudah ada jenis garlic bread dari Italia. Garlic bread ini biasanya sering ditemukan di restoran pizza atau pasta. Karena menggunakan padanan bawang putih garlic bread sering dihidangkan bersamaan saus atau mayonnaise.

  • Dari segi rasa

Jika garlic cheese bread dari Korea memiliki rasa creamy dan lembut, berbeda dengan garlic bread dari Italia. Garlic bread italia memiliki rasa renyah dan gurih. Cara pengolahannya juga dipanggang, namun untuk lama prosesnya lebih lama. Oleh karena itu terasa lebih renyah dan gurih.

  • Menggunakan bahan keju dengan hasil berbeda

Kedua negara ini memanfaatkan keju untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih pada roti. Namun bedanya cream cheese garlic bread dari Korea diolah dengan mengedepankan rasa keju yang meleleh saat dipotong atau dikunyah di dalam mulut. Sedangkan garlic bread Italia olahan keju dalam roti dibiarkan ikut mengering

  • Pemilihan roti yang berbeda

Seperti pada pembahasan sebelumnya, korean cream cheese garlic bread dapat menggunakan roti untuk proses pengolahannya. Dengan artian, Anda bisa membeli roti bun jadi yang bisa ditemukan di berbagai supermarket, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin membuat roti dari awal bisa memanfaatkan beberapa mesin seperti mixer, proofer, dan oven.

Di sisi lain untuk garlic bread dari Italia menggunakan roti khusus. Jenis roti yang digunakan adalah baguette. Meskipun memiliki tekstur kasar dan sedikit keras, bagutte merupakan roti yang sangat terkenal di negara Eropa. Ciri khas lainnya memiliki bentuk panjang. Rasanya yang gurih berasal dari campuran bawang putih, mentega, dan minyak zaitun.

Tips Membuat Korean Cream Cheese Garlic Bread

Nah, setelah pembahasan di atas sekarang sudah tahu kan perbedaan antara garlic bread versi korea dan italia? Pada umumnya, kedua jenis penganan ini sama-sama menggunakan roti, bawang putih, dan keju. Namun yang membedakan adalah hasil akhir setelah proses pemanganggannya.

Resep Membuat Cream Cheese Garlic Bread ala Korea

Jadi, untuk kalian yang ingin mencoba garlic bread dengan rasa renyah dan gurih bisa memilih versi dari italia. Sedangkan untuk rasa creamy dan empuk cuss bisa langsung buat versi dari korea. Tapi, sebelum memulai pastikan dulu Anda sudah mengikuti berbagai tips berikut.

  • Jangan salah pilih roti

Selain menggunakan roti bun, ada beberapa pilihan lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa roti tersebut seperti baguette, roti tawar, atau pizza dough. Namun, jika Anda ingin lebih praktis roti bun menjadi pilihan wajib.

  • Buat roti renyah di luar lembut di dalam

Jika Anda membuat roti bun sendiri, setelah dipanggang bekukan terlebih dahulu di dalam freezer. Berikutnya baru dibelah menjadi 6 bagian dan isi dengan cream cheese serta saus bawang putih. Berikutnya panggang kembali kurang lebih 10-15 menit.

  • Gunakan berbagai jenis olahan keju

Selain cream cheese, untuk mendapatkan rasa yang maksimal Anda perlu mengombinasikan fresh cream, kerju parmesan, keju cheddar, dan gula pasir. Lalu aduk semuanya dengan spatula. Tambahkankan cincangan peterseli. Alternatif lain busa menggunakan kucai, seledri, atau daun bawang.

  • Tambahan susu cair

Untuk mengolah saus bawang putih dibutuhkan susu kental manus, telur ayam, dan keju parmesan. Agar warnanya lebih bagus Anda bisa menambahkan sedikit susu cair. Selain warna lebih bagus, rasa cheese cream cheese garlic bread semakin gurih. Namun, jika menurut Anda masih kurang gurih bisa menggunakan kaldu ayam.

Resep Korean Cream Cheese Garlic Bread

Sekarang Anda sudah tahu berbagai fakta penganan asal korea ini. Jadi tunggu apalagi? Saatnya kita coba cream cheese garlic bread di rumah. Berikut resepnya.

Bahan roti

Bahan A

  • 450gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
  • 100gr tepung terigu protein sedang
  • 50gr gula pasir

Bahan B

  • 230gr susu UHT dingin
  • 11gr yeast instan

Bahan C

  • 120gr hollman butter
  • 7gr kaldu ayam bubuk
  • 3gr MSG (optional)

Bahan D

  • 2 butir (100gr) telur ayam

Bahan cheese filling

Bahan A

  • 450gr cream cheese
  • 50gr gula pasir
  • 50gr keju natural

Bahan B

  • 50gr fresh cream
  • 60gr keju mozzarella yang diparut
  • 60gre keju cheddar yang diparut

Bahan garlic topping

  • 270gr mentega
  • 100gr bawang putih cincang halus
  • 30gr peterseli cincang
  • 2 butir telur ayam
  • 40gr susu kental manis putih
  • 30gr keju natural yang diparut

Langkah-langkah

Roti Bun

  1. Aduk bahan A dengan mixer hingga merata.
  2. Tambahkan bahan B dan aduk kembali hingga tercampur semuanya.
  3. Masukkan bahan D, lalu ubah kecepatan mixer menjadi sedang. Diamkan 10 menit.
  4. Lalu masukkan bahan C dan kembali aduk selama 5-8 menit hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi bulatan dan diamkan selama 30 menit.
  6. Kempiskan adonan dan timbang masing-masing 100gr. Diamkan lagi selama 30 menit atau hingga mengembang.
  7. Semprot permukaan roti bun dengan air dan panggang selama 15020 menit dengan suhu 200 o
  8. Berikutnya dinginkan hingga agak keras.

Cheese Filling

  1. Kocok rata bahan A dan bahan B.
  2. Setelah rata masukkan adonan tersebut ke contongan kue.

Garlic Topping

Lelehkan mentega, lalu masukkan bawang putih, peterseli, telur, susu kental manis dan keju. Berikutnya aduk rata seluruhnya.

Finishing

  1. Kerat-kerat roti menjadi 6 bagian tanpa terputus.
  2. Semprotkan cheese filling yang sudah dimasukkan ke contongan ke keratan roti.
  3. Simpan dalam freezer hingga membeku.
  4. Setelah itu siram dengan garlic topping.
  5. Panggang dalam oven roti wirastar panas hingga kecokelatan

Bagaimana guys? Cukup membantu bukan resepnya? Sekilas memang terlihat rumit. Jika Anda ingin lebih simpel gunakanlah roti bun jadi. Anda bisa cari di berbagai toko bakery, swalayan, atau pesan melalui marketplace. Nah, jika roti bun sudah tersedia, Anda hanya perlu menyiapkan cheese filling dan garlic topping.

Lagi Viral Korean Cheese Garlic Bread, Roti Crunchy dengan Keju ...

Setelah itu, selebihnya Anda bisa mengikuti cara-cara di atas, seperti menyemprotkan keju dan menyiram garlic topping di atas roti. Selamat berkreasi selamat mencoba!

(Zakiah)

Chat via WhatsApp