Mesin Vacuum Packaging Untuk Frozen Food

Mesin Vacuum Packaging adalah salah satu alat otomatis untuk menyegel kemasan plastik. Mesin ini akan memberikan efek menyusut, sehingga akan lebih terlindungi dan awet. Mesin vacuum packaging memiliki berbagai jenis ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Mesin ini digunakan untuk berbagai produk.

Wirapax Mesin Vacuum Sealer HVC-260T

Selain mesin vacuum packaging masih banyak jenis mesin segel lainnya. Mesin-mesin tersebut digunakan oleh para pebisnis rumahan. Meskipun baru memulai bisnis, para wirausaha ini memilih mesin segel untuk menempuh cara profesional. Seperti yang kita tahu, produk yang dikemas biasanya lebih diprioritaskan pelanggan karena terhindar dari bakteri dan kemungkinan buruk lainnya.

Uniknya, mesin vacuum packaging ini memiliki hasil yang berbeda dari mesin segel lainnya. Mesin ini dapat membuat efek susutan pada plastik. Efek susutan tersebut berfungsi untuk menjaga kesterilan produk dari bakteri yang masuk. Biasanya kemasan vacuum ini digunakan oleh produk daging mentah dan sayuran.

Selain terhindar dari bakteri, menggunakan mesin ini juga dapat mencegah produk dari kebusukkan. Jika menggunakan mesin vacuum packaging perkembangan bakteri dalam okesigen akan ditekan sedemikian rupa, sehingga menghambat perkembangbiakan bakteri lebih lama daripada dengan proses oksidasi alami.

Mesin segel ini memiliki berbagai ukuran. Ukuran tersebut disesuaikan dengan kebutuhan para pebisnis. Mesin dengan ukuran kecil lebih banyak dipilih oleh pemula bisnis. Para pemula bisnis akan mencari referensi harga mesin vacuum packaging terlebih dahulu untuk disesuaikan dengan modal. Setelah bisnis berkembang tidak jarang para pebisnis mengganti mesin dengan kualitas yang lebih bagus.

Peluang Bisnis Frozen Food

Memanfaatkan mesin vacuum packaging juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu peralatan bisnis Anda. Salah satu bisnis yang dapat Anda coba adalah frozen food. Frozen food adalah jenis makanan yang disimpan dalam keadaan dingin, namun tetap bisa dikonsumsi. Frozen food merupakan makanan dingin yang tetap terjaga kesegarannya.

Saat ini frozen food sangat banyak diminati oleh para konsumen. Makanan instan ini dapat Anda sajikan secara praktis. Jika kemasan sudah terbuka, Anda bisa menyimpannya kembali di lemari pendingin untuk menjaga keawetan produk. Frozen food ini sering dimanfaatkan oleh anak rantau yang ingin praktis.

frozen food

Frozen food dapat dijadikan menu lauk makan. Namun, sebagai camilan pun tidak kalah lezatnya. Contoh frozen food seperti nugget, sosis, daging rolade, dan lain-lain. Biasanya ketiga jenis olahan daging tersebut nikmat dicocol dengan saus atau dicampur dengan mayonnaise.

Nah, melihat banyaknya permintaan frozen food Anda bisa memanfaatkan situasi ini. Makanan yang disimpan dingin ini semakin terjaga kualitasnya jika menggunakan kemasan yang divakum. Udara di dalam kemasan akan banyak ditekan, sehingga tidak menyisakan ruang bakteri yang berkembang.

Berbisnis menggunakan mesin memang perlu dipertimbangkan. Apalagi masih banyak kebutuhan lainnya yang harus diprioritaskan. Namun, demi menjaga kondisi fisik dan kandungan produk menggunakan kemasan adalah salah satu hal yang wajib. Anda bisa menggunakan mesin vacuum packaging rumahan.

Harga mesin tersebut lebih murah daripada jenis mesin vacuum packaging lainnya. Setelah bisnis Anda berkembang, penggunaan mesin dengan kapasitas yang lebih besar patut dipertimbangkan. Mesin dengan kapasitas besar mampu menghasilkan kualitas lebih baik lagi.

Jenis Plastik yang Digunakan

            Meskipun terdapat banyak jenis material kemasan, mesin vacuum packaging hanya bisa digunakan untuk kemasan plastik. Plastik yang digunakan adalah kemasan plastik vakum. Plastik tersebut sangat mendukung untuk memberikan efek penyusutan. Jangan salah gunakan jenis plastik lain jika Anda mengharapkan efek penyusutan.

banner-plastik-small-1024x500

            Jenis plastik vakum memiliki bahan Poly Ethylene (PE Nylon) yang telah dilaminiasi ketiga sisinya. Keadaan tersebut dapat dengan mudah menyimpan makanan dalam keadaan kedap udara yang akan memaksimalkan ketahanan dari produk makanan untuk dijual.

            Jenis bahan plastik ini merupakan campuran dari Nylon dan PE. Jenis plastik ini memiliki kelebihan, yaitu dapat diberikan desain dan kode tanggal produksi atau kadaluarsa. Kode tanggal tersebut bertujuan untuk memberikann informasi penting batas waktu penggunaan produk kepada pelanggan.

            Jika Anda ingin menggunakan jenis plastik lain juga bisa kok. Namun, jenis plastik lain tidak bisa memberikan efek susutan seperti plastik vakum. Plastik lain tetap bisa dikemas menggunakan mesin vacuum packaging. Menggunakan selain plastik vakum hanya akan memberikan efek segel seperti yang dilakukan mesin sealer lainnya. Jenis plastik lain yang bisa Anda gunakan seperti standing pouch, zipper, dan lain-lain.

            Namun, bagi Anda yang memilih frozen food sebagai produk bisnis, akan lebih baik jika memilih plastik vakum. Dengan menggunakan plastik vakum, mutu produk Anda lebih terjamin. Frozen food akan terjaga tingkat kesegarannya. Selain makanan, produk lainnya juga bisa Anda kemas menggunakan metode vakum ini.

mesin vacuum packaging

            Mesin vacuum packaging memang didesain otomatis dan praktis digunakan. Namun, karena pengoperasiannya yang mudah Anda juga perlu melakukan perawatan secara rutin. Secanggih apa pun mesin, jika sering digunakan tanpa jeda dan perawatan tentu akan menurunkan tingkat kinerjanya.

            Jika mesin sudah bermasalah, segala pekerjaan jadi terhambat. Pengiriman produk ke berbagai distributor pun terpaksa ditunda. Jika sudah terjadi seperti ini, produsen akan mengalami kerugian dan penurunan pemasukkan. Kalau mesin sudah mengalami kerusakan mau tidak mau Anda perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

            Apalagi bagi Anda seorang produsen frozen food. Setiap harinya, makanan instan ini selalu menjadi idola penggemarnya. Jika persediaan produk kurang karena kerusakan mesin, konsumen Anda pun merasa tidak puas. Lalu bagaimana cara merawat mesin vacuum packaging?

Tips Merawat Mesin Vacuum Sealer

  1. Bersihkan mesin setelah selesai penggunaan Setelah digunakan, ada baiknya Anda langsung membersihkan mesin. Cabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu untuk menghindari setrum. Bersihkan perlahan menggunakan kain dengan perlahan.
  2. Tidak menggunakan mesin dalam waktu lama. Umumnya mesin vacuum packaging dapat digunakan selama kurang lebih 8 jam. Jika melebihi batas jam tersebut biasanya mesin akan mengalami panas. Kemungkinan buruk akan mengeluarkan asap dari mesin. Ada baiknya setelah 8 jam hentikan penggunaan dan biarkan mesin beristirahat selama 1 jam. Setelah satu jam Anda bisa mengoperasikan mesin kembali.
  3. Gunakan oli SAE satu bulan sekali. Anda juga bisa menggunakan oli ini sesuai dengan intensitas penggunaan mesin. Society of Automotive Engineers (SAE) adalah identifikasi dari kekentalan oli. SAE juga suatu asosiasi yang mengatur standar di bidang desain teknik dan manufaktur.
  4. Ganti kain teflon jika sudah rusak. Kain teflon ini berfungsi sebagai pelindung untuk suhu panas mesin Jika kain teflon sudah rusak, saat proses penyegelan dikhawatirkan plastik merekat tidak sempurna atau bahkan tidak menempel.
  5. Ganti pemanas jika terbakar. Hal ini menjadi poin penting saat penyegelan. Jika pemanas terbakar atau sudah rusak tentu penyegelan tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. Akibatnya plastik mudah terbuka dan akhirnya produk jadi terkontaminasi bahaya buruk.
  6. Ganti karet chamber jika sudah kendur. Karet chamber berfungsi saat proses penyegelan. Karet chamber berkenaan langsung dengan produk yang akan dikemas. Jika karet chamber rusak atau kendur makan produk yang akan dikemas akan mengalami kebocoran dan penyegelan pun tidak sempurna. Untuk itu, Anda harus menggantu karet chamber jika sudah kendur.

banner-vacuum-hold

Membangun bisnis ternyata memiliki banyak peluang, salah satunya dengan memanfaatkan tenaga mesin vacuum packaging ini. Tidak hanya frozen food kok, Anda bisa mengemas jenis makanan lainnya. Namun, pada umumnya mesin ini digunakan untuk produk makanan atau bahan makanan mentah. Tujuannya makanan atau bahan mentah tersebut lebih awet.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 17 =