Resep Cara Membuat Ongol-ongol

Resep cara membuat ongol-ongol ini berasal dari Jawa Barat. Ongol-ongol termasuk dalam kategori kue basah. Ongol-ongol memiliki bahan pembuatan dari tepung sagu aren, air, gula jawa, daun pandan, kelapa, dan garam. Selain sagu, tepung hunkwe dan singkong juga dapat menjadi bahan utama dari resep cara membuat ongol-ongol.

Resep Cara Membuat Ongol Ongol

Ongol-ongol memiliki tektsur yang kenyal dengan sisi yang dipenuhi parutan kelapa. Karena diolah dengan cara dikukus dan direbus tingkat kepadatan kue ini mampu mengganjal perutmu. Namun, jenis kue basah ini tidak bisa dikonsumsi jangka panjang karena mudah basi. Kandungan airnya menjadi alasan kue ini mudah basi atau tidak tahan lama.

Sekilas, kue ini memiliki tekstur yang mirip dengan putu ayu, klepon, awuk-awuk, dan lain-lain. Namun, rasanya yang kenyal tentu menjadi identitas tersendiri bagi ongol-ongol ini. Ongol-ongol juga sering dipilih untuk dijal sebagai menu “kue subuh” di beberapa toko kudapan atau pinggiran pasar. Lalu sebenarnya bagaimana cara membuatnya?

Resep Cara Membuat Ongol-ongol

Bahan-bahan

  • 250gr tepung sagu
  • 800ml santan rebus yang sudah matang
  • 200gr gula aren yang sudah disisir
  • 50gr gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Secukupnya kelapa parut
  • Sejumput garam untuk bahan taburan

Langkah-langkah

  1. Campurkan 500ml santan dengan tepung dalam satu wadah. Lalu aduk hingga tepung larut atau tidak menggumpal.
  2. Campurkan 300ml (sisa santan) dengan gula aren dan daun pandan. Masak dengan api kecil hingga gula larut.
  3. Tuang larutan tepung ke dalam rebusan santan. Kemudian aduk hingga mengental. Setelah angkat.
  4. Siapkan loyang yang telah dilapisi plastik. Tuang adonan tadi ke atas loyang. Diamkan hingga dingin. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera.
  5. Khusus bagian bahan taburan, campurkan kelapa parut dengan garam lalu kukus hingga matang.
  6. Baluri campuran kelapa parut ke kue yang sudah terpotong hingga merata.
  7. Ongol-ongol sisap disajikan.

Resep Cara Membuat Ongol-ongol dari Hunkwe

Ada yang tahu apa itu hunkwe? Hunkwe adalah semacam tepung dari kacang hijau. Hampir sama dengan jenis tepung lainnya, hunkwe juga memiliki warna putih. Jika dimasak, tepung ini memiliki aroma yang harum dan berwarna bening serta kenyal teksturnya. Selain ongol-ongol, hunkwe juga bisa kamu manfaatkan dalam pembuatan cendol, kue pisang, puding, dan lain-lain.

resep ongol ongol

Bahan-bahan

  • 125gr gula merah
  • 115gr gula pasir
  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 800ml air
  • ½ sdt garam
  • 200gr kelapa parut kasar
  • ¼ sdt garam

Langkah-langkah

  1. Campurkan kelapa dan garam, lalu kukus selama 15 menit. Aduk hingga rata dan bagi dua adonan. Bagian yang satu digunakan sebagai taburan di dasar loyang. Satu lagi sisihkan.
  2. Rebus gula pasir, gula merah, garam, dan air hingga larut. Berikutnya saring dan dinginkan sebentar.
  3. Tuangkan ke dalam tepung hunkwe. Lalu aduk hingga merata. Masak di atas api kecil sembari diaduk terus hingga mengenal dan meletup-letup.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang. Taburi dengan kelapa parut. Tekan-tekan perlahan agar memadat. Lalu potong-potong sesuai selera.
  5. Ongol-ongol siap disajikan

Resep Cara Membuat Ongol-ongol dari Singkong

Singkong juga terkenal ampuh dalam menggangal perut sebagai pengganti nasi. Singkong nikmat disantap dengan cara direbus atau digoreng. Namun, ternyata singkong juga bisa menjadi bahan utama dari resep cara mebuat ongol-ongol ini. Singkong sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Singkong juga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

Bahan-bahan

  • 500gr singkong
  • 75gr gula pasir
  • 150ml santan
  • ½ bungkus agar-agar tawar bubuk
  • Pewarna makanan kuning, merah, dan hijau

Bahan taburan

  • 150gr kelapa setengah tua
  • ¼ sdt garam halus

Langkah-langkah

  1. Kupas singkong. Lalu parut dan peras.
  2. Campurkan santan, gula pasir, dan agar-agar bubuk. Aduk seluruhnya hingga merata.
  3. Masukkan singkong dan aduk rata. Bagi tiga adonan. Masing-masing adonan berikan pewarna makanan. Aduk rata kembali.
  4. Siapkan tiga loyang segi empat. Olesi dengan sedikit minyak. Tuang tiap adonan ke masing-masing loyang dan ratakan.
  5. Kukus adonan dalam dandang panas selama 20 menit atau sempai matang.
  6. Angkat dan dinginkan. Keluarkan dari loyang secara perlahan.
  7. Potong-potong kue sesuai kebutuhan.
  8. Sajikan dengan taburan kelapa parut.

Ongol-ongol merupakan jajanan tradisional yang terkadang terlupakan. Seiiring berjalannya waktu, jajanan daerah tersebut tergeser oleh derasnya arus makanan modern. Padahal, jika kita bandingkan makanan tradisional ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dari jenis kudapan lainnya.

Ongol-ongol sering dijajakan di berbagai pedagang keliling. Meskipun mulai tergerus oleh waktu, kue tradisional ini tetap bisa bertahan dengan peminat yang terbilang cukup. Melemahnya potensi jual ongol-ongol kita harus ikut serta untuk melestarikannya. Misalnya dengan melakukan campaign budaya kue basah di Nusantara, manfaat, cara pembuatan, peluang usaha, dan lain-lain.

ongol ongol

Berdasarkan penjelasan di atas, salah satu cara untuk melestarikan ongol-ongol ini dengan membuka peluang usaha. Nah, kamu bisa mencari sesuatu yang unik dari ongol-ongol untuk meningkatkan nilai jual. Misalnya seperti berkreasi dengan bentuk, warna, dan semacamnya. Bahkan saat ini ongol-ongol sudah masuk pada tahap percampuran dua budaya, yaitu mengganti kelapa parut dengan keju parut.

Ongol-ongol nikmat disantap dengan hidangan kopi di pagi hari sebagai pengganjal perut. Jadi bagaimana teman-teman? Resep cara membuat ongol-ongol tersebut sangat bermanfaat bukan? Kamu bisa mencoba mengkreasikan atau memperluas daya kreasimu untuk menghasilkan ongol-ongol lebih menarik lagi.

 

 

(Zakiah)