Plastik Vacuum Emboss Vs Polos, Mana Lebih Baik?

Plastik Vacuum Emboss Vs Polos :  Mana yang Terbaik?

Plastik vacuum merupakan jenis kemasan yang digunakan khusus untuk vacuum sealer. Vacuum sealer sendiri adalah mesin press yang memiliki sistem kerja dengan cara menghampakan udara di dalam kemasan. Kemasan akan disedot menggunakan vacuum sealer dengan lama waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, plastik yang digunakan harus memiliki material lentur namun tetap kuat.

Metode vacuum sendiri sering digunakan untuk mengemas berbagai bahan dan olahan makanan seperti biji kopi, beras, kacang-kacangan, buah dan sayuran, frozen food, rendang atau dendeng, dsb. Ada dua jenis plastik vacuum yang biasa digunakan di pasaran, yaitu plastik vacuum polos dan emboss. Apa beda keduanya?

Plastik Vacuum Emboss atau Polos?

Umumnya plastik vacuum yang digunakan memiliki material dari PE + Nylon, baik emboss maupun polos. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara kedua jenis plastik vacuum tersebut. Nah, berbagai perbedaan berikut juga bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli plastik vacuum nih WiraSob.

Tekstur dan tampilan

Poin pertama ini tentu sangat menggambarkan jelas perbedaan antara keduanya. Plastik vacuum polos memiliki kedua sisi yang transparan dan halus. Biasanya warna lebih buram, namun tetap terlihat jelas isi dari produk. Sedangkan plastik vacuum emboss memiliki tekstur atau bintik yang jika dipegang permukaannya akan terasa sedikit kasar.

Tekstur emboss biasanya terletak di antara kedua sisi plastik. Namun ada juga yang bersifat campuran, yaitu bagian depan emboss atau bertekstur sedangkan bagian belakang atau sisi lainnya tanpa tekstur – polos. Jika dibandingkan tampilan plastik vacuum emboss jauh lebih menarik dari plastik vacuum polos.

Banyak para konsumen lebih memilih plastik vacuum emboss karena menilai kemasan tersebut lebih berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi. Padahal sebenarnya material dan kegunaannya tidak jauh berbeda lho dengan plastik vacuum polos hihi.

Penggunaan mesin yang berbeda

Poin perbedaan yang kedua sedikit merepotkan. Anda tidak bisa menggunakan sembarang mesin untuk memvakum kemasan. Pasalnya tidak semua mesin bisa digunakan untuk kedua jenis plastik vacuum tersebut. Ada yang khusus plastik vacuum polos saja. Begitu pun sebaliknya ada juga yang digunakan khusus untuk plastik vacuum emboss saja.

Hal tersebut disebabkan karena ada part mesin yang membedakan. Jadi apabila Anda memaksakan plastik vacuum emboss digunakan pada vacuum sealer plastik polos seperti DZ-280X dan DZ-290A akan memberikan hasil yang kurang maksimal.

DZ 300

Namun, jangan khawatir seiring berjalannya waktu saat ini mulai tersedia vacuum sealer yang dapat dioperasikan untuk berbagai jenis plastik vacuum, termasuk plastik vacuum polos dan emboss. Jenis vacuum sealer ini dikhususkan untuk kebutuhan produksi menengah atau kapasitas usaha yang sudah memberikan hasil cukup intens dalam per harinya. Jenis vacuum sealer yang dimaksud adalah dengan menggunakan chamber.

Harga

Ayo apa sudah bisa ditebak terkait dengan harga? Jika kita simak pembahasan di atas plastik vacuum emboss jauh lebih menarik perhatian konsumen. So jawabannya adalah tentu saja harga plastik vacuum emboss jauh lebih mahal dari plastik vacuum polos.

Setelah mengetahui harga plastik kemasan vacuum emboss biasanya untuk para pemula langsung memutar kemudi dan pindah haluan. Plastik vacuum polos memang direkomendasikan bagi para pemula. Selain lebih menghemat bujet, juga tidak terlalu merugi karena kualitasnya tidak jauh berbeda dengan plastik vacuum emboss. Hanya berbeda dari segi tekstur.

Mana yang lebih mudah didapatkan?

Masih menyambung pada poin sebelumnya. Harga yang relatif mahal, membuat plastik vacuum emboss sulit untuk didapatkan. Banyak para wirausaha lebih banyak memiliki plastik vacuum polos untuk mengawali bisnisnya. Terlebih lagi sebagian dari mereka baru mengetahui bahwa antara vacuum sealer dan plastik vacuum tidak bisa disembaranggunakan.

Vacuum sealer household DZ SERIES

Sebagai contoh, Anda sudah membeli vacuum sealer khusus emboss. Tapi plastik yang digunakan adalah plastik vacuum polos. Tentu saja hasilnya kurang maksimal. Setelah dicari plastik vacuum emboss ternyata susah untuk didapatkan. Duh jangan sampai usaha Anda menjadi sia-sia ya WiraSob.

Jenis Kemasan yang Bisa Divakum

Selain PE + Nylon, ada dua jenis kemasan yang bisa digunakan untuk vakum-memvakum. Namun, kedua jenis kemasan ini sama halnya dengan emboss, yaitu hanya bisa digunakan untuk vacuum sealer with chamber.

Gusset

Gusset juga disebut dengan istilah kemasan bantal (side pouch). Ciri kemasan ini memiliki bentuk kotak yang menggembung di bagian tengah seperti bantal. Salah satu produk yang biasa dikemas dengan gusset adalah biji-bijian, seperti kopi dan kacang hijau. Gusset terbuat dari material full alufoil. Namun ada juga yang mengombinasikannya dengan plastik.

Kombinasi Pouch

Kombinasi pouch merupakan gabungan material OPP bening pada bagian depan atau sejenis plastik dan alufoil/metalize di sisi belakang. Baik gusset maupun kombinasi pouch ini hanya cocok digunakan untuk jenis makanan kering. Selain kombinasi pouch (model seperti bag/bantal) juga ada jenis stand up.

Kombinasi Pouch Cover

Meskipun kedua jenis kemasan di atas bisa digunakan pada vacuum sealer, tidak disarankan untuk penggunaan yang sering ya WiraSob. Untuk hasil yang maksimal gunakanlah plastik vacuum, baik yang polos maupun emboss karena keduanya memberikan hasil hampa udara yang baik untuk produk.

 

(Zakiah)

blank
1