Mesin Segel Induksi Alumunium Foil Memudahkan Penyegelan Botol

Mesin Segel Induksi Alumunium Foil

Mesin segel induksi alumunium foil ialah mesin yang digunakan untuk menyegel tutup botol dengan alumunium foil. Mesin ini biasa digunakan industry kecil dan menengah, penggunaannya yang mudah namun efektif dalam penyegelan tutup botol.

Mesin Segel Induksi Alumunium Foil X

Penggunaan alumunium foil yang dikombinasikan dengan Mesin Segel Induksi, akan menghasilkan segel tutup botol (produk) yang terjamin kerapatannya. Kini proses pengemasan menggunakan teknologi induksi tentunya sangat bermanfaat untuk industri farmasi. Dimana dunia farmasi sendiri adalah dunia yang penuh dengan kehigienisan, steril, dan tidak terkontaminasi dengan hal hal luar.

Mesin segel induksi alumunium foil dapat mengemas atau menyegel botol sesuai wadah dengan sangat rapat untuk menjaga keawetan produk. Sehingga produk farmasi akan terjaga kehigienisanya, kestrilannya, dan tidak terkontaminasi dengan zat lain tentunya.

 

 

Manfaat Mesin Induksi Sealer Sebagai Alat Segel Aluminium Foil

Mesin Induction Sealer merupakan sebuah metode sederhana yang modern yang efektif berguna untuk penyegelan botol. Dimana Penyegelan botol dengan menggunakan mesin induction sealer ini dilakukan secara otomatis dengan sistem induksi yang menggunakan bahan foil. Hal ini dimaksudkan sehingga dapat menghasilkan kemasan produk (produk dengan tutup) yang cukup tertutup rapat.

Dengan menggunakan bantuan mesin induction sealer akan sangat memberika kemudahan dalam memasang segel tutup botol dengan bahan foil. Desain darj mesin induction sealer ini juga cukup simple, dibuat sederhana karena memang supaya mesin ini bisa dioperasikan dengan mudah. Adapun desain dari mesin ini yaitu pada lapisan atas terdapat bubur kertas yang digunakan sebagai tempat terpaku pada tutup, kemudian pada lapisan kedua memiliki lilin yang mana lilin ini digunakan untuk obkigasi lapisan aluminium yang digunakan sebagai pulp. Lalu pada lapisan bawahnya terdapat film polimer yang dilaminasi dengan foil.

Pada saat tutup penutup dipress kan, selanjutnya wadah akan lewat djbawah kumparan induksi yang mana kumparan ini menghasikkan medan elektromagnetik berosilasi. Kumparan induksi atau kepala penyegelan kemudian akan dinyalakan lalu aluminium foil akan mulai memanas. Panas yang ditimbuljan akan melelhkan likin, lalu lelehan lilin ini akan diserap ke dalam pulp dan mulai melepaskan foil dari atas topi. Dalam hal ini film polimer juga bekerja memanaskan dan mengalirkan panas hingga ke bibir wadah. Pada saat didinginkan, film polimer akan menciptakan ikatan pada wadah lalu menghasilkan produk yang tertutup dengan rapat.

Dalam proses menutup wadah atau menyegel botol, prosesnya berlangsung cukup cepat dimana 1 wadah hanya berlangsung dalam beberapa detik saja, dan mesin ini bisa menampung proses penyegelan botol dalam 1 mesin lebih dari 1 wadah. Nah bisa dibayangkan bukan, jika dalam 1 mesin bisa menampung 5-10 wadah botol, berapa banyak produksi yang dihasilkan dalam 1 jam…? Tentunya banyak sekali bukan…!!!. Oleh sebab itulah mesin penyegel botol sangat membantu sekali bagi para pengusaha produk dalam botol.

Cara Menggunakan Mesin Induksi Sealer

  • Persiapkan Produk (yang sudah anda kemas ke dalam botol), Tutup Botol, Mesin Induksi Sealer, serta Alumunium Foil.
  • Kemudian hidupkan Mesin Induksi Sealer dengan menekan tombol ON.
  • Setelah itu atur lama waktu pemanasan / penyegelan alumunium foil.
  • Masukkan alumunium foil ke dalam tutup botol dan tutuplah botol dengan tutup botol yang sudah diberi alumunium di dalamnya.
  • Angkat Tuas Pemanas / Penyegel dan letakkan di atas yang sudah anda beri tutup botol tadi.
  • Tekan tombol merah yang berada pada Tuas Penyegel untuk mulai penyegelan alumunium foil yang berada di dalam tutup botol.
  • Tunggu hingga waktu penyegelan yang sudah anda atur tadi selesai.
  • Kemudian angkat Tuas Penyegel untuk mengekhiri proses penyegelan  alumunium foil.
  • Ulangi proses tersebut hingga semua Botol Produk anda selesai tersegel dengan alumunium foil semua.

mesin segel induksi alumunium foil

Alasan Produsen Perlunya Memiliki Mesin Induksi Tutup Botol

Secara spesifik, mesin segel induksi memberikan kontribusi yang cukup besar bagi proses produksi yang kita lakukan. Diantaranya adalah:

  • Mesin segel induksi merupakan mesin press yang akurasinya dalam menutup botol tidak diragukan lagi. Tanpa mesin segel kerapatan tutup botol masih disangsikan sehingga keamanan dan juga higienitas produk kurang terjaga. Dengan mesin segel induksi, jaminan kerapatan dan juga keamanan produk mencapai 100 persen. Ini berarti secara kualitas produk yang Anda distribusikan aman untuk dikonsumsi.
  • Membantu produsen dalam proses finishing product. Ya, pada tahap finishing, produsen berupaya untuk mempercantik tampilan produk yang dibuatnya. Tidak hanya mempercantik tetapi juga memperkenalkan produk tersebut kepada calon konsumen. Pada tutup botol dengan material foil atau material yang lain biasanya tertulis logo produk dengan tampilan yang rapi dan mudah diingat.
  • Dengan mesin segel induksi, Anda bisa melakukan proses penyegelan dengan cepat dan dengan kuantitas yang banyak. Banyak tipe mesin segel induksi yang bisa dipakai untuk sealing process sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  • Mesin segel induksi dengan induksi liner yang terbuat dari foil biasanya tersusun dari beberapa lapisan, mulai dari lapisan yang paling atas yaitu lapisan bubur kertas yang ada pada bagian tutup. Disusul dengan lapisan lain yaitu lapisan lilin. Dan untuk lapisan yang paling bawah adalah lapisan polimer yang sudah dilaminasi memakai lapisan foil. Ini berarti penyegelan akan berhasil menutup rapat botol dan bisa dipastikan tidak akan tumpah.
  • Efektif dalam membantu proses penyegelan dan pengemasan dengan hasil memuaskan.

 

mesin segel induksi alumunium foil 3

 

Demikian pembahasannya tentang mesin segel induksi Alumunium foil yang biasa digunakan untuk menyegel botol dengan penutup Alumunium foil. Demi menjaga kehigienisan dan keawetan suatu produk dalam botol, seperti halnya botol obat yang perlu terjaga isi obatnya keawetan. Semoga bermanfaat.

Chat via WhatsApp