Cara Membuat Keripik Singkong

Cara Membuat Keripik singkong – Keripik adalah salah satu camilan favorit yang sering dikonsumsi. Camilan ini berbahan dasar ringan dan gurih. Karena teksturnya yang renyah singkong tidak akan membuat Anda bosan, justru akan terus membuat mata melek dan semangat beraktivitas. Keripik singkong juga sering dijadikan menu sampingan saat makan nasi.

singkong

Meskipun sekadar camilan, nyatanya singkong juga memiliki manfaat tersendiri. Selain diolah menjadi keripik, singkong juga sering kita temukan di pedagang yang menjual gorengan. Tidak hanya badan singkong, daunnya pun juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran. Pasti Anda sering melihat sayuran tersebut di berbagai rumah makan padang, yaps! Daun singkong rebus yang sangat lezat.

Oke kita kembali lagi ke singkong, makanan dari umbi-umbian ini dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan pokok kita, karena singkong memiliki kandungan kalori dua kali lipat lebih besar daripada kentang. Setiap 100gr singkong mengandung sekitar 160 kalori, paling utama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian.

baca juga :

Cara Membuat Donat Ala Rumahan Dan Cafe, Bonus Resep

Singkong juga memiliki serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar sistem pencernaan, dan menjaga kadar kolesterol. Manfaat lain dari singkong, yaitu memiliki sumber vitamin K. Vitamin K sendiri memiliki manfaat untuk membangun massa tulang. Selain itu, vitamin K juga dapat membatasi  kerusakan saraf di otak sehingga berguna untuk mengobati penderita Alzheimer.

cara membuat keripik singkong

Singkong juga memiliki sumber mineral untuk tubuh. Kandungan mineral seperti kalium dapat berperan penting dari sel dan cairan tubuh untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Jadi, meskipun diolah menjadi camilan atau jenis makanan lainya, singkong tetap memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuh kita.

Untuk membuat keripik singkong ternyata tidak bisa asal pilih singkong. Ada berbagai jenis singkong yang dapat Anda gunakan untuk membuat keripik. Yuk kita simak pembahasan berikut!

Jenis-jenis Singkong yang Dapat Diolah Menjadi Keripik

  1. Singkong Mangu

Singkong ini memiliki ciri-ciri diameter sebesar 4-5cm. Singkong mangu nikmat dikonsumsi karena rasanya yang manis. Singkong ini mudah untuk ditanam, dikupas, dan memiliki daging yang renyah dan empuk.

  1. Singkong Kuning

Singkong kuning atau singkong mentega ini memiliki rasa yang legit dan kenyal. Jika Anda memilih singkong kuning untuk dijadikan keripik akan menciptakan tampilan yang lebih bagus. Selain keripik, singkong kuning yang diolah mejadi tape juga memiliki rasa yang lebih enak dan manis.

  1. Singkong Gajah

Singkong ini berasal dari Kalimantan Timur dan memiliki diameter 8 cm. Singkong gajah memiliki rasa gurih. Singkong ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat tepung. Singkong gajah juga dapat dikonsumsi secara langsung untuk menggantikan peranan beras dengan rasa yang mirip ketan.

  1. Singkong Putih

Selain memiliki warna putih dan bertekstur  keras, singkong ini cocok disajikan dengan direbus atau dikukus, contohnya sepertti kolak singkong, sup singkong, dan lain-lain.

  1. Singkong Emas

Singkong jenis ini bukan berarti berasal dari olahan emas yaah. Singkong ini merupakan hasil percobaan antara singkong karet lokal dan singkong thailand. Singkong ini pertama kali ditemukan di Bengkulu. Singkong emas dapat diolah menjadi tepung terigu, bahan pembuatan jamu, minyak kompor, bahkan pakan ternak.

            Jika Anda sudah mengetahui berbagai jenis singkong yang dapat dijadikan keripik, saat mulai berkreasi! Keripik singkong merupakan salah satu camilan yang sangat mudah dibuat. Karena kemudahannya dalam pengolahan, keripik singkong banyak yang dijadikan lahan bisnis untuk para wirausaha.

            Senada dengan itu, meskipun mudah untuk diolah, para pedagang keripik singkong harus menciptakan berbagai kreasi demi meningkatkan daya jual. Kreasi tersebut beragam, mulai dari rasa keripik, bentuk irisan, kemasan, dan lain lain-lain. Keripik yang memiliki satu rasa tentu akan kalah dengan keripik yang memiliki berbagai rasa. Begitu pula dengan kemasan keripik yang berkemas kurang menarik terkadang tidak diprioritaskan konsumen.

            Rasa pada makanan memang menjadi inti penjualan produk. Namun, hal pertama kali yang akan dilirik konsumen adalah kemasan yang menarik. Kemasan yang unik akan meningkatkan minat pembelian. Setelah berkreasi dengan kemasan yang unik, barulah ciptakan rasa yang spesial. Jangan sampai kemasan sudah menarik, namun rasa keripik tidak cukup enak. Tentu akan menyebabkan kekecewaan pada konsumen.

            Ada berbagai rasa keripik singkong yang dapat Anda coba. Anda suka rasa pedas? Keripik singkong dapat diolah menjadi keripik balado. Atau Anda menyukai rasa manis? Yuk buat keripik singkong cokelat. Mau rasa gurih dan manis? Keripik singkong keju mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado

 Bahan-bahan:

  • 2 bh singkong
  • 15 bh cabai
  • 3 bh bawang merah
  • 3 bh bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 lembar daun kunyit iris tipis
  • 5 helai daun jeruk iris tipis
  • Garam
  • Gula
  • Minyak goreng
  • Minyak sayur

Tahapan membuat:

  1. Kupas kulit singkong, iris tipis dan cuci sampai bersih.
  2. Rendam singkong dengan air panas ± 10 menit, kemudian tiriskan dan goreng sampai garing
  3. Setelah itu, goreng sekilas irisan daun jeruk dan daun kunyit, lalu sisihkan.
  4. Campurkan dan blender cabai, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan sedikit minyak sayur
  5. Kemudian tumis campuran tadi hingga berminyak, tambahkan daun jeruk dan daun kunyit yang sudah digoreng tadi
  6. Masukkan gula dan garam secukupnya
  7. Campurkan keripik singkong dan sambal jika uap panas keduanya sudah menurun

Resep Membuat cara membuat Keripik singkong Cokelat

Bahan-bahan:

  • 500 gr singkong yang sudah diiris tipis panjang dan bersih
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air es
  • Minyak goreng
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • ¼ sdt garam

Tahapan membuat:

  1. Campurkan singkong ke dalam air kapur sirih, garam, dan air es. Rendam selama 30 menit
  2. Setelah 30 menit, tiriskan singkong lalu keringkan
  3. Goreng singkong hingga renyah
  4. Di wadah yang berbeda campurkan dan aduk rata gula pasir, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan garam secukupnya
  5. Kemudian masak hingga berbusa, lalu masukkan singkong dan aduk hingga merata
  6. Angkat singkong dan keringkan

Resep Membuat Keripik Singkong Keju

Bahan-bahan:

  • 200gr tepung terigu protein sedang
  • 100gr singkong kukus yang dihaluskan
  • 20gr tepung maizena
  • ½ sdt baking powder
  • 1 butir telur yang dikocok lepas
  • 25 ml air es
  • Minyak goreng
  • 30gr margarin
  • 50gr keju cheddar
  • 1 sdt garam

Tahapan cara membuat Keripik singkong :

  1. Campurkan dan aduk rata singkong, garam, margarin, tepung maizena, air es, tepung terigu, telur, baking powder, dan keju
  2. Giling adonan, setelah itu potong dengan bentuk segitiga dan kerat sedikit bagian tengah
  3. Masukkan pada bagian lancip ke tengah
  4. Goreng adonan tersebut hingga matang

Sekarang Anda tidak perlu lagi bingung untuk menciptakan kreasi rasa keripik singkong. Melalui tiga resep di atas, konsumen bebas memilih sesuai dengan selera. Jika Anda memiliki ide lain misalnya dengan membuat keripik singkong rasa buah atau bahan makanan lainnya silakan kembangkan. Bisa saja pelanggan Anda akan semakin tertarik untuk membeli produk Anda. Selamat mencoba!

Baca juga :

Cara Membuat Cireng Ala Rumahan & Kalkulasi Peluang Usaha Cireng Isi

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 − eleven =