Peluang Usaha Mie

Makanan yang berasal dari Cina ini sudah mulai mencuri hati dan menjadi makanan yang saat ini menjadi populer di masyarakat Indonesia , bahkan mie dijadikan makanan kedua bagi masyarakat. Makanan mie memiliki tekstur yang kenyal dan juga memiliki kandungan karbohidrat yang membuat mie manjadi sebagai pengganti nasi oleh masyarakat.

Bisnis Mie
Bisnis Mie

Dengan adanya minat masyarakat terhadap mie memberikan prospek untuk dijadikan msebagai peluang usaha baru yang dapat menguntungkan. Besarnya potensi bisnis mie dimanfaatkan mencoba usaha mie. Dimulai dari pembuatan, penjualan, sampai hasil olahan mie dapat ditemukan dimana saja. Mie saat ini tidak hanya di sukai masyarakat cina saja melainkan seluruh masyarakat dimana pun.

Sudah banyak produk mie instan dipasaran dari mie kering maupun mie basaha sudah banyak diminati para konsumen. Dan untuk ketahanan mie kering lebih tahan lama dari pada mie basah. Meskipun daya tahan berbeda namun produk mie dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Pembutan mie tidak perlu dengan bahan baku yang mahal karena banyak bahan baku dipasaran seperti tepung terigu, tepung beras, tepung tapioca, tepung sagu serta bahan tambahan seperti air ki, carboxymethyl, telur,tepung pati, pewarnamakanan dan calcium prpionate. Dan untuk peralat membutuh kan mesin mixer dan mesin penggiling mie.

Beriukut Adalah Cara membuat Mie:– Campurkan bahan tepung terigu, tepung tapioca, tepung pati, dan CMC aduk hingga merata. Tambahkan air ki, dan garam ke dalam adonan.
– Bagi 110 ml air ke dalam dua wadah, kemudian masukan pewarna makanan pada salah satu wadah, aduk hingga rata.
– Tambahkan adonan tepung dengan air, aduk rata. Selanjutnya masukan air yang telah diberi pewarna.
– Tutupi adonan menggunakan plastik atau lap agar adonan tidak kering.
– Giling adonan dengan menggunakan mesin cetak mie, menjadi lembaran tipis ( dari nomor satu hingga nomor lima atau enam ). Potong lembaran adonan berbentuk kecil dan memanjang.
– Taburi adonan yang telah dipotong, menggunakan tepung tapioka agar adonan tidak lengket.
–  Kemas ke dalam plastik, dan mie siap dipasarkan.

Kelebihan dari usaha mie

Dengan usaha usaha tidak membutuhkan modal yang besar, karena bahan baku dan peralatan mudah didapatkan. Dengan besarnya minat masyarakat dengan mie akan memberikan keuntungan bagi para pengusaha mie. Dan untuk usaha mie pemasaran tidak terlalu susah karena bisa dijual dalam bentuk masak atau juga dalam bentuk menu maknan mie.

Usaha ini memiliki kekurangan

Banyak minat masyarakat yang turun akibat isu negatif tentang penggunaan bahan pengawet. Namun semua tidak menjadi penghalang bagi para pengusaha mie dengan mendapat izin dari badan POM. Dengan seperti ini produk terjamin dan dapat meyakinkan konsumen.

Pemasaran yang dilakukan produsen lebih menjalin kerja sama dengan para pengusaha makanan yang menggunakan mie sebagai bahan utama. Sehingga dapat dipasarkan dalam jumlah banyak dibandingkan kepada konsumen akhir. Selain dengan cara mengenalkan produk dapat menggunakan brand atau merek pda kemasan sehingga konsumen lebih mengenali produk mie yang dihasilkan dan strategi dari mulut ke mulut pun juga dapat menjangkau masyarakat luas.

Dalam usaha kita harus memiliki kunci sukses yaitu Usahakan menjaga kualitas bahan baku dan peralatan produksi. Hindari bahan baku yang dapat membahayakan, pewarna non makanan serta bahan pengawaet non makana sehingga mie memiliki kualitas bagus serta aman dikonsumsi. Sangat penting juga untuk mencantumkan izin POM dan sertifikasi halal dari MUI, sehingga konsumen tidak ragu dan takut mengkonsumsi mie yang diproduksi.

(afr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × five =