Kemasan Makanan Unik dan Kreatif,Strategi Sederhana Tarik Keuntungan

Kemasan Makanan Unik dan Kreatif

Kemasan makanan unik dan kreatif memang sangat diperlukan dalam berbisnis makanan. Karena kini nilai tambah dari suatu produk makanan adalah bentuknya yang unik dan kreatif sebagai daya tarik untuk konsumen.

Kemasan Makanan Unik dan Kreatif

Kemasan makanan biasanya tidak lebih untuk menjaga produk makanan tersebut agar terhindar dari bakteri. Hal ini tidak akan dihargai dan akan berakhir di tempat sampah setelah makanan itu habis. Namun, bila kemasan makanan tersebut di desain unik dan fungsional. Tentunya kemasan tersebut kemungkinan akan digunakan untuk keperluan berikutnya sesuai fungsinya.

Di bawah ini ada saran dalam membuat kemasan makanan unik dan kreatif. Agar produk makanan anda lebih di sukai dan menarik konsumen karena memiliki kemasan yang fungsional dan inovatif. Karena keunikan dan fungsinya tersebut tentunya tidak akan langsung berakhir di tempat sampah. Kemungkinan dari fungsinya akan digunakan untuk hal yang serupa tapik tak sama. Simak tips berikut:

Buatlah Kemasan yang Berguna

Di zaman yang serba instan seperti sekarang ini, semakin banyak orang ingin melakukan sesuatu secara cepat. Anda dapat membuat sebuah kemasan yang berguna, seperti membuat kemasan untuk selai cobalah memanfaatkan tutup kemasan agar menjadi sendok atau pisau oles. Dengan begitu pembeli tidak harus kesulitan ketika hendak mengoleskan selai tersebut ke dalam roti.

Mainkan Imajinasi

Jika Anda mempunyai imajinasi mengenai kemasan yang unik dan menarik, cobalah tuangkan imajinasi Anda ke dalam sebuah kemasan. Seperti pada kemasan kuas cat berikut ini. Penjual membuat kemasan yang menarik dan unik, membuat seakan-akan bulu pada kuas itu seperti kumis. Selain itu juga, penjual memberikan beberapa ilustrasi mengenai wajah seseorang dengan beragam ekspresi dan karakter. Kemudian juga, permainan warna pada kuas juga seperti seolah-olah kumis dengan warna yang natural.

  • Membuat Sesuatu yang Unik dan Menarik

Membuat kemasan produk unik memang tidak semudah membuat kemasan seperti biasa, sebab Anda harus membuat kemasan dengan desain yang lain dari biasanya. Seperti contoh kemasan teh celup yang dibentuk menjadi sebuah hanger baju yang lucu dan imut. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan kotak kemasan seakan-akan sebuah lemari pakaian. Padahal itu sebuah teh celup yang memang didesain sedemikian rupa sehingga membuat kemasan teh celup menjadi lebih lucu dan unik.

  • Kemasan yang Memiliki Dua Fungsi

Membuat sebuah kemasan dengan desain yang memiliki fungsi merupakan suatu kelebihan tersendiri. Seperti sebuah kemasan kacang rebus dengan dua fungsi ini, sebagian sisi lainnya untuk wadah kacangnya, sedangkan sisi lainnya untuk membuang sampah kulit kacangnya. Kemasan seperti ini dapat menyadarkan konsumen untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah kulit kacang di sembarang tempat. Bahkan, kemasan seperti ini juga dapat menjadi ide membuat kemasan produk unik. Anda dapat mencoba membuat kemasan dengan dua fungsi yang berguna sebagai wadah makanan dan minuman.

  • Buatlah Kemasan yang Memiliki Pesan

Tidak ada salahnya untuk membuat kemasan yang memiliki pesan tersendiri. Seperti menyisipkan beberapa pesan lucu yang menjadi sebuah lelucon bagi konsumen. Sehingga Anda dapat menghibur konsumen dengan kemasan. Tidak banyak yang menggunakan kemasan produk unik dengan menyuguhkan pesan-pesan lucu atau bahkan gambar yang dapat menyampaikan pesan. Anda dapat mengambil poin yang satu ini untuk dijadikan kemasan bisnis Anda.

 

Chips Packaging Best Selling Products Snack Custom Printed Potato ...

 

  • Kemasan Praktis

Anda juga dapat menggunakan kemasan produk unik yang praktis, sebab zaman ini semua orang membutuhkan sesuatu yang praktis. Untuk itu, tidak ada salahnya membuat sebuah kemasan yang praktis. Seperti menggabungkan antara kotak kemasan kue dengan minuman, sehingga konsumen tidak perlu ribet membawa dua bingkisan dalam satu waktu yang bersamaan. Anda juga dapat membuat kemasan untuk kue dengan saus cokelat yang dijadikan dlam satu wadah.

  • Little Pocket

Biasanya kalau kita makan kentang goreng, sausnya terpisah ya. Nah kalau ini kantung untuk saus kentang goreng jadi satu paket loh. Praktis banget ya buat dibawa kemana-mana.

  • Pizza Slice Papper Plates

Dengan tambahan kertas di bagian ujungnya, tanpa harus mencuci tangan kamu udah enggak perlu repot lagi makan pizza.

  • Sushi Popper

Bagi kamu yang kesulitan makan sushi pakai sumpit, sekarang ada sushi popper yang akan membantu kamu memakan sushi. Bentuknya seperti pipa dan kamu bisa dorong bagian bawah maka sushi kamu akan keluar dan kamu bisa makan dengan lahap.

  • Butter Stick Type

Stick mentega ini dibuat dengan tempat yang berbentuk lem. Namun, ini justru memudahkan kamu untuk mengoleskan mentega karena enggak perlu repot-repot menggunakan sendok.

Tips Memilih Kemasan Makanan

  • Sesuaikan Material Kemasan Dengan Jenis Makanan Yang Anda Jual.

Sebelum memikirkan design, hal ini terlebih penting untuk dipertimbangkan karena apabila tidak sesuai bisa merusak makanan di dalamnya. Ada berbagai macam material yang dipilih, dari plastik, kertas, hingga aluminium foil.

  • Pilih Kemasan Yang Memiliki Food Grade.

Pastikan kemasan Anda terhindar dari zat-zat berbahaya dengan memastikan packaging Anda memiliki food grade. Food grade adalah standar untuk menguji kelayakan material yang digunakan untuk menambah kelengkapan makanan.

Anda tentunya tidak ingin membahayakan kesehatan pelanggan Anda, bukan?

  • Tentukan Fitur Yang Diperlukan Oleh Makanan Anda.

Kemasan memiliki 3 fitur yaitu vacuum, zipper, dan valve. Vacuum cocok untuk mengurangi udara yang masuk sehingga menambah daya tahan produk, zipper melindungi dari sinar matahari, dan valve membantu mengeluarkan udara dari kemasan.

  • Menggunakan Aluminium Foil.

Untuk Anda yang menjual makanan hangat, aluminium foil akan menjaga cita rasa makanan Anda dan menahan uap hangat agar tidak menguap lebih cepat.

  • Jika Bisa, Gunakan Material Yang Bisa di-recycle dan Digunakan Kembali.

Tidak ada salahnya ikut berkontribusi menjaga lingkungan dengan menggunakan kemasan yang bisa di daur ulang, bahkan digunakan kembali.

Jasa Desain Kemasan. 25+ Pilihan Bayar 1 Saja | Sribu.com

 

Demikian pembahasannya tentang kemasan makanan unik dan kreatif yang dapat anda jadikan inspirasi dan inovasi dalam membuat kemasan makanan. Agar lebih fungsional dan tidak langsung berakhir di tempat sampah karena fungsinya kemungkinan akan digunakan kembali. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp