Anda Ingin Buat Sandwich Grill ? Pakai Oven Roti Bakar Aja

Oven Roti Bakar

Oven roti bakar memang diciptakan khusus untuk memanggang roti bakar yang akan dibuat sandwich untuk sarapan pagi. Penyajian roti bakar di pagi hari menciptakan rasa yang berbeda dari makan roti hanya menggunakan selai saja.

Oven Roti Bakar 1

Oven ini memudahkan anda membuat roti bakar secara instan seperti sandwich dan roti panggang lainnya. Orang biasa menyebutnya pemanggang roti toaster. Dari segi rasanya roti bakar memang memiliki tekstur yang berbeda dari pada roti tawar biasa apabila sudah dipanggang.

Banyak orang yang menyukai sandwich roti bakar karena tekstur grillnya yang renyah untuk dikunyah rasanya balance dengan isian roti bakarnya. Jadi kalo dibilang oven roti bakar sebenarnya adalah alat pemanggang roti bakar atau orang biasa menyebutnya toaster.

Fitur Oven Roti Bakar  

  • Tray yang dilengkapi dengan semacam spiral (spring-loaded tray), sehingga roti yang dipanggang langsung lembam keluar dari panggangan
  • Pengatur waktu yang dapat mematikan pemanggang secara otomatis, kemudian melepaskan tray sehingga hasil panggangan dapat keluar.

Bagian-Bagian Dari Oven Roti Bakar Elektrik

  • Rumah Pelindung

Rumah pelindung dari pemanggang roti tersebut dari bahan pelat yang dilapisi chrom atau dicat dengan cat tahan panas agar tidak mudah korosi/berkarat.

  • Elemen Pemanas

Elemen pemanas umumnya terdiri dari 3 (tiga) bagian yang dihubungkan jajar/paralel dan ditempatkan sedemikian rupa berjajar, sehingga membentuk dua rongga diantaranya. Elemen pemanas ini dibuat dari bahan pemanas yaitu kawat nikelin bulat atau pipih yang dililitkan pada lempengan mika atau asbes

  • Dudukan Roti

Dudukan roti dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat dinaik/turunkan. Menurunnya dilakukan dengan cara ditekan (secara manual), sedangkan gerakan naik kembalinya terjadi secara otomatis menurut panas dan lamanya waktu pemanggangan yang ditentukan (diset).

  • Pengatur Panas dan Timer

Pada peralatan pemanggang roti biasanya dilengkapi dengan pengatur panas dengan bimetal atau dengan pengatur lamanya waktu pemanggangan (timer). Baik pengaturan pemanggangan dengan menggunakan pengatur panas dengan bimetal ataupun pengatur waktu (timer), pengaturannya dilakukan dengan cara memutar tombol, dengan kedudukan light, medium dan dark atau dengan kedudukan 1, 2 dan 3.

  • Lampu indikator

Beberapa model pemanggang roti memiliki lampu indikator yang menyala saat oven bekerja, jika saat oven bekerja indikator lampu tidak menyala mungkin putus atau mati, bongkar pemanggang roti dan samapi dapat melepas lampu indikator, gantilah bola lampu indikator. Lampu indikator berfungsi untuk mengetahui apakah ada arus listrik yang masuk ke dalam rangkaian atau tidak dan sebagai penanda bekerjanya alat tersebut.

Oven Roti Bakar 2

Cara Mengoperasikan Oven Roti Bakar

  • Menyalakan

Pasang steker pada stopkontak.Masukkan roti yang akan dipanggang. Pilih setelan kematangan dan tekan tuas start. Setelah tingkat kematangan yang diinginkan tercapai, pemanggang roti akan mati secara otomatis; roti akan terangkat untuk dapat diambil. Dengan mengangkat tuas start (fungsi pengangkatan roti) roti yang sudah matang akan terangkat cukup tinggi hingga mudah diambil.

  • Mengatur Setelan Kematangan

Dengan kenop putar, anda dapat selalu menyetel kematangan dari 1 – 6 sesuai kebutuhan. Setelan 6 adalah untuk yang paling matang. Saat anda memulai pemanggangan, gunakan setelan antara 1 dan 3. Bila roti kematangan roti tidak sesuai selera anda, kurangi atau tambah setelan, misalnya, lebih tinggi untuk memanggang rotigandum hitam atau roti hitam. Bila hanya 1 potong roti yang dipanggang atau untuk memanggang roti yang sudah tidak segar, gunakan setelan kematangan yang agak rendah Dianjurkan untuk menggunakan setelan yang menghasilkan roti dengan kematangan “kuning emas” atau “coklat muda”. Pengatur waktu panggangan elektronik akan memastikan bahwa setelah setelan kematangan dipilih, hasilnya akan sama untuk tiap jenis roti.

  • Tombol Stop (stop)

 Untuk menghentikan pemanggangan, tekan tombol stop. Pemanggang roti akan mati. Setelah dipilih, setelan kematangan tidak akan berubah.

  • Tombol Defrost (Pembuang Es)

Tekan juga tombol defrost saat memanggang roti beku. Hal ini memperpanjang waktu pemanggangan.

  • Tombol Pemanasan

Untuk memanaskan roti yang sudah dipanggang, tekan tombol pemanasan ini agar roti hangat dan renyah.

  • Rak Roti Gulung

Karena sifat alamiah pemanggang roti, rak roti gulung akan menjadi panas saat pemanggang roti bekerja, karena itu jangan sekali-kali menyentuh bagian logam. Pertama-tama, pastikan pemanggang roti dalam keadaan mati. Pegang rak roti gulung pada tempat pegangannya dan masukkan ke slot pemanggang. Tempatkan roti gulung atau roti lainnya yang akan dibuat renyah di rak, putar setelan kematangan hingga posisi yang diinginkann. Nyalakan pemanggang roti menggunakan tuas start. Setelah pemanggang dimatikan, balikkan roti. Ulangi proses tersebut. Jangan meletakkan roti gulung atau roti langsung pada slot pemanggang. Untuk melepaskan rak roti gulung, tunggu dahulu hingga dingin. Pegang pada pegangan tangannya dan tarik ke atas.

Dengan alat ini anda bisa berkreasi membuat roti bakar dengan berbagai macam isian untuk sandwich. Juga dapat menikmati tekstur grill roti bakar yang bikin lidah anda mengunyah dan menggoyang lidah dengan kelezatan makanan yang anda buat.

Oven Roti Bakar 3

Demikian pembahasannya perihal oven roti bakar toaster yang memang diciptakan khusus untuk memanggang roti untuk dibuat berbagai macam kreasi menu roti bakar. Semogabermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp