Oven Gas, Listrik,Hybrid dan Tangkring

Oven adalah salah satu piranti alat masak yang cukup sering di gunakan untuk memasak aneka panganan Roti dan Kue, baik kue kering maupun kue basah hingga matang dan renyah

OVEN ROTI
OVEN ROTI

Serba Serbi Oven

Oven pertama kali di temukan di eropa tengah pada 29.000 SM. Saat itu bentuk oven bisa dibilang benar-benar sangat konvensional dimana hanya di bentuk dari seongkok batu yang di di tengahnya di beri celah / lubang yang di gunakan sebagai tempat meletakan media pemanas seperti jerami,arang,dll.

Dari tahun ke tahun oven pun mengalami evolusi yang cukup pesat, baik dari segi model, bentuk hingga jenisnya. Dan pada suatu ketika seorang yang bernama Percy Lebaron Spenser berhasil menciptakan Oven Microwave yang di anggap sebagai salah satu evolusi jenis oven paling canggih dan modern.

Oven pada umumnya di gunakan untuk memasak aneka jenis bahan makanan melalui proses pembakaran di dalam sebuah ruang termal yang terisolasi dari luar. Oleh karenannya hal ini di sebut juga dengan metode panggang / baking, dimana hasil yang di dapatkan akan lebih matang sempurna pada bagian luar dan dalam

Oven pertama kali di temukan di eropa tengah pada 29.000 SM. Saat itu bentuk oven bisa dibilang benar-benar sangat konvensional dimana hanya di bentuk dari seongkok batu yang di di tengahnya di beri celah / lubang yang di gunakan sebagai tempat meletakan media pemanas seperti jerami,arang,dll.

Dari tahun ke tahun oven pun mengalami evolusi yang cukup pesat, baik dari segi model, bentuk hingga jenisnya. Dan pada suatu ketika seorang yang bernama Percy Lebaron Spenser berhasil menciptakan Oven Microwave yang di anggap sebagai salah satu evolusi jenis oven paling canggih dan modern.

microwave

Untuk menghasilkan hawa panas pada mesin oven di butuhkan beberapa jenis sumber daya yang bisa kita manfaatkan, antara lain menggunakan Panas Api, Energi Gas, ataupun yang paling modern saat ini dengan pemanfaatan energi listrik.

Perbedaan Oven Gas, Oven Listrik,Oven Hybrid dan Oven Tangkring

Seperti yang telah di sebutkan, untuk mengoperasikan sebuah oven..anda membutuhkan sumber daya yang mumpuni agar fungsi dari oven tersebut dapat bekerja secara optimal. Nah modern ini terdapat berbagai jenis oven yang di tawarkan sesuai dengan kebutuhan anda. Ada 3 jenis oven yang cukup popular di kalangan para chef dan koki serta kalangan ibu rumah tangga. Apa saja, yuk kita lihat satu persatu

Oven Gas

Oven gas bisa dibilang jenis oven yang cukup sering kita lihat dan sempat ngetrend di tahun 90an hingga tahun 2000an. Oven ini biasanya terintegrasi dengan kompor, karena memang membutuhkan media pemanasan yang berasal dari energi gas, maka penggunaan tabung gas pun sudah pasti di butuhkan sebagai sumber panas utamanya.

Biasanya oven ini mempunyai bentuk yang cukup bervariasi, yakni persegi Panjang hingga tampil mengkotak layaknya sebuah kubus raksasa. Bentuk ini di desain sedemikian rupa agar oven dapat menyatu harmonis dengan tungku kompor gas. Biasanya oven gas terletak pada bagian layer bawah dari kompor.

oven gas

Oven gas sendiri biasanya menggunakan material stanless steel anti karat sebagai bahan utamanya, hal ini tentunya membuat bentuk tampilan dan kekokohannya kian ciamik. Harga oven gas sendiri di bandrol cukup beragam. Mulai dari kisaran 900 ribu hingga belasan jutaan rupiah, dan jangan salah karena biasanya oven gas lebih di dominasi oleh brand-brand besar yang berpengalaman di bidangnya, maka harganya relative cukup mahal.

Jika ingin mencari harga oven gas murah, anda bisa memilih oven gas yang independen alias terpisah antara gas dan tungku kompor. Namun tetap sumber energi utamanya menggunakan Gas yang berasal dari tabung

Oven Listrik

Nah untuk jenis oven yang satu ini bisa dibilang tipe oven yang cukup bagus dan mahal. Apa yang membuat oven ini begitu popular dan di sukai oleh banyak orang??? Jawabnnya simple yakni Fungsionalitas dan Kualitasnya. Seperti yang kita ketahui, untuk oven listrik jenis oven Microwave adalah yang paling terkenal dan laris di pasaran.

Oven Mircrowave pada dasarnya adalah jenis oven yang menggunakan media pemanasan dari magnet yang energinya di dapat dari hasil konversi energi listrik menjadi energi panas. Oleh karenanya efektivitas dari media pemanasnya cukup dan efisien, hasilnya apapun yang anda panggang akan lebih sempurna baik dari sisi hasil maupun rasanya.

oven listrik

Oven microwave pada dasarnya menggunakan oven yang di masuk kategori barang elektronik modern. Oleh karenannya bandrol pada oven microwave bisa dibilang cukup tinggi dan terbilang mahal. Microwave hadir dalam beragam macam bentuk dan model, ada yang analog serta ada pula yang digital. Pengoperasian oven ini sungguh sangat mudah digunakan, bahkan bagi orang awam sekalipun.

Oven Hybrid

Oven Hybrid adalah oven yang di desain dan di rancang dengan menggunakan 2 metode yang berbeda dalam 1 sistem. Jadi bisa dibilang oven hybrid ini perpaduan antara Oven Listrik dengan Oven gas, dimana untuk system pengoperasiannya lebih mirip seperti Microwave karena sebagian instrumennya menggunakan perangkat elektronik, namun untuk sumber daya panas yang di hasilkan sepenuhnya berasal dari energi gas

oven hybrid

Oven Hybrid cukup banyak di gunakan untuk kalangan pebisnis kuliner seperti Toko Roti & Kue, Industri Food & Beverage serta kalangan pengusaha Horeka maupun UKM rumahan. Untuk harga bisa dibilang cukup terjangkau apabila di tinjau dari sisi fungsionalitas dan kualitasnya.

Oven Tangkring

Yang terakhir adalah Oven Tangkring, pada dasarnya oven ini merupakan salah satu jenis oven konvensional yang cukup popular di kalangan ibu-ibu rumah tangga zaman dahulu. Oven ini mempunyai bentuk cukup ikonik, yakni kotak / kubus dengan di lengkapi pintu yang di beri element kaca pada bagian tengah.

Oven tangkring biasanya di gunakan untuk memanggang aneka jenis kue-kue kering dan snack. Metode pemanasan oven tangkring ini di dapatkan dari proses induksi panas api di bagian bawah oven yang berasal dari tungku kompor.

oven tangkring

 

Jadi bisa dibilang untuk mengoperasikan oven tangkring anda masih membutuhkan kompor sebagai media penghasil panasnya. Harga oven ini cukup terjangkau dan tergolong murah, namun di lihat dari sisi fungsionalitasnya oven ini kurang memadai untuk di gunakan membuat aneka jenis kue yang membutuhkan pembakaran api atas bawah.

Tips Memilih Oven Untuk Pemula

Dalam memilih jenis oven yang di gunakan, sebenarnya banyak parameter pembanding yang harus anda pahami. Hal paling mudah untuk menentukan jenis oven yang anda butuhkan, khususnya bagi kalangan pemula adalah sebagai berikut :

Fungsionalitas

Pada elemen ini harus benar-benar anda pikirkan sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah oven yang sesuai dengan fungsinya. Hal yang paling menonjol dari sisi fungsionalitas adalah terletak pada metode pemanas yang di pakai.

Oven Gas dan Oven Tangkring bisa jadi solusi sempurna untuk mereka para user rumahan yang mengutamakan efektivitas tempat dan efisensi buget. namun untuk fungsi yang lain seperti olahan roti dan kue dengan hasil sempurna maka Oven listrik merupakan pilihan terbaik, karena system pemanasnya mendukung untuk hasil panggangan api atas dan bawah secara merata

Kualitas

Pada sisi ini, biasanya lebih banyak di pengaruhi oleh brand apa yang anda pilih. Mengapa harus berdasarkan brand? Karena semakin bagus brand nya, maka kualitas dari oven tersebut akan semakin baik. Sebagai contoh, untuk oven gas beberapa jenis brand besar di bidang alat-alat dapur bermain disini, pada oven tankring ada brand Hock yang cukup melegenda, dan pada Oven listrik berbagai jenis brand elektronik rumahan pun ada. Jadi patokan yang paling gampang mengurutkan antara Brand dan bandrol harga jual yang di tawarkan oleh oven tersebut

Harga

Dari 2 elemen di atas, sebenarnya sudah bisa di dapatkan keputusan terbaik oven manakah yang harus anda pilih, namun lagi-lagi biasanya untuk orang yang mempunyai buget terbatas memang persoalan harga menjadi salah satu masalah.

Jika dilemma soal urusan harga, maka pertimbangan yang paling mudah di gunakan adalah Fungsionalitas + Kualitas Bagus = Harga terbaik. Karena pada dasarnya tidak ada Harga oven Gas ataupun listrik yang mahal ataupun murah, yang ada adalah oven tangkring `yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitasnya.

Ibu Yuni, Jakarta, Gas Baking Oven

Jika anda memutuskan untuk mengambil oven dengan harga lebih miring namun ada yang lebih mahal dengan brand terbaik. Maka sudah di pastikan anda akan mendapatkan oven dengan kualtas seadanya, meskipun dari sisi fungsionalitas sudah terpenuhi jika anda membeli gas roaster

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − 2 =