Mesin Roti Otomatis untuk Pemula Hingga Pabrik Skala Besar

Mesin Roti Otomatis

Mesin roti otomatis adalah serangkaian alat yang dapat bekerja sendiri tanpa operator untuk menghasilkan bentukan roti. Mesin roti otomatis ini menjadi andalan para pebisnis bakery. Penggunaannya yang cepat dapat membantu produksi roti lebih banyak dalam per harinya. Apalagi jika dalam satu mesin memiliki multifungsi, tentu sangat menghemat waktu dan tenaga.

bread-line-web

Mesin roti otomatis memiliki ukuran bodi yang besar dan berbobot berat. Untuk memanfaatkan mesin ini, Anda haru memiliki space ruangan yang luas. Oleh karena itu, mesin roti lebih sering dimanfaatkan pabrik atau industri pastry.

Peranan Penting Mesin Roti Otomatis untuk Kebutuhan Bakery

Menginginkan hasil roti yang maksimal tentu perlu menempuh cara-cara yang professional. Hal tersebut sangat berlaku untuk pabrik roti. Dari awal merintis Anda bisa menggunakan mesin-mesin kecil untuk menghemat budget. Namun jika usaha Anda sudah lebih melonjak pesat, tidak ada salahnya menyisihkan budget untuk membeli mesin roti otomatis. Memang seberapa penting sih peranannya?

  • Meningkatkan Intensitas Produksi Lebih Banyak

Coba bandingkan dengan menggunakan mesin kecil atau masih mengandalkan cara manual? Mesin roti otomatis memberikan hasil produksi jauh lebih banyak. Meskipun intensitas kerja Anda semakin meningkat, tidak menjadi sebuah masalah untuk meraih keuntungan bukan? Selain membantu produksi, distribusi pengiriman produk Anda ke luar kota lebih mudah dan tepat waktu.

  • Menghemat Waktu dan Tenaga

Menggunakan cara manual dalam memproduksi roti dengan jumlah besar pasti sangat melelahkan. Selain itu, banyak waktu dan tenaga yang terkuras habis. Cara manual mungkin boleh saja digunakan, tapi tidak untuk produksi pabrik.

Mixer Roti Rakitan Bekas

Demi mengejar target produksi dalam per harinya, mesin roti otomatis dapat membantu Anda memberikan hasil sesuai kebutuhan pabrik. Karyawan yang mengoperasikan mesin ini pun tidak perlu terlalu banyak karena mayoritas pengoperasian 70% dilakukan oleh mesin roti otomatis. Operator hanya memastikan kerja mesin berjalan dengan lancar. Anda juga perlu sesekali melakukan pengecekan dan perawatan pada mesin agar bisa digunakan di jangka waktu panjang.

  • Menjamin Produk Lebih Higienis

Serangkaian mesin roti ini memiliki sistem kerja mandiri. Semua prosesnya dikerjakan dengan bantuan tenaga listrik dan motor penggerak. Hal tersebut memastikan bahan adonan roti lebih higienis karena minimnya bersentuhan dengan tangan operator. Selain itu, mesin roti memiliki material stainless food grade yang aman untuk pengolahan bahan makanan.

  • Memberikan Kepercayaan Lebih untuk Pelanggan

Pelanggan percaya bahwa sesuatu yang dikerjakan secara professional akan memiliki hasil yang maksimal. Penggunaan mesin roti otomatis akan membantu produk Anda lebih cepat beredar dan dikenal banyak orang, apalagi jika dilengkapi dengan merek dagang. Dengan tampilan menarik, rasa yang lezat, dan cara kerja yang memuaskan akan memudahkan produk Anda dipromosikan pelanggan dari mulut ke mulut.

Fungsi dan Kegunaan Mesin Roti Otomatis

Mesin roti otomatis memiliki banyak fungsi. Dalam satu mesin bisa memiliki fungsi tunggal. Namun ada juga yang mencakup tiga fungsi dalam satu mesin sekaligus. Biasanya yang disering dimanfaatkan pabrik skala besar adalah mesin otomatis dengan multifungi atau memiliki kegunaan yang berhubungan dari fungsi satu ke yang lainnya.  Ada pun fungsi-fungsi pada mesin roti otomatis, sebagai berikut.

  • Membagi Adonan Roti

Untuk menghasilkan adonan roti langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengaduknya hingga kalis dengan mixer. Namun, fungsi mengaduk biasanya dilakukan terpisah tidak dalam satu kesatuan mesin roti otomatis. Jadi, Anda perlu memanfaatkan mixer terlebih dahulu. Setelah hasil aduk dengan mixer sudah cukup rata, Anda bisa memasukkan ke mesin roti otomatis ini untuk di-mixing.

Proses mixing ini akan membuat adonan semakin kalis dan mempermudah untuk membagi dan membentuk adonan. Selain itu, saat proses pengisian pun menjadi lebih gampang. Perhatikan saat Anda meletakkan adonan ke dalam mesin. Memasukkan adonan sekaligus banyak juga tidak baik karena khawatir mesin akan tersendat.

  • Memasukkan Isian ke Roti

Setelah masuk ke proses pembagian adonan roti, fungsi berikut yang bisa Anda manfaatkan adalah masuk ke tahapan isian. Di bagian ini Anda akan akrab dengan penambahan mesin filling. Mesin filling akan berperan penting untuk mengisi aneka rasa ke dalam adonan roti. Mesin ini juga memiliki fitur setting control digital untuk mengatur seberapa banyak isian yang masuk ke adonan roti.

  • Membentuk Roti

Setelah roti di isi, dengan memanfaatkan tenaga conveyor berikutnya roti akan masuk ke tahap finishing, yaitu pemebntukan sekaligus pembagian masing-masing adonan. Mesin akan bekerja secara otomatis untuk membuat timbangan adonan menjadi rata antara satu dengan yang lainnya. Tahapan ini, juga sebagai fungsi akhir dari mesin roti otomatis.

Cara membuat roti gembong

Berikutnya Anda bisa memindahkan adonan ke dalam proofer roti. Proofer roti berfungsi untuk mengembangkan adonan sementara. Adonan roti harus didiamkan beberapa saat di dalam proofer agar saat dipanggang nanti roti tidak bantat atau malah retak. Jika proses pengembangan sudah selesai, segera masukkan roti ke oven untuk dipanggang.

Rekomendasi Paket Mesin Roti untuk Pemula

Memenuhi kebutuhan produksi dengan mesin roti otomatis memang susah-susah gampang karena Anda perlu mengumpulkan biaya yang cukup fantastis. Namun, jangan khawatir masih ada solusinya untuk menggunakan berbagai mesin sederhana untuk Anda para pemula.

  • Mixer Roti

Mixer roti adalah salah satu mesin yang wajib digunakan dalam memproduksi roti. Tanpa mixer Anda memerlukan banyak tenaga dan waktu jika hanya mengandalkan adukan dengan tangan. Mixer tersedia dengan berbagai kapasitas, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah produksi di rumah per harinya.

Mixer roti juga tersedia dengan ragam jenis, seperti planetary mixer, spiral mixer, dan horizontal mixer. Untuk adonan roti Anda bisa menggunakan planetary mixer dan spiral mixer.

  • Proofer Roti

Setelah mendapatkan hasil adonan yang kalis, sebenarnya Anda perlu membagi adonan terlebih dahulu. Fungsi membagi adonan ini untuk memudahkan Anda dalam menimbang roti agar memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Biasanya para pemula menggunakan cara manual, yaitu membagi tanpa bantuan alat.

Sedangkan untuk menyamakan bobot, menggunakan timbangan yang bisa Anda dapatkan di toko mesin roti atau pembelian daring dari marketplace. Setelah adonan dibagi rata dan ditimbang, susun di atas trays dan masukkan ke proofer. Proofer sangat membantu Anda untuk mengembangkan adonan roti secara cepat tanpa khawatir suhu ruangan dan cuaca.

7. Delapan Padi Resto dan Cafe - Bandung - Oven Gas 1 deck 2 Trays 2 unit dan Proofer Roti PRF-16B - 31 Agustus 2020

Dahulu, cara konvensional yang sering digunakan adalah memanfaatkan wadah lebar yang sudah diisi adonan lalu ditutup dengan plastik wrap atau kain. Selama proses tersebut dibutuhkan waktu semalaman. Sedangkan dengan proofer hanya Anda perlu mengatur waktu lama pengembangan dengan cepat.

  • Oven Roti

Proses berikutnya adalah pemanggangan. Nah, untuk Anda yang ingin menambahkan isian atau varian rasa bisa dilakukan sebelum dimasukkan ke oven. Saat roti sudah mengembang sempurna dari proofer saatnya Anda memasukkan isian. Lalu bentuk roti kembali sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Namun, jika roti tidak memiliki isian Anda bisa langsung memasukkan adonan dari proofer ke oven.

  • Continuous Sealer with Gas

Tahapan terakhir adalah mengemas roti dengan teknik khusus. Agar hasil kemas maksimal dan roti terjaga kualitasnya, akan lebih baik Anda menggunakan continuous sealer dengan gas. Gas pada mesin sealer ini akan meniupkan angin ke dalam plastik, sehingga kemasan roti tersebut akan menggembung.

Fungsi kemasan menggembung ternyata dapat memperpanjang masa konsumsi roti. Selain itu, kemasan menggembung ini lebih menjaga roti dari benturan atau kemungkinan terhimpit dari benda-benda di sekitarnya. Dengan teknik mengemas yang satu ini, dapat memastikan roti lebih aman dan menjaga bentuknya tidak gepeng atau rusak.

4. Violet Bakery - Denpasar - Continuous Sealer SF-150G - 11 September 2020

Sudah cukup paham pembahasan menarik kali ini? Untuk memilih mesin yang cocok, Anda harus tahu dulu perhitungan total modal, pemasukan, dan pengeluaran. Setelah itu, Anda bisa menyisihkan budget untuk membeli mesin-mesin besar. Atau cara lain Anda bisa memanfaatkan mesin roti otomatis dengan sistem pembayaran cicilan.

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp